Apresiasi Novel Grafis Agnez Mo, Menteri Johnny: Jadi Inspirasi Kebudayaan Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 29 April 2021 - 19:26 WIB

Agnez Mo (Foto Dok Today)
Agnez Mo (Foto Dok Today)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi karya seni berupa novel grafis atau komik karya penyanyi Agnes Monica Multojo atau Agnez Mo. Menkominfo mendukung pekerja seni yang berkreasi di kancah global agar menjadi inspirasi pengembangan kebudayaan Indonesia.

“Ini gagasan-gagasan, kreasi-kreasi, seni yang luar biasa. Apalagi menampilkan (kebudayaan) Indonesia,” ujarnya saat menerima sampul novel grafis dari Agnez Mo di acara buka puasa dan penyerahan bantuan solidaritas pelaku industri hiburan yang dilaksanakan Indonesia Entertainment Ecosystem (Eventori), Jakarta, Rabu (28/04/2021) kemarin.

Menurut Menteri Johnny, setiap konten kreator dan hak cipta harus dilindungi, apalagi banyak pekerja seni yang menampilkan kreatifitasnya di kancah internasional dengan tidak melupakan identitas lokal.

“Di Indonesia begitu banyak sumber inspirasi dari culture kita, dan ternyata Agnez Mo menterjemahkan secara luar biasa, salut, I’m proud,” ungkapnya.

Agenz Mo yang juga sebagai co-founder Eventori menyatakan, novel grafis tersebut merupakan sebuah karya seni yang diadaptasi dari video musiknya berjudul, “Long As I Get Paid”.

Dalam video musik tersebut mengisahkan tentang nuansa Nusantara yang diproduksi di Amerika Serikat pada 2017 silam. Sedangkan komik berjudul Don’t Wake Up itu rencananya akan diterbitkan pada November mendatang oleh Z2 Comics yang berkantor pusat di New York AS.

“Saya selalu menikmati storytelling. Apakah melalui lagu yang saya tulis maupun video musik yang saya sutradarai. Saya sangat excited dengan dunia baru novel grafis ini. Sangat menyenangkan memformulasikan fantasi yang awalnya dibuat untuk lagu saya dan menjelma menjadi nyata dalam wujud karakter komik,” katanya di hadapan Menkominfo.

Sementara itu, CEO Eventori Rio Abdurrachman menyatakan kehadiran Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara itu merupakan tanda keberpihakan Kementerian Kominfo pada industri hiburan di Indonesia.

Kepada Menkominfo, Rio berharap industri hiburan di masa yang akan datang dikuasai oleh anak negeri dengan karya dan kreatifitas yang tidak kalah dengan bangsa lain.

“Tujuannya adalah kita ingin menjadi jalan raya supaya para talenta-talenta yang bagus dan kreatif, yang ada di pelosok-pelosok negeri ini, mereka bisa memiliki akses pasar,” ujarnya.

CEO Eventori menilai industri hiburan di Tanah Air saat ini bergantung pada kecanggihan teknologi digital, dan hal itu menjadi kebutuhan pokok.

“Kita di industri hiburan dan media keduanya bisa hidup dan bisa jalan tentu lewat jalan yang disiapkan oleh Pak Menteri, yaitu ada digitalisasi. Mungkin anak-anak milenial zaman sekarang kalau gak ada nasi dia masih pakai indomie, tapi kalau gak ada kuota, kita udah bisa kelaparan. Buat kita apa yang di bawah Pak Menteri (infrastruktur telekomunikasi), ini adalah kebutuhan pokok kami,” imbuhnya.

Dalam acara itu, Menteri Johnny didampingi Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi. Hadir pula Menteri Perdagangan RI periode 2016-2019 Enggartiasto Lukita.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT) yang ramah lingkungan wajib dikedepankan yaitu melalui konsep pengendalian yang disebut Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Senin, 21 Juni 2021 - 13:27 WIB

Kementan Dorong Petani Lampung Kedepankan Pengendalian Hama Ramah Lingkungan Melalui Kegiatan P4

Dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PHT, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan meluncurkan Kegiatan Pemberdayaan Petani dalam Pemasyarakatan PHT (P4) sebanyak…

BTN tebar hadiah bagi masyarakat yang berburu KPR

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Wow, BTN Tebar Hadiah Emas! Strategi Jitu Pemasaran KPR

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Bank Pelopor produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini kembali memberikan trobosan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan pembiayaan untuk kepemilikan…

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Jakarta-Era digital saat ini membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan digitalisasi sudah menyentuh pasar tenaga kerja.

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:00 WIB

Perlunya Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gender Online Agar Mencegah Meningkatknya Kasus Baru

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Ilustrasi penelitian vaksin (rino/industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 12:49 WIB

Fakultas Kedokteran Ini Lakukan Riset Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19, Temuannya Mengerikan!

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini mengeluarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balai Penelitian dan…