Itama Ranoraya Tebar Dividen Rp18 Miliar

Oleh : Wiyanto | Kamis, 22 April 2021 - 15:39 WIB

Itama Ranoraya
Itama Ranoraya

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) emiten yang bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (HiTech Healthcare Solutions) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) di Jakarta pada Kamis 22 April 2020.

Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham tersebut dimulai dengan kegiatan swab antigen terhadap seluruh petugas dan peserta RUPS dan sepanjang pelaksanaan RUPS dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat sesuai ketentuan yang berlaku.

Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk Heru Firdausi Syarif mengungkapkan seluruh petugas dan peserta RUPS telah di swab sebelum memasuki ruangan dengan menggunakan Panbio Antigen Nasal. Antigen berstandar WHO dengan teknologi terbaru.

“Sebelum pelaksanaan RUPS, kami melakukan Swab antigen untuk seluruh petugas dan peserta rapat dengan produk Panbio Antigen Nasal ini teknologi terbaru dari Abbot untuk Antigen Test, yang pengambilan sampelnya hanya kurang lebih 2 cm, jadi lebih nyaman bagi konsumen, terlebih untuk anak kecil yang rongga hidungnya sempit”, ungkap Heru di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2021 memiliki 6 mata acara yang diagendakan dalam RUPST dan 1 mata acara untuk agenda RUPSLB. Hasil RUPST hari ini, pemegang saham menyetujui Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Tugas Pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Dewan Komisaris untuk tahun buku 2020 dan memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada segenap anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2020.

Agenda penggunaan laba perseroan untuk tahun buku 2020, disetujui sebesar Rp 18 miliar atau sebesar 30% (Dividen Payout Ratio) dari perolehan laba bersih tahun 2020 dibagikan sebagai dividen tunai. Sementara sisanya untuk memperkuat permodalan perseroan.

“Jumlah dividen tahun buku 2020 yang dibagikan IRRA sebesar Rp12,-/lembar saham, jika dibandingkan dividen tahun sebelumnya jumlahnya naik 100%. Dengan telah disetujuinya oleh seluruh pemegang saham hari ini, Pembayarannya akan dilakukan pada 25 Mei 2021 dengan jadwal Cum dan Ex Dividen masing-masing 30 April dan 3 Mei 2021”, ungkap Pratoto Raharjo Direktur Keuangan IRRA.

Selain itu, untuk agenda susunan Dewan Komisaris dan Direksi, pemegang saham mensahkan susunan sebagai berikut :

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Dr. Tjandra Yoga Aditama

Komisaris Independen : Nanan Meinanta Lasahido

Dereksi

Direktur Utama : Heru Firdausi Syarif

Direktur : Pratoto Satno Raharjo

Direktur : Hendry Herman

Direktur : Dodi Nurzani

Sementara untuk agenda tunggal dalam RUPSLB pemegang saham menyetujui untuk menjaminkan aset dan/atau harta kekayaan Perseroan dengan nilai lebih dari 50% dari ekuitas Perseroan sehubungan dengan perolehan pendanaan bagi Perseroan.

Kinerja Tahun 2020 (FY2020) Pada tahun 2020 berhasil membukukan kenaikan laba bersih tahun 2020 sebesar 82,3% (YoY) menjadi Rp60,52 miliar dibandingkan perolehan laba bersih tahun 2019 yang hanya sebesar Rp33,21 miliar. Kenaikan tersebut bersumber dari kenaikan pendapatan perseroan di tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp563,89 miliar atau tumbuh 100,1% dari pendapatan tahun 2019 sebesar Rp281,75 miliar.

Performa neraca perseroan juga semakin kuat, dengan kenaikan posisi kas dan setara kas yang signifikan. Pada tahun 2020 perolehan kas operasi perseroan tercatat surplus Rp147 miliar dari posisi tahun 2019 defisit -Rp7,8 miliar. Alhasil Jumlah kas dan setara kas perseroan di tahun 2020 tercatat sebesar Rp233,04 miliar atau naik 443,7% dari posisi kas dan setara kas perseroan di tahun 2019 yang hanya sebesar Rp42,86 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.