Bisnis Ritel SPBU di RI Masih Menjanjikan, HIPMI Gandeng BP dan AKR 

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 11 April 2021 - 14:25 WIB

Webinar HIPMI x bp Power Lunch to Fuel your Future
Webinar HIPMI x bp Power Lunch to Fuel your Future

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan bisnis ritel bahan bakar. Saat ini, bahan bakar masih menjadi sektor produktif yang bersinggungan dengan bisnis lain dan mendukung mereka dalam ekosistem ekonomi.

Dalam upaya mendukung keberlangsungan pertumbuhan industri ritel SPBU dan pertumbuhan ekonomi nasional, BP-AKR berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk senantiasa menghadirkan wadah diskusi bagi pengusaha muda dalam melihat peluang, prospek dan konsep mengembangkan investasi di bidang ritel SPBU di Indonesia.

Upaya untuk memaksimalkan potensi bisnis ritel SPBU seperti ini sudah saatnya didukung dengan kesadaran penuh oleh para pengusaha muda.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bagas Adhadirgha mengatakan, ekosistem industri di sektor ritel bahan bakar, khususnya SPBU perlu diperkuat agar para pengusaha nasional dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional terhadap tatanan pasar juga perekonomian global.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada pengusaha Indonesia bagaimana ekosistem bisnis ritel SPBU di Indonesia saat ini dan memberikan pemahaman kepada pengusaha Indonesia mengenai proyeksi sektor bisnis ritel SPBU di Indonesia," ujar Bagas, dalam acara Forum Dialog HIPMI, Webinar HIPMI x bp Power Lunch to Fuel your Future, seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (11/4/2021).

Selain itu, lanjut Bagas, acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan awareness kepada pengusaha muda bahwa BP-AKR memiliki komitmen untuk berkolaborasi bersama pengusaha Indonesia dalam mengembangkan bisnis SPBU di Indonesia.

"Maka dari itu, terdapat peluang untuk memperluas investasi di sektor tersebut, terutama pada bisnis SPBU. Dalam hal ini, bp sebagai salah satu perusahaan ritel SPBU ternama di Indonesia, percaya bahwa Indonesia memiliki potensi pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan, terutama dalam bidang industri ritel SPBU," ucapnya.

Sementara itu, Benny Oktaviano, Head Network Planning and Acquisition dan Syahran Sidik Wahab, Brand and Communication Manager, BP-AKR mengatakan pihaknya yakin Indonesia adalah salah satu negara dengan fundamental pertumbuhan yang kuat.

Ia juga meyakini bahwa prospek bisnis bahan bakar dapat membantu menunjang pertumbuhan ekonomi dan industri negara Indonesia di masa yang akan datang.

“Kami ingin memaksimalkan industri bisnis BBM di Indonesia, tujuannya untuk mengakomodir perkembangan ekonomi dan sektor-sektor lainnya. Kami juga percaya siapapun dapat menjadi pendorong perubahan ke masa yang lebih cerah. Oleh karena itu, BP-AKR bertekad dapat berkontribusi dan membawa manfaat positif untuk bangsa dan negara Indonesia melalui bisnis ritel SPBU,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kompartemen Industri Gas Bumi dan Perminyakan Bidang Perdagangan, Perindustrian, ESDM BPP HIPMI Ainun Rochani berharap, bisnis SPBU di Indonesia akan bertumbuh sejalan dengan perkembangan ekonomi di Indonesia dan dapat bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Kami berharap, ingin memberikan kesempatan bagi para pengusaha lokal di Indonesia untuk menjadi mitra bisnis dan memiliki SPBU melalui pilihan skema yang menguntungkan. Saya yakin pasar Indonesia masih sangat terbuka dan memiliki potensi besar untuk terus tumbuh," ungkap Ainun.

Acara ini, kata Ainun, diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi para anggota HIPMI menjajaki dan mengembangkan bisnis di sektor SPBU.

Ia juga mengatakan, HIPMI berkomitmen untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi dimanapun bisnis dikembangkan.

"Pada kesempatan ini, kami bangga dapat berkolaborasi dengan BP-AKR serta menjadi bagian dalam upaya mendorong pertumbuhan investasi di bisnis ritel SPBU. Melalui kolaborasi ini, HIPMI mengajak para pengusaha muda untuk mengembangkan bisnis ritel SPBU melalui skema yang menguntungkan," tuturnya.

Menurutnya, langkah untuk mendorong lebih banyak investasi di bidang ritel SPBU di Indonesia menjadi salah satu strategi HIPMI untuk dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi positif serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja.

Kolaborasi ini sangat menarik serta menawarkan prospek yang sangat baik untuk diversifikasi bisnis para anggota HIPMI dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi yang positif.

"Kami memiliki aspirasi untuk terus mengembangkan jaringan bisnis SPBU di Indonesia dan secara konsisten menawarkan inovasi serta teknologi produk terkini. Hal ini tidak hanya untuk produk bahan bakar namun juga produk non-bahan bakar, serta berbagai layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan untuk membantu kenyamanan berkendara," imbuhnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…