Luar Biasa! Bangun Kawasan Industri Terintegrasi, Kang Emil 'Kawinkan' BIJB dengan Anak Krakatau Steel

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 April 2021 - 06:12 WIB

 Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) serta rombongan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditemani Silmy Karim (Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.), dan Akbar Djohan (Direktur Utama PT. Krakatau Bandar Samudera) saat mengunjungi Pelabuhan Cigading di Cilegon yang dikelola oleh PT Krakatau Bandar Samudera.
Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) serta rombongan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditemani Silmy Karim (Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.), dan Akbar Djohan (Direktur Utama PT. Krakatau Bandar Samudera) saat mengunjungi Pelabuhan Cigading di Cilegon yang dikelola oleh PT Krakatau Bandar Samudera.

INDUSTRY co.id - Cilegon- PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melalui anak usahanya melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama dengan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) dalam pembangunan dan pengembangan kawasan industri terintegrasi di Majalengka, Jawa Barat.

Adapun anak perusahaan Krakatau Steel yang terlibat adalah PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS), PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL), PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI), dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC).

Penandatanganan ini disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil menyatakan apresiasinya atas kerja sama yang dilakukan bersama Krakatau Steel Group ini sehingga bisa menjadikan Krakatau Steel dan BUMD Jawa Barat mengalami pertumbuhan yang luar biasa ke depannya.

Kerja sama ini dapat memperkuat hubungan antar daerah maupun antara perusahaan nasional dan perusahaan BUMD.

“Mudah-mudahan persahabatan Krakatau Steel Group dan BUMD Jabar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Maksimalkan juga apa yang kami miliki agar tetesan kebermanfaatannya lebih kuat,” kata Ridwan Kamil, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu (17/4/2021).

Sementara Direktur Utama PT KBS, Akbar Djohan mengatakan bahwa langkah ini disambut baik dengan penuh semangat untuk menindaklanjuti amanat pemerintah khususnya yang di sampaikan Menteri BUMN, dalam melakukan sinergi antara BUMN dan BUMD.

Dengan langkah ini Krakatau Steel melalui PT KBS bisa memberikan kontribusi untuk mengembangkan perekonomian Indonesia terutama dalam penyedia jasa Logistik.

“Dengan pengalaman yang PT KBS miliki khususnya pelayanan logistik yang terintegrasi, PT KBS yakin bisa memberikan yang terbaik dalam kerjasama ini. Dan optimis tujuan Pengembangan bisnis ke depan akan masih sangat luas terutama untuk Kawasan Aerocity Kertajati di Majalengka, Jawa Barat,” ujar Akbar.

Sebagai Pelabuhan (BUP) Curah Kering Terbesar di Indonesia dengan kapasitas 25 juta ton per tahun yang memiliki konsep smart & green port, PT KBS juga menyediakan layanan logistik yang terintegrasi seperti stevedoring, trucking, Pusat Logistik Berikat, hingga memiliki pergudangan terintegrasi.

“Melalui kerjasama Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan pengembangan investasi dalam negeri,” tutup Akbar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Antara/ CNN Indonesia)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:55 WIB

Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan, PPKM Mikro Diperketat, Mobilitas Masyarakat Daerah Zona Merah Dibatasi Hingga 100%

Jakarta-Menyusul lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi di sejumlah daerah di Indonesia pasca libur lebaran 2021, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar dilakukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan…

Istana Potala di Lhasa, Tibet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 11:30 WIB

Dampak Pandemi, Situs Bersejarah di Tibet dibanjiri Wisawatan Asal China

Wisatawan asal China baru-baru ini dilaporkan menyerbu tempat wisata di Tibet. Hal ini dikarenakan dampak dari pembatasan pandemi Covid-19 sehingga wisatawan China yang biasanya melancong ke…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:40 WIB

Berlaku Mulai Hari Ini, Inilah Ketentuan Pengetatan PPKM Mikro

Pemerintah akan kembali melakukan penebalan dan penguatan pelaksanaan PPKM Mikro yang berlaku pada tanggal 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Menkeu Sri Mulyani (ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:20 WIB

Asiiikk, Sri Mulyani Bawa Kabar Gembira! Insentif PPnBM Sektor Otomotif dan PPN Properti Diperpanjang Hingga Akhir Tahun 2021

Pemerintah memastikan sejumlah insentif fiskal atau perpajakan seperti diskon PPnBM mobil dan PPN properti diperpanjang hingga akhir Desember 2021. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)…

Industri fesyen muslim

Selasa, 22 Juni 2021 - 10:15 WIB

Kemenperin Dorong Sertifikasi Halal Produk Fesyen Muslim

Kementerian Perindustrian berperan aktif mendorong pengembangan industri halal karena memiliki potensi besar dalam memacu perekonomian nasional. Apalagi, Indonesia memiliki peluang emas untuk…