Bank OCBC NISP Perkuat Komitmen Tingkatkan Literasi Keuangan, Dukung UMKM dan Sustainability

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 April 2021 - 18:30 WIB

Paparan 8 Dekade Bank OCBC NISP
Paparan 8 Dekade Bank OCBC NISP

INDUSTRY.co.id - Jakarta – OCBC NISP  terus melaju memperkuat posisinya sebagai Bank ke-7 terbesar dari sisi aset dengan peringkat kredit salah satu tertinggi di Indonesia. Selama 80 tahun, OCBC NISP menjadi rekan seperjuangan masyarakat Indonesia yang tidak hanya bertahan, namun terus bangkit dan berkembang menjadi lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan serta krisis.

OCBC NISP berkomitmen untuk mengambil peran lebih besar, lebih dari sekadar mitra perbankan yang menyediakan solusi finansial, namun meraih visi menjadi “mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup”. Hal ini dapat diwujudkan dengan tiga komitmen besar, yakni mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat, mendukung pengembangan para pelaku UMKM, dan keberlanjutan bisnis atau sustainability.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC NISP mengatakan, Bank OCBC NISP percaya bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

"Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri dengan mendorong masyarakat, mulai dari individu hingga pelaku usaha kecil dan besar, dengan mendukung pemerintah untuk mengubah pemahaman, kebiasaan, dan mindset masyarakat agar menciptakan masyarakat yang financially fit," kata Parwati dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (12/4/2021).

"Tidak hanya itu, OCBC NISP juga fokus pada pemberdayaan UMKM sebagai kontributor terbesar dalam perekonomian Indonesia. Terakhir, OCBC NISP mengambil peran lebih mendorong sustainability business melalui pembiayaan sektor bisnis yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan lingkungan," imbuhnya.

OCBC NISP Corporate Banking
OCBC NISP berkomitmen untuk mendukung setiap fase perkembangan bisnis nasabah korporasi, dengan menghadirkan solusi perbankan bisnis yang komprehensif, dimana nasabah korporasi dilayani oleh Relationship Manager yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan mendalam di berbagai sektor industri.

OCBC NISP juga sangat memahami bahwa tantangan dan kompetisi bisnis yang dihadapi nasabah korporasi semakin besar. Untuk itu, OCBC NISP menghadirkan berbagai inovasi, diantaranya adalah layanan Cash Management OCBC NISP, yang telah mendapatkan predikat Best Cash Management of The Year.

Pengelolaan dana nasabah menjadi optimal disesuaikan dengan kegiatan dan skala usaha demi kenyamanan operasional bisnis. Terdapat layanan giro dengan transaksi mata uang asing hingga 12 mata uang yang terintegrasi dengan sistem treasury untuk memberikan live rates yang kompetitif untuk nasabah, manajemen arus kas perusahaan, pembayaran secara kolektif yang semuanya dapat diakses secara digital kapan saja dan di mana saja.

Dalam membantu mengembangkan bisnis, OCBC NISP siap untuk menghubungkan nasabah dengan nasabah lain ataupun jaringan OCBC Group yang meliputi 530 kantor perwakilan di 19 negara.

Mobilitas tinggi juga menjadi tantangan tersendiri untuk nasabah korporasi, maka OCBC NISP menyediakan Velocity@ocbcnisp dalam versi web, yakni sebuah layanan perbankan digital yang dirancang untuk memberikan kebebasan bertransaksi seperti halnya bertransaksi di cabang, serta versi aplikasi untuk pengambilan keputusan keuangan yang lebih cepat via smartphone. Velocity@ocbcnisp dirancang dengan mengutamakan standar keamanan tertinggi dan skema otorisasi yang dapat disesuaikan dengan skala dan kebutuhan bisnis.

Komitmen pada sustainability business juga terefleksi pada solusi OCBC NISP Corporate Banking, dengan menjadi bank pertama yang menerima pembiayaan berwawasan lingkungan dari IFC – World Bank di Indonesia. Bank OCBC NISP berharap dapat mendukung nasabah korporasi agar lebih cepat mengadopsi praktik operasional usaha yang lebih ramah lingkungan.

OCBC NISP Private Banking
OCBC NISP memahami bahwa setiap nasabah adalah pribadi yang unik, maka OCBC NISP menyiapkan tailor-made solution, yaitu layanan perbankan dengan benefit yang disediakan khusus bagi individu dengan berbagai aspirasi dan kebutuhan yang kompleks.

OCBC NISP Private Banking adalah satu-satunya Private Bank lokal yang memiliki akses regional dan internasional, dimana setiap nasabah dilayani oleh Private Bankers profesional dan berpengalaman yang tidak hanya handal dalam menangani aset finansial, namun juga memahami kompleksitas, dinamika dan sensitivitas dalam merencanakan legacy planning untuk  generasi penerus nasabah. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar The Best Private Bank for Indonesia di tahun 2020 dari Asian Private Banker.

OCBC NISP Premier Banking
OCBC NISP menghadirkan sebuah pelayanan perbankan dan pengelolaan keuangan yang dipersonalisasi sesuai target dan profil nasabah Premier dengan berbagai fitur terbaik, diantaranya:
• Produk yang lengkap & terpilih
• Dukungan informasi & analisa pasar oleh para ahli
• Tim Premier Banking yang berdedikasi untuk pertumbuhan aset
• Kapabilitas digital yang mendukung kemudahan dalam pengelolaan aset & kekayaan
• Tempat yang memberikan kenyamanan & privasi untuk mendiskusikan strategi investasi

OCBC NISP memahami bahwa informasi adalah salah satu aset penting untuk urusan pengelolaan keuangan agar tidak kehilangan peluang sedikitpun. Oleh karena itu, secara rutin nasabah Premier akan mendapatkan Market Insight terbaru dari pasar keuangan global dan nasional dari jajaran analis tepercaya melalui Wealth Daily, Weekly Update Journal & ONe Wealth Outlook video dan Monthly Outlook yang diadakan oleh Bank OCBC NISP.

Untuk nasabah yang memiliki kesibukan dan mobilitas tinggi, OCBC NISP Premier Banking menghadirkan fasilitas Banking On The Move. Dengan inovasi RM Mobile, yakni aplikasi khusus untuk membantu Tim Premier Banking Relationship Manager (RM) agar tetap dapat bertemu dengan nasabah di mana saja tanpa harus ke cabang, guna melayani dan berdiskusi dalam proses investasi nasabah.

Nasabah juga dapat berinvestasi sendiri melalui ONe Mobile, aplikasi mobile banking OCBC NISP, dan Phone Banking yang melayani khususnya jual beli lintas mata uang dengan kurs yang kompetitif. Nasabah Premier Banking dapat menikmati Premium Guest House, sebuah tempat yang memberikan kenyamanan & privasi untuk mendiskusikan Strategi Investasi dengan nyaman.

Layanan NYALA | OCBC NISP
Layanan perbankan digital yang ditujukan bagi generasi muda Indonesia untuk mengelola & mengoptimalkan dana melalui aplikasi ONe Mobile. Layanan Nyala juga tersedia untuk para pebisnis individual yaitu layanan Nyala Bisnis, dimana pengelolaan keuangan dilakukan dengan rekening terpisah untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis dan personal sekaligus.

OCBC NISP sadar generasi muda Indonesia membutuhkan lebih dari sekadar produk finansial, namun harus memiliki pemahaman finansial yang baik agar masyarakat memiliki kondisi keuangan yang sehat. Kenyataannya banyak dari mereka yang sudah memiliki pendapatan besar tapi belum tentu memiliki kondisi keuangan yang sehat atau financially fit.

Terinspirasi dari pelatihan kebugaran fisik, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness dari NYALA | OCBCNISP dengan misi menjadi financial trainer generasi muda Indonesia agar memiliki kebiasaan finansial yang lebih baik.

Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director, dibantu oleh para financial coach yang tergabung dalam NYALA Financial Fitness Squad, solusi Financial Fitness juga menyediakan berbagai kelas & pelatihan finansial antara lain:

• Financial Fitness Check Up, untuk mengukur kondisi keuangan agar dapat merencanakan pengelolaan keuangan yang tepat.
• Financial Fitness Classes yang dibawakan oleh Financial Fitness Squad yang bersertifikasi
• Komunitas Ruang meNYALA, wadah untuk saling mendukung mencapai tujuan finansial melalui sharing dengan member-member lain.
• Platform edukasi www.ruangmenyala.com, platform konten edukasi finansial yang bisa diakses kapan saja dalam bentuk artikel, video, dan tips & trik.
• Ruang meNYALA Financial Fitness Gym, sebuah tempat fisik yang dirancang untuk memfasilitasi berbagai program Financial Fitness

OCBC NISP Digital Banking
Melalui aplikasi ONe Mobile, nasabah seperti memiliki Comprehensive Money Manager dalam genggaman, yang membantu mulai dari informasi keuangan, portofolio akun, kondisi pasar terkini, dan produk-produk investasi.

Di tahun 2021 ini, ONe Mobile akan mengalami perubahan besar demi memberikan kenyamanan lebih bagi nasabah dengan konsep pengembangan lebih modern, intuitif, dan praktis digunakan. Fitur-fitur unggulan adalah buka rekening dengan 12 valuta asing, multi transfer, bayar tagihan dengan scheduler, mutasi transaksi hingga 24 bulan, riwayat transaksi kartu kredit, dan masih banyak lagi. 

Sejak 2020, Relationship Manager OCBC NISP dilengkapi dengan inovasi teknologi yakni RM Mobile yang memungkinkan nasabah melakukan pembukaan rekening dan produk perbankan di manapun. Dilengkapi dengan fitur Digital Signature menggantikan kebutuhan tanda tangan basah untuk konfirmasi. RM Mobile memungkinkan Straight Through Processing sehingga pembukaan rekening dan penempatan produk bisa dilakukan secara paperless dan aman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…

Press conference di Gedung Perpustakaan Nasional terkait Rakornas dan HUT ke-44 Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:21 WIB

Rayakan HUT Ke-44 Perpusnas, Ini Rangkaian Acara Yang Dilaksanakan Tanggal 7-31 Mei 2024

Rayakan HUT ke-44, Perpusnas menggelar sebanyak 27 rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai 7-31 Mei 2024.

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.