Kawasan Hunian dan Ritel Milik Pengusaha Asal Surabaya Senilai Rp10 Triliun, The Grand by Crown Group Bakal Mulai Beroperasi Juli 2021

Oleh : Ridwan | Kamis, 15 April 2021 - 10:35 WIB

The Grand by Crown Group
The Grand by Crown Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah merampungkan prosesi topping-off, proyek hunian dan ritel senilai Rp10 triliun, The Grand by Crown Group yang berada di kawasan Eastlakes, Sydney ditargetkan mulai beroperasi pada Juli 2021 mendatang.

The Grand by Crown Group sebelumnya bernama Eastlakes Live memiliki tiga menara hunian vertikal dan belasan gerai ritel. Tujuh ritel siap pindah ke The Grand Shopping Center pada Juli tahun ini, sementara lima gerai ritel lain sedang dalam proses negosiasi.

Tahap pertama dari The Grand Shopping Center terdiri dari ruang ritel seluas 2800 meter persegi dan 15 gerai akan dibuka secara progresif bersama-sama dengan format baru ALDI yang lebih besar, toko ritel pertama yang akan dibuka pada akhir Mei atau awal Juni.

Gerai ritel lainnya termasuk Woolworths Metro, Sushi Row, Ausome Nails, Hatch Espresso, Wholelife Pharmacy, Renis Car Wash dan outlet Australia Post/Newsagency akan dibuka pada bulan Juli.

Pusat perbelanjaan Tahap Pertama akan berada di bawah kompleks hunian di mana 133 unit apartemen akan segera diselesaikan, mencakup tiga bangunan di sisi utara pengembangan. Kawasan hunian dan ritel kedua yang menawarkan 65 atau lebih toko dan gerai kuliner akan mulai dibangun tahun depan.

Keduanya akan membentuk pusat perbelanjaan baru dan menarik bernama The Grand, yang menggantikan Eastlakes Shopping Centre yang dibangun pada tahun 1960-an, yang hingga saat ini masih beroperasi. Kawasan ritel dan kuliner baru, dengan interior karya Buchan, bertujuan untuk mengubah area tersebut menjadi tujuan wisata tersendiri.

Direktur Penjualan Crown Group, Prisca Edwards, mengatakan bahwa mereka telah melihat peningkatan kunjungan ke marketing gallery mereka sebesar 300 persen karena pembeli terus mencari apartemen di daerah dengan jaringan infrastruktur yang kuat.

Ia meyakini bahwa lonjakan ini terjadi karena hampir selesainya bangunan tahap satu dan area ritel, dikombinasikan dengan lebih banyak pergerakan dan aktivitas di sekitar lokasi.

Edwards mengatakan bahwa banyak pembeli datang dari berbagai pinggiran kota di sekitarnya seperti Pagewood, Mascot, Botany, Eastgardens dan Rosebery, dengan berbagai pembeli termasuk pelajar yang ingin tinggal di dekat UNSW hingga keluarga yang ingin downsizing.

Kawasan The Grand milik Crown Group menampilkan desain kontremporer yang menakjubkan oleh arsitek terkenal internasional Francis-Jones Morehen Thorp.

Menampilkan 490 unit apartemen mewah dan akan menjadi pusat kota baru dan hingga 80 restoran, kafe, toko dan supermarket ketika sepenuhnya selesai.

Komisaris dan CEO Crown Group, Iwan Sunito, mengatakan The Grand adalah pengembangan hunian tunggal terbesar di kawasan timur, menciptakan katalisator paling signifikan untuk pertumbuhan di daerah tersebut.

"Karena area Waterloo dan Green Square hampir sepenuhnya berkembang, sangat wajar jika area pertumbuhan berikutnya muncul, dan dengan pengembangan apartemen dan pusat perbelanjaan baru dengan hingga 80 gerai ritel yang akan datang, Eastlakes memperkuat posisinya sebagai area pertumbuhan berikutnya," kata Iwan melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, kemarin.

Menurut laporan perkiraan ritel triwulanan terbaru dari Deloitte Access Economics (Q1/2021), pengeluaran ritel berakhir tahun 2020 dengan catatan yang kuat, dengan volume melonjak hngga 6,4% selama setahun hingga kuartal empat.

Sementara sektor-sektor yang paling diuntungkan melalui Lockdown COVID-19, seperti ritel barang-barang rumah tangga dan belanja supermarket, kemungkinan akan menghadapi hambatan pada tahun 2021 dikarenakan pelonggaran pembatasan dan dibukanya perbatasan.

Mitra Ekonomi Deloitte Access, dan Penulis Utama Perkiraan Ritel, David Rumbens, mengatakan, sektor ritel berhasil menangani krisis COVID-19, dan menjadi yang teratas.

Pengeluaran ritel pulih dengan kuat pada paruh kedua tahun 2020, lebih dari sekadar mengimbangi kemerosotan pada bulan Juni, untuk berakhir lebih tinggi pada tahun ini hingga Desember 2020.

Dan pemulihan yang kuat ini juga dialami di sebagian besar sektor, dengan hampir semua segmen pembelanjaan membukukan keuntungan di kuartal empat. Meskipun pengeluaran non-makanan yang memimpin, konsumsi terkait rumah juga tetap tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…