Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.  menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (12/04/2021).

Pada kesempatan itu, Panglima TNI melalui Dispen TNI menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kehormatan Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti ke Mabes TNI Cilangkap yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan bertukar pandangan mengenai kerja sama kedua negara di bidang pertahanan dan militer.

Selanjutnya disampaikan bahwa komitmen pemerintah Indonesia untuk terus memerangi pandemi COVID-19 dan siap mendukung kerja sama pemerintah Indonesia dan India dalam kerja sama penanganan pandemi COVID-19 serta mendoakan keberhasilan pemerintah India dalam penanganan pandemi COVID-19 di negaranya.

Sementara itu Dubes LBBP India menyampaikan beberapa agenda kerja sama operasi dan latihan diantaranya latihan bersama kedua Angkatan Laut (Samudra Shakti tahun 2021), latihan bersama kedua Angkatan Darat (Garuda Shakti tahun 2022) dan permohonan untuk melaksanakan latihan perdana Angkatan Udara pada tahun 2022.

Di samping itu disampaikan oleh Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti keinginan untuk merevisi Standard Operating Procedure (SOP) Indindo Corpat / Kerja sama Patroli Perbatasan Angkatan Laut Indonesia-India untuk lebih mengoptimalkan pertukaran informasi antara kedua belah pihak.

"India juga berkeinginan untuk meningkatkan lingkup kerja sama latihan menjadi Joint Service Exercises / latihan gabungan bersama 3 matra secara terintegrasi kedua Angkatan Bersenjata", pungkasnya.

Di akhir pertemuan, Panglima TNI menyambut baik tawaran kerja sama multilateral India kepada Indonesia dan akan mendukung jika telah sejalan dengan doktrin serta konsep operasi dan latihan TNI.

"Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti atas kunjungan dan diskusi yang telah dilaksanakan. Semoga dan kerja sama pertahanan dan militer kedua negara dapat semakin berkembang di masa datang" tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Waasintel Panglima TNI Laksma TNI Drs. I Putu Arya Agga S., Waasops Panglima TNI Brigjen TNI Marsma TNI Kustono, S.sos., Kapuskersin TNI Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A. dan Athan India di Jakarta Captain (N) Amitabh Saxena

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perumahan Cibubur Jaktim

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:00 WIB

Gerbang Tol, CBD hingga Mall Tingkatkan Nilai Properti di Kota Wisata Cibubur

Sebagai primadona di kawasan Cibubur, Kota Wisata menambah kelengkapan fasilitasnya dengan gerbang tol langsung di dalam kompleks tersebut. Keberadaan akses langsung pintu tol di dalam kawasan…

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:00 WIB

GIA Group Layani Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin yang Telah Mendapat Vaksinasi

Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang melayani penerbangan dengan pilot dan awak…

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:39 WIB

Triwulan I-2021, Pendapatan Jababeka Melesat 35% Jadi Rp640,60 Miliar

Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA) membukukan total pendapatan Rp 640,60 miliar pada triwulan pertama 2021. Itu artinya, pendapatan perusahaan properti tersebut tumbuh 35% jika dibandingkan di…

Chairman INEOS Sir Jim Ratcliffe

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:00 WIB

INEOS Grenadier Teruji Tangguh di Medan Pegunungan

Prototipe Grenadier generasi terbaru ini telah disetujui oleh Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe, setelah menaklukkan jalur menantang di gunung Schöckl, di dekat kantor pusat Magna Steyr di…