Kabar Gembira! Perusahaan Asal Kanada Bakal Guyur Duit Rp92,4 Triliun Bangun Infrastruktur di KEK Palu

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 April 2021 - 13:30 WIB

KEK Palu
KEK Palu

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Kanada Al Bader Ventures Inc (AVI) berkomitmen akan menggelontorkan investasi senilai Rp92,4 triliun untuk membangun seluruh infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Komitmen tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani antara AVI dengan PT Bangun Palu Sulawesi Tengah, selaku otoritas pelaksanaan pembangunan KEK Palu.

Pada tahap awal, AVI akan menggelontorkan dana senilai USD621 juta dan tahap berikutnya akan dikucurkan sesuai dengan progres pembangunan.

Menurut Pendiri dan juga CEO AVI, Salam Al Bader, investasi di KEK Palu tercatat proyek pertamanya di Indonesia. Ketertarikannya dengan KEK Palu karena posisinya berada dikawasan strategis Indonesia Timur, yang sangat pesat perkembangannya terutama di sektor pertambangan.

Dijelaskan Salam, investasi ini juga sebagai wujud komitmen AVI untuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan Pemerintah Indonesia.

"Tahap pertama kami akan mencairkan senilai Rp8,7 triliun, Insyaallah akan kami proses dalam bulan Ramadan ini dan di Hari Raya ini. Sedangkan untuk tahap kedua juga kita akan support dengan investasi yang lebih besar," katanya (20/4/2021).

Presiden Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) Mulhanan menyatakan kawasan KEK Palu yang berada di jalur perdagangan nasional dan internasional, di dalamnya memiliki zona industri, zona logistik, dan zona pengolahan ekspor, yang akan menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia timur.

Apalagi kawasan KEK Palu yang berada di teluk Makassar merpakan jalur padat lalu lintas laut dengan 1000 kapal Vessel yang melintas.

Di tengah keterpurukan wilayah Palu akibat bencana alam dua tahun lalu, kedatangan CEO AVI Salam Al Bader dengan investasi yang besar sangat menggembirakan.

"Kedatangan Al Bader Ventures menjadi kabar gembira bagi kami atas minatnya memberikan pendanaan Rp8,7 triliun pada tahap pertama dan dukungan pada tahap kedua" kata Mulhanan.

Menurut Minardo Lubis yang menjadi perwakilan AVI di Indonesia menyatakan investasi AVI harus disambut baik karena KEK Palu adalah Kawasan Ekonomi Khusus yang pertama mendapat dukungan permodalan sepenuhnya dari investor asing.

"Ini tentu momentum yang menggembirakan bagi pemerintah dan rakyat Indonesia ya, karena AVI akan meng-cover seluruh pembiayaan yang dibutuhkan pembangunan KEK Palu yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja lokal dan kemajuan di kawasan timur Indonesia," kata Minardo.

KEK Palu sendiri diproyeksikan akan menarik investasi sebesar Rp92,4 triliun dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 97.500 tenaga kerja hingga 2025 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

XAURIUS

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:45 WIB

XAURIUS Resmi Luncurkan Token XAU, Cryptocurrency Pertama di Indonesia yang didukung oleh Emas, Lebih Stabil dan Aman

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT. Xaurius Asset Digital) meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token…

Ilustrasi Pabrik Gula (wy)

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:30 WIB

Kuat Dugaan Ada Keterlibatan Anggota Dewan dalam Kasus KTM, KPK Diminta Segera Turun Tangan

Kasus temuan puluhan ribu ton gula gudang PT Kebun Tebu Mas (KTM) masih terus bergulir hingga saat ini. Yang terbaru, muncul dugaan keterlibatan anggota DPR RI berinisial AW dan AD dalam dugaan…

Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:19 WIB

Dahsyat! Seribu Karyawan Indocement Mulai Ikut Vaksin Gotong Royong

Bogor- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri…

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.