Kabar Baik Buat Pelaku UKM! Kemendag Bocorkan Jenis-jenis Produk yang Diminati Pasar Rusia Berikut Strategi Pemasarannya...

Oleh : Candra Mata | Senin, 19 April 2021 - 19:39 WIB

Ilustrasi Ekspor Industri Pisang (ist)
Ilustrasi Ekspor Industri Pisang (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam acara webinar ‘Strategi Pemasaran Ekspor ke Rusia’ yang diikuti oleh sekitar 300 pelaku UKM Indonesia.beberapa waktu lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memasuki pasar ekspor ke Rusia.

“Penetrasi pasar ekspor ke Rusia merupakan momentum pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. Webinar ini diharapkan dapat memberikan informasi peluang pasar, regulasi dan strategi memasuki pasar Rusia untuk mendorong ekspor UKM Indonesia ke Rusia,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Kemendag pada Senin (19/4/2021).

Adapun Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, Jose Antonio Morato Tavares mengatakan bahwa KBRI Moskow siap memberikan dukungan dan fasilitasi para pelaku UMKM dalam negeri.

"Kita siapkan berbagai program seperti penjajakan kesepakatan dagang (business matching), misi dagang, penanganan inquiry, pameran, dan promosi yang terintegrasi," tandasnya.

Untuk diketahui, total perdagangan Indonesia-Federasi Rusia pada Januari-Februari 2021 tercatat mencapai USD 394,02 juta atau meningkat 13,66% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, ekspor Indonesia ke Federasi Rusia sebesar USD205,88 juta. Sedangkan, impor Indonesia dari Federasi Rusia sebesar USD188,13 juta.

Sedangkan beberapa jenis produk yang diekspor ke Rusia diantaranya ialah produk minyak sawit (CPO), karet alam, kopra, mentega kakao, alas kaki, kopi, teh, dan peralatan elektronik.

Selain produk utama yang dipasarkan ke pasar Rusia, terdapat beberapa produk UKM Indonesia yang memiliki potensi dan peluang besar untuk ekspor ke Rusia yaitu kopi, teh, buah-buahan tropis, dan produk perikanan.

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag ini, CEO House of Indonesia for Rusia Olga menyampaikan informasi penting untyuk diketahui oleh para pelaku UMKM.

Seperti pentingnya persiapan produk, kemasan, pengetahuan tentang izin khusus di Rusia, informasi logistik, pentingnya kontrak, dan penggunaan strategi pemasaran yang tepat.

Menurutnya, untuk berbisnis dengan buyer Rusia, pembuatan kontrak memiliki peranan penting untuk kepastian pemesanan, pembayaran, dan proses pengiriman baik sampel maupuk produk yang dipesan.

"Produk Indonesia terkenal dengan produk alami dan ramah lingkungan. Rusia membeli bukan barang, tapi budaya,” jelas Olga.

Sementara, Praktisi Ekspor Nina, memberikan kiat-kiat diantaranya, pelaku usaha Indonesia perlu melakukan riset kebiasaan masyarakat Rusia, mempelajari kompetitor dan promosi yang tepat.

"Serta pentingnya membangun jaringan dengan Pemerintah Indonesia di Rusia, baik melalui Atase Perdagangan maupun KBRI," pungkas Nina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…