Kiprah 33 Tahun Membangun Negeri, Lintasarta Hadirkan Solusi ICT yang Andal dan inovatif

Oleh : Kormen Barus | Senin, 19 April 2021 - 22:39 WIB

Layanan Data Communication Lintasarta merupakan solusi tepat untuk berbagai kebutuhan komunikasi antara kantor pusat dan kantor cabang yang terletak di lokasi terpencil sekalipun.
Layanan Data Communication Lintasarta merupakan solusi tepat untuk berbagai kebutuhan komunikasi antara kantor pusat dan kantor cabang yang terletak di lokasi terpencil sekalipun.

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) Total Solutions terkemuka di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengoleksi segudang  penghargaan. Semuanya itu, apreasiasi pihak luar yang independen terhadap kinerja Lintasarta. Mulai dari Best IT, Data Tech & AI Governance by DATA GOV Ai, Cloud Infrastructure Service Provider of The Year by Frost & Sullivan, First Cloud Provider in Indonesia Who Received PCI DSS certification from TÜV Rheinland, dan Top Digital Data Center, Cloud, Data Communication by Itech. Yang paling anyar adalah penghargaan Internasional Asia Responsible Enterprise Awards 2020 dan Lintasarta dianugerahi penghargaan Best Innovate Partner of The Year 2020 oleh NetApp.

Tentu, pencapaian dan pengakuan dari dunia internasional dan nasional tersebut mampu membuat Lintasarta tetap berkomitmen membantu perkembangan industri digital di Indonesia hingga mampu bersaing dengan negara-negara maju. Penghargaan tersebut sekaligus megungkuhkan  inovasi solusi dan layanan terbaik kepada para pelanggan karena menggunakan teknologi terkini hingga penghargaan dan Lintasarta diakui di kancah nasional maupun internasional.

Ini Menandakan, kiprah Lintasarta yang memiliki segudang kompetensi mampu menjaga komitmen terhadap kualitas produk dan layanan secara estafet dalam puluhan tahun perjalanan bisnisnya. Lintasarta juga mampu menunjukkan keandalannya dan berkomitmen secara terus menerus melayani pelanggan sebaik mungkin. Semua itu didukung dengan produk jasanya yang handal antara lain: Lintasarta Data Communication, Lintasarta Internet, Lintasarta Cloud, Lintasarta Data Center, Lintasarta Security, Lintasarta Managed Service, Owlexa Healthcare dan jasa lainnya.

Lintasarta juga mampu menghadirkan solusi seperti bidang Keuangan, Pemerintahan, Transportasi, Manufaktur, Telekomunikasi, Sumber Daya Alam, Jasa, Media dengan jangkauan Layanan antara lain: Fiber Optic, High Rise Building Satellite Footprint.

Perusahaan besutan Arya Damar ini sukses kaarena kepercayaan pelanggan korporat selama lebih dari tiga dekade menjadikan Lintasarta sebuah organisasi yang solid. “Kami senantiasa mengedepankan manajemen perusahaan yang profesional serta independen agar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, mitra serta stakeholder lainnya,”ujar Direktur Utama Lintasarta Arya Damar kepada industry.co.id.

Kiprah Lintasarta di Indonesia selama 33 tahun  menjadi bukti bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam pengembangan berbagai sektor.  Berbekal pengalaman tersebut, Lintasarta akan terus mewujudkan komitmen dan berkontribusi dalam perkembangan industri di Indonesia melalui serangkaian teknologi terkini.

Menurutnya, Lintasarta telah lama menjadi bagian dari perkembangan industri manapun di Indonesia, terutama pada industri keuangan dan perbankan. Kiprahnya selama puluhan tahun, sukses membangun sebuah reputasi unggul di antara pelanggan korporasi di Indonesia dan menjadikannya mitra ICT terpercaya. Komitmennya selama

33 tahun dalam penerapan teknologi di berbagai industri terus diwujudkan dam selalu hadir dan memberikan layanan terbaik bagi berbagai pihak. Baik baik pemerintah, perusahaan maupun stakeholder lainnya dalam mengembangkan dan memajukan bisnis melalui teknologi yang terdepan. Kendati pandemi memukul semua sektor industri termasuk Lintasarta, toh tak menyurutkan semangat Lintasarta untuk terus mendukung berbagai pihak dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

Dengan turut mendukung imbauan pemerintah, Lintasarta berkontribusi dalam membantu masyarakat bekerja dari rumah (work from home/WFH) melalui solusi berbasis teknologi. Sejalan dengan semangat tersebut, di ulang tahun Lintasarta tahun ini Lintasarta tetap menunjukkan komitmennya dalam membantu Indonesia terus tumbuh hingga ke pelosok negeri

 Pencapaian Lintasarta, tentu menjadi kunci kesuksesan hingga membuat perusahaan bertahan dan diakui di kancah nasional maupun internasional. Yang tidak kalah hebatnya adalah inovasi Lintasarta terus dilakukan dengan memperbarui layanan. Pada Maret 2020 Lintasarta meningkatkan layanan Cloud di Data Center yang berlokasi di Technopark, Tangerang Selatan, dengan upgrade flash SSD storage. Ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya, untuk tetap memberikan pelayanan prima bagi pelanggan Lintasarta Cloud Services. Pelanggan eksisting yang sudah menggunakan layanan ini akan mendapatkan upgrade flash SSD storage tanpa dikenakan biaya.

Layanan Lintasarta Data Center telah memiliki sertifikasi Tier-3 Facility dari Uptime Institute. Sertifikat ini menunjukkan bahwa Lintasarta Data Center berkompeten, memiliki kapasitas besar dan andal, high availability dengan didukung dual power source yang berbeda, jaringan luas, dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hebatnya, eksis hingga 32 tahun tentu tak membuat inovasi Lintasarta terhenti dan berpuas diri. Dalam mendukung program pemerintah untuk pengembangan startup, Lintasarta membentuk program “Appcelerate”, yaitu program inkubasi dan akselerasi startup bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi ternama seperti ITB, UGM dan ITS. Fokus dari program Appcelerate adalah menumbuhkan startup pada segmentasi pasar B2B, sehingga sedikit berbeda dengan startup yang umumnya fokus kepada B2C, Lintasarta akan memberikan dukungan GTM (Go to Market) untuk startup yang tergabung ke dalam Appcelerate.

Lintasarta juga akan terus memberi dukungan kepada pemerintah daerah seperti dalam mengimplementasikan Smart City di Mimika, Papua yang dilakukan pada awal tahun ini. Tentu saja, kerja sama ini tak terbatas pada satu wilayah. Namun implementasi Smart City di wilayah tersebut menjadi wujud komitmen Lintasarta dalam mendorong pertumbuhan digitalisasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Siapkan Solusi-Solusi Baru

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33 pada Minggu, 4 April 2021. Lintasarta kembali menegaskan komitmennya  untuk turut membangun masa depan negeri dengan menyediakan beragam solusi ICT yang andal dan inovatif untuk memperkuat bisnis serta mendukung percepatan transformasi digitalpara pelaku industri nasional.

“Beberapa perubahan seperti percepatan transformasi digital sudah banyak diadopsi pelaku bisnis guna dapat bertahan di era ini. Untuk mewujudkan hal tersebut dan dalam rangka HUT ke-33 Lintasarta, kami sudah mempersiapkan solusi-solusi baru yang diharapkan dapat membantu berbagai jenis industri dalam mencapai tujuannya,” kata Ginandjar, Lintasarta Marketing and Solution Director.

Dimulai dari Lintasarta Third Party Card Management yang merupakan solusi penerbitan kartu kredit untuk bank buku 2 dan 3 atau industri lain yang ingin memiliki kartu kredit dengan brand ekslusif bertaraf internasional.

Sejak tahun 2019, Lintasarta sudah memiliki layanan Smart Campus untuk mendukung digitalisasi dunia pendidikan tingkat tinggi. Dengan adanya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Lintasarta Smart Campus dapat dimanfaatkan seluruh anggota sivitas akamedia sehingga proses belajar mengajar tetap dapat berjalan dengan efektif meski dari rumah masing-masing. “Solusi Lintasarta Smart Campus meliputi Mobile Application, Enterprise Resource Planning atau ERP, e-Learning, dan Sistem Informasi Akademis atau SIAKAD,” kata Ginandjar.

Ginandjar menambahkan, selain solusi industri, Lintasarta juga mempersiapkan solusi infrastruktur yang beberapa dari solusi ini sudah membantu pelanggan Lintasarta dari berbagai jenis industri selama lebih dari tiga dekade. Solusi infrastruktur ini adalah Cloud, Managed Security, IT Outsourcing atau Lintasarta Enterprise on Advance Professional Services (LEAPS), Internet Dedicated, Metro Ethernet dan Leased Line.

Unit bisnis milik Lintasarta, Owlexa juga memperkenalkan kembali solusi Administration Service Only (ASO) yang diberi nama Owlexa Corporate Health Administration. Solusi ini diperuntukan bagi perusahaan yang ingin memiliki metode penjaminan nontunai dan dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Telah bekerja sama dengan lebih dari 3.500 rumah sakit dan penyedia jasa kesehatan di Indonesia, Owlexa Corporate Health Administration dapat dijadikan alternatif manajemen kesehatan karyawan perusahaan.

“Kami sedang mempersiapkan kejutan untuk para pelanggan dan pelaku bisnis di Indonesia yang siap dirilis setelah lebaran nanti. Tentunya gebrakan baru ini diharapkan dapat menjadikan dunia perteknologian di Indonesia semakin maju dan siap berkompetisi dengan  pemain asing, khususnya kami mengedepankan solusi-solusi dari anak bangsa,” tutup Ginandjar.

Menurutnya Lintasarta akan terus berinovasi dan berkomitmen penuh untuk turut memajukan perkembangan industri IT di Indonesia. Terlebih pada masa-masa sulit ekonomi RI akibat pandemi, Lintasarta siap membantu seluruh industri dan mendukung pemerintah dalam memulihkan perekonomian di Indonesia.

Sejak 1988, Lintasarta merupakan penyedia Komunikasi Data, Internet dan IT Services untuk berbagai sektor industri. Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih dari 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optic, jaringan satelit, managed security & collaboration, data center dan DRC, cloud computing, Managed Services, e-Health dan solusi total komunikasi data dengan jaminan ketersediaan koneksi jaringan (SLA) sebesar 99%, 99,9% dan 99,99% sesuai kebutuhan para pelanggannya.

Layanan profesional kami didukung oleh lebih dari 1.000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di lebih dari 54 kota di Indonesia. Infrastruktur Lintasarta berbasis platform jaringan Next Generation Network (NGN). Untuk jaminan mutu layanan Lintasarta telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, ISO 20000-1:2011, ISO 14001:2015, OHSAS 18001:2007, PCI DSS, CMSP (Cisco Managed Service Partner), dan SMK3 PP 50/2012. (Penulis: Kormensius Barus).

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:38 WIB

Penuhi 20 Persen Lebih Kebutuhan Porang Dunia, Teknologi Pangan Harus Dikembangkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Menaker Ida Fauziyah

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:30 WIB

Menaker Ida: Reformasi Birokrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Digitalisasi menjadi norma baru dan menjadi sangat penting bagi perusahaan modern maupun institusi Pemerintah sebagai pemberi layanan publik. Reformasi birokrasi salah satunya diwujudkan melalui…

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…

Batalyon Polisi Militer 1 Marinir Cilandak Jakarta

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:40 WIB

Yonpom 1 Marinir Cilandak Laksanakan Apel Organik Satuan

Dalam rangka menjelang dilaksanakannya latihan pasukan pendarat (Latpasrat) dan mengecek kesiapan tempur satuan, Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) mengelar Apel organik satuan…

Prajurit Kompi Dragon Yonif 3 Marinir

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:20 WIB

Prajurit Kompi Dragon Yonif 3 Marinir Laksanakan Latihan Evakuasi Medis Lapangan

Dalam rangka lanjutan latihan Pembinaan Satuan Batalyon Infanteri 3 Marinir, Prajurit Kompi Latihan Dragon melaksanakan evakuasi medis lapangan di Bhumi Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.…