Website Sekolah Meningkat Sebesar 168 Persen Selama Pandemi

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Mei 2021 - 09:42 WIB

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Data dari Exabytes Indonesia menyebutkan bahwa adanya kenaikan hingga 168% website sekolah yang terdaftar di kurun waktu pandemi berlangsung dari Maret 2020 - Maret 2021. Lonjakan kenaikan website sekolah ini lebih signifikan dibandingkan dengan data tahun 2019 - 2020.

Website yang terdaftar merupakan website dengan domain sch.id dimana domain ini merupakan domain dengan singkatan dari kata “school” dan “id” yang berarti Indonesia. Domain ini menjadi domain yang diperuntukkan khusus untuk sekolah yang telah memiliki izin dari Pandi yang bisa digunakan untuk website sekolah apapun dengan berbagai jenjangan pendidikan.

“Terutama saat pandemi terjadi, domain sch.id mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa sekolah mulai sadar memerlukan website untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.” kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (3/5/2021)

Menurut Indra agar tidak tertinggal sekolah harus memanfaatkan teknologi dan informasi. Maka dari itu perlu hadirnya website untuk sekolah.

“Sebagai contoh, website sekolah yang baik itu tidak hanya memiliki profil sekolah saja tetapi bisa memberikan informasi seperti pendaftaran siswa baru, modul e-lerning hingga ujian online (CBT Online)," tambahnya.

Menurut Prof. Arismunandar selaku Guru Besar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Makassar, transformasi pembelajaran berbasis digital masih terbata-bata dalam dunia pendidikan Indonesia dan baik guru maupun dosen masih memiliki pemahaman teknologi yang rendah.

Oleh karena itu, perusahaan hosting Exabytes Indonesia berkolaborasi dengan registry domain utama Indonesia PANDI meluncurkan program #WebsiteUntukSekolah. Program ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

“Dalam program Website Untuk Sekolah ini, kami ingin membantu sekolah untuk membangun website dengan mudah dan membantu mengoptimalkan pembelajaran daring,” kata Indra.

Harapannya program Website Untuk Sekolah dapat menjadi solusi bagi sekolah yang saat ini membutuhkan website dengan bantuan langsung dari tim profesional berpengalaman.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…