Telkom Siap Dukung Pengembangan KEK Singhasari

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 10 April 2021 - 00:01 WIB

Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur PT Intelegensia Grahatama (IGT) selaku pengelola KEK Singhasari David Santoso (kiri) disaksikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (tengah)
Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur PT Intelegensia Grahatama (IGT) selaku pengelola KEK Singhasari David Santoso (kiri) disaksikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (tengah)

INDUSTRY.co.id - Singhasari - Sebagai bentuk komitmen dalam mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT (Information & Communication Technology) serta pengembangan ekosistem digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) siap dukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, yang merupakan KEK pertama di Indonesia dengan zona pengembangan teknologi.

Dukungan ini disampaikan oleh Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid dalam kunjungannya ke KEK Singhasari (8/4). Kunjungan ini merupakan langkah awal dari penjajakan kerja sama antara Telkom dengan PT Intelegensia Grahatama selaku Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) KEK Singhasari. “Telkom siap berkolaborasi dalam pengembangan inovasi digital di KEK Singhasari untuk mendukung rencana pengembangannya ke depan sebagai Digital Innovation Hub” ujar Fajrin.

Lebih lanjut disampaikan Fajrin, bahwa penciptaan ide-ide inovatif yang berpotensi menjadi bisnis digital yang sustainable dan profitable harus terus disupport oleh berbagai pihak agar percepatan pemanfaatan teknologi ICT secara umum dan pengembangan ekosistem digital di Indonesia dapat terus terakselerasi.

Telkom yang tengah fokus bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital dengan fokus pada domain bisnis digital connectivity, digital platform, dan digital services akan mendukung dan menjadi enabler untuk pengembangan inovasi tersebut.

KEK Singhasari ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 68 Tahun 2019 pada tanggal 27 September 2019 dan terdiri atas Zona Pariwisata dan Zona Pengembangan Teknologi. Rencana PT Intelegensia Grahatama dalam mengembangkan KEK Singhasari sebagai Digital Innovation Hub diharapkan secara khusus dapat menjadikan ekosistem digital yang dibangun sebagai penggerak inovasi dan kreativitas pengembangan digital serta menjadi percontohan pengembangan ekosistem digital yang terintegrasi sesuai dengan konsep smart area.

“Melalui digitalisasi dan ekosistem digital yang Telkom hadirkan, diharapkan dapat mengakselerasi langkah Indonesia untuk menjadi lebih baik lagi dan hadir sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” tambah Fajrin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.

Kementan pantau penjualan daging di Pasar Jelang Lebaran Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:29 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal…