Website Sekolah Meningkat Sebesar 168 Persen Selama Pandemi

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Mei 2021 - 09:42 WIB

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Data dari Exabytes Indonesia menyebutkan bahwa adanya kenaikan hingga 168% website sekolah yang terdaftar di kurun waktu pandemi berlangsung dari Maret 2020 - Maret 2021. Lonjakan kenaikan website sekolah ini lebih signifikan dibandingkan dengan data tahun 2019 - 2020.

Website yang terdaftar merupakan website dengan domain sch.id dimana domain ini merupakan domain dengan singkatan dari kata “school” dan “id” yang berarti Indonesia. Domain ini menjadi domain yang diperuntukkan khusus untuk sekolah yang telah memiliki izin dari Pandi yang bisa digunakan untuk website sekolah apapun dengan berbagai jenjangan pendidikan.

“Terutama saat pandemi terjadi, domain sch.id mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa sekolah mulai sadar memerlukan website untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.” kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (3/5/2021)

Menurut Indra agar tidak tertinggal sekolah harus memanfaatkan teknologi dan informasi. Maka dari itu perlu hadirnya website untuk sekolah.

“Sebagai contoh, website sekolah yang baik itu tidak hanya memiliki profil sekolah saja tetapi bisa memberikan informasi seperti pendaftaran siswa baru, modul e-lerning hingga ujian online (CBT Online)," tambahnya.

Menurut Prof. Arismunandar selaku Guru Besar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Makassar, transformasi pembelajaran berbasis digital masih terbata-bata dalam dunia pendidikan Indonesia dan baik guru maupun dosen masih memiliki pemahaman teknologi yang rendah.

Oleh karena itu, perusahaan hosting Exabytes Indonesia berkolaborasi dengan registry domain utama Indonesia PANDI meluncurkan program #WebsiteUntukSekolah. Program ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

“Dalam program Website Untuk Sekolah ini, kami ingin membantu sekolah untuk membangun website dengan mudah dan membantu mengoptimalkan pembelajaran daring,” kata Indra.

Harapannya program Website Untuk Sekolah dapat menjadi solusi bagi sekolah yang saat ini membutuhkan website dengan bantuan langsung dari tim profesional berpengalaman.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo meresmikan Pabrik Hot Strip Mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Rabu, 22 September 2021 - 07:00 WIB

GAPENSI Apresiasi PT. Krakatau Steel Bangun Industri Baja Indonesia Jadi Lebih Kuat

Tahun 2021 telah menjadi waktu yang menguntungkan bagi Industri logam nasional. Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan produksi industri logam dasar sebesar 18,03 persen pada semester…

Senin (20/9/2021) - Kegiatan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Pasti Bisa Kota Semarang

Rabu, 22 September 2021 - 06:46 WIB

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Semarang-Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September 2021.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Rabu, 22 September 2021 - 06:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjnato Tunjuk Mayjen TNI Sapriadi Jabat Aster

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Dankodiklat TNI), Asisten Teritorial…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 22 September 2021 - 05:30 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tegaskan Calon Komandan Harus Berani Ambil Resiko

Dikatakan Kasal bahwa keberanian memang tidak muncul dengan sendirinya tetapi harus banyak dilatih, termasuk keberanian untuk dekat dengan media sehingga peran TNI AL dalam memberikan bantuan…

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Dalam upaya meningkatkan kemampuan prajuritnya, Batalyon Kesehatan 1 Marinir (Yonkesh 1 Mar) melaksanakan kegiatan menembak Senapan Serbu 1 (SS1) di lapangan tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir…