KBS akan Perkuat Hub Logistik Nasional Gateway Connectivity Ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 April 2021 - 14:55 WIB

PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)
PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Gerbang global supply chain semakin terbuka, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) optimis bisa menghadirkan Integrated Maritime Industrial Ports. Dengan lokasi PT KBS yang strategis hal ini harus dioptimalkan untuk memperkuat pelayanan Pelabuhan Cigading.

Direktur Utama PT KBS, Akbar Djohan mengatakan ia menyambangi Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Basilio Dias Araujo untuk berdiskusi dan mengenalkan PT KBS.

“Banyak hal yang kita bahas, terutama memperkenalkan Pelabuhan Cigading yang merupakan Pelabuhan umum curah kering terbesar di Indonesia dengan draft terdalam dengan minus 21 meter dan 17 dermaga dengan Panjang 3,5 km,” ujar Akbar saat dihubungi di Jakarta (15/4/2021).

Akbar juga mengatakan dengan pertemuan ini PT KBS berharap dapat berkolaborasi dengan Kemenkomarves untuk memperkuat logistik nasional dengan pelayanan terintegrasi sekaligus memberikan competitive advantage sehingga memberikan dampak ekonomi nasional yg lebih masif dan berkelanjutan dengan masuk ke jaringan global supply chain baik regional bahkan international

“Kolaborasi ini di harapkan bisa membentuk ekosistem logistik terbaik, yang akan membuat Indonesia lebih mudah termasuk izin untuk membuat negara lebih kompetitif dengan layanan yang efisien dan platform manajemen logistik terintegrasi,” kata Akbar.

PT KBS sudah memiliki teknologi bongkar muat dan sistem informasi baru yang terjangkau dan adaptif dengan pelayanan front-end di integrasi oleh sistem infomasi (SAP 4 HANA & POCIS – Port of Cigading Information System) dan terus mentransformasi ekosistem logistik negara secara efisien sehingga mampu bersaing secara global.

“Pak Basilio mengatakan sangat terbuka untuk bisa berkolaborasi agar bisa memajukan logistik Nasional. Karena memang perlu adanya kolaborasi dan sinergi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan swasta terkait untuk menciptakan ekosistem logistik yang lebih baik,” ungkap Akbar.

Terakhir Akbar mengatakan PT KBS bisa menjadi hub logistik Nasional Gateway Connectivity ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera karena pelabuhan Cigading berada dilokasi strategis golden area of sunda strait di perairan ALKI 1.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…