Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Bantuan buat NTT
Bantuan buat NTT

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai daerah terisolir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebut beberapa desa yang sempat terisolir di sekitar wilayah Lembata, Alor, Pantar, dan Adonara kini sudah berhasil dijangkau.

Bantuan logistik dan non logistik menggunakan helikopter juga dinilai tepat, mengingat kondisi jalur darat yang masih belum memadai. Selain itu, survey udara juga rutin dilaksanakan guna menyisir lokasi yang masih belum terjangkau

 "Operasi udara ini didukung penuh oleh Satuan Tugas TNI AU yang juga memfasilitasi pengiriman bantuan dari pihak donator maupun relawan medis ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat," katanya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (18/4/2021).

Helikopter milik BNPB berjenis Kamov PK IKR berhasil mendaratkan bantuan dengan berat total 5 ton dalam satu sortie dengan menggunakan teknik sling load atau menggantungkan bantuan dengan tali sepanjang beberapa meter.

Memang bencana banjir bandang yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Minggu 4 April 2021 lalu menimbulkan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Hingga saat ini, tercatat korban jiwa sebanyak 174 orang dan 48 orang korban hilang. Banjir bandang ini pun telah memporak-porandakan puluhan titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Flores Timur, Sumba Timur, Kota Kupang, Kabupaten Lembata, Malaka Tengah, Ngada dan masih banyak lagi.

Untuk membantu meringankan beban para korban terdampak bencana banjir NTT, SiCepat Ekspres menyalurkan bantuan berupa 500 dus air mineral, 200 dus mi instan, 200 karung beras, 20 dus popok bayi, 10 dus pembalut, 20 dus susu kaleng, 40 dus biskuit, dan 10 dus obat-obatan dengan total nilai donasi mencapai 100 juta rupiah.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Aldo Pareres selaku ketua Panitia Posko Satu Hati Untuk NTT dan Tati selaku perwakilan dari Pemprov NTT pada Kamis, 15 April 2021 di Kantor Badan Penghubung Provinsi NTT yang bertempat di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

The Kim Hai selaku Chief Executive Officer SiCepat Ekspres menyampaikan, “Bencana banjir yang menimpa NTT ini tentu menimbulkan kesedihan mendalam bagi para korban terdampak. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban para korban pasca bencana dan kami harap NTT dapat segera kembali pulih”.

“Kami dari panitia Posko Satu Hati Untuk NTT mengucapkan terima kasih kepada SiCepat Ekspres yang telah memberikan banyak bantuan ini kepada kami untuk disalurkan ke masyarakat terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur. Bantuan ini nantinya akan kami salurkan ke para korban bencana melalui jalur darat, laut, dan juga udara melalui kerjasama dengan banyak pihak. Setelah sampai disana, bantuan ini akan langsung didistribusikan ke wilayah-wilayah terdampak dengan bantuan tim relawan kami”, jelas Aldo.

Posko Satu Hati Untuk NTT ini merupakan posko kolaborasi antara Pemprov NTT bersama dengan beberapa Ikatan Keluarga Besar NTT yang ada di Jakarta untuk memfasilitasi para donator yang hendak menyalurkan bantuan kepada para korban bencana di NTT. Fridrick Makanlehi selaku Sekretaris Panitia Posko juga menyebutkan bahwa kondisi terkini di wilayah terdampak bencana cukup parah disebabkan oleh beberapa akses jalanan yang putus, jembatan penghubung roboh, serta komunikasi yang terganggu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:00 WIB

GIA Group Layani Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin yang Telah Mendapat Vaksinasi

Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang melayani penerbangan dengan pilot dan awak…

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:39 WIB

Triwulan I-2021, Pendapatan Jababeka Melesat 35% Jadi Rp640,60 Miliar

Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA) membukukan total pendapatan Rp 640,60 miliar pada triwulan pertama 2021. Itu artinya, pendapatan perusahaan properti tersebut tumbuh 35% jika dibandingkan di…

Chairman INEOS Sir Jim Ratcliffe

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:00 WIB

INEOS Grenadier Teruji Tangguh di Medan Pegunungan

Prototipe Grenadier generasi terbaru ini telah disetujui oleh Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe, setelah menaklukkan jalur menantang di gunung Schöckl, di dekat kantor pusat Magna Steyr di…