KBS akan Perkuat Hub Logistik Nasional Gateway Connectivity Ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 April 2021 - 14:55 WIB

PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)
PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Gerbang global supply chain semakin terbuka, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) optimis bisa menghadirkan Integrated Maritime Industrial Ports. Dengan lokasi PT KBS yang strategis hal ini harus dioptimalkan untuk memperkuat pelayanan Pelabuhan Cigading.

Direktur Utama PT KBS, Akbar Djohan mengatakan ia menyambangi Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Basilio Dias Araujo untuk berdiskusi dan mengenalkan PT KBS.

“Banyak hal yang kita bahas, terutama memperkenalkan Pelabuhan Cigading yang merupakan Pelabuhan umum curah kering terbesar di Indonesia dengan draft terdalam dengan minus 21 meter dan 17 dermaga dengan Panjang 3,5 km,” ujar Akbar saat dihubungi di Jakarta (15/4/2021).

Akbar juga mengatakan dengan pertemuan ini PT KBS berharap dapat berkolaborasi dengan Kemenkomarves untuk memperkuat logistik nasional dengan pelayanan terintegrasi sekaligus memberikan competitive advantage sehingga memberikan dampak ekonomi nasional yg lebih masif dan berkelanjutan dengan masuk ke jaringan global supply chain baik regional bahkan international

“Kolaborasi ini di harapkan bisa membentuk ekosistem logistik terbaik, yang akan membuat Indonesia lebih mudah termasuk izin untuk membuat negara lebih kompetitif dengan layanan yang efisien dan platform manajemen logistik terintegrasi,” kata Akbar.

PT KBS sudah memiliki teknologi bongkar muat dan sistem informasi baru yang terjangkau dan adaptif dengan pelayanan front-end di integrasi oleh sistem infomasi (SAP 4 HANA & POCIS – Port of Cigading Information System) dan terus mentransformasi ekosistem logistik negara secara efisien sehingga mampu bersaing secara global.

“Pak Basilio mengatakan sangat terbuka untuk bisa berkolaborasi agar bisa memajukan logistik Nasional. Karena memang perlu adanya kolaborasi dan sinergi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan swasta terkait untuk menciptakan ekosistem logistik yang lebih baik,” ungkap Akbar.

Terakhir Akbar mengatakan PT KBS bisa menjadi hub logistik Nasional Gateway Connectivity ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera karena pelabuhan Cigading berada dilokasi strategis golden area of sunda strait di perairan ALKI 1.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anak Kecanduan Gadget (Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 15:00 WIB

Solusi Dari Psikolog Jika Anak Mengalami Krisis Identitas hingga Bullying di Ruang Digital

Saat ini gadget dapat digunakan oleh semua kalangan bahkan, anak-anak pun sudah mahir menggunakannya. Kondisi ini tentunya sangat memprihantikan terlebih, di masa pandemi ini anak-anak mungkin…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 21 Juni 2021 - 14:30 WIB

Menperin Agus Bawa Kabar Gambira! Ekspor Industri Pengolahan Naik 30% Capai USD 66,70 Miliar

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai USD66,70 miliar, naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar…

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 14:07 WIB

Masuk Kategori Industri Hijau, Sektor Petrokimia Kokoh Jadi Pondasi Industri Nasional

Industri Petrokimia di Indonesia adalah salah satu industri yang berfungsi sebagai tulang punggung industri dalam negeri.

Bambang Soesatyo Ketum PB KODRAT

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Selain Ketum IMI, Bamsoet Juga Ketum PB KODRAT

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Sehingga…

Hotel Angsana Laguna Phuket Thailand

Senin, 21 Juni 2021 - 14:00 WIB

Laguna Phuket Berkolaborasi industri untuk Konfirmasi Dibukanya Kembali Phuket pada Pasar Internasional 1 Juli

Tokoh-tokoh terkemuka dari sektor swasta dan pemerintah berkumpul di Angsana Laguna Phuket pada 12 Juni untuk mengkonfirmasi kembali pembukaan kembali Phuket untuk pengunjung internasional pada…