Laporan dari KBRI Tokyo: Warga Jepang Tak Sabar untuk Bisa Kembali Nikmati Wisata Selam Indonesia

Oleh : Candra Mata | Kamis, 08 April 2021 - 12:29 WIB

Pameran Wisata Bahari oleh KBRI Tokyo
Pameran Wisata Bahari oleh KBRI Tokyo

INDUSTRY.co.id - Tokyo, Jepang - Masa pandemi tidak menyurutkan semangat Indonesia untuk terus mempromosikan destinasi wisata tanah air. 

Termasuk upaya KBRI Tokyo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang suskea menggelar acara “Marine Diving Fair" (MDF) di Sunshine City Convention Center Hall, di Tokyo mulai dari tanggal 2 hingga 4 April kemarin.

Sebanyak 4 stan Indonesia yang diwakili oleh Garuda Indonesia, Ena Dive Center, North Sulawesi Travel, U Tour Service dan Lembeh Resort mempromosikan dan menjual sejumlah paket destinasi selam Indonesia. 

Dalam acara itu, tercatat lebih dari 20.000 (dua puluh ribu) pengunjung hadir selama rangkaian 3 hari pameran. 

"Sejumlah warga Jepang yang mengunjungi stan Indonesia-pun menyampaikan tidak sabar dan rindu ingin kembali menyelam dan menikmati indahnya laut Indonesia," sebut keterangan resmi KBRI Tokyo dalam pernyataan tertulisnya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (8/4/2021).

Di tengah pameran wisata selam terbesar dan terpopuler di Jepang tersebut, KBRI Tokyo juga berkesempatan secara khusus mengenalkan wisata bahari nusantara melalui Indonesia Diving Seminar. 

"Kami menyampaikan bahwa meskipun saat ini border crossing untuk perjalanan wisata antara Indonesia dan Jepang belum mengalami normalisasi pasca pandemi, Indonesia tetap optimis dan terus mempersiapkan destinasi wisata dengan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

"Industri wisata Indonesia di berbagai destinasi wisata termasuk wisata selam telah menerapkan  Protokol CHSE  (Cleanliness, Health, Sustainable, and Environment)," sambung keterangan KBRI Tokyo.

Dalam keterangannya, pihak KBRI Tokyo juga menyatakan bahwa pihaknya secara konsisten terus melakukan promosi wisata tanah air.

"Hal ini bertujuan agar Indonesia terus menjadi destinasi wisata yang berada di top-of-mind masyarakat Jepang," paparnya.

MDF sendiri secara rutin diselenggarakan sejak 1993 oleh Japan Leisure Diving Association, bekerja sama dengan asosiasi terkait wisata selam lainnya serta mendapat dukungan dari berbagai kementerian dan institusi terkait lainnya di Jepang. 

Selain Indonesia, terdapat 3 (tiga) negara lain yang juga membuka booth promosi wisata selam di MDF 2021, yaitu: Filipina, Palau, dan Tahiti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 KRI Teluk Hading 538

Senin, 19 April 2021 - 04:30 WIB

KRI Teluk Hading 538 Angkut 450 Prajurit Yonif 100 Raider Menuju Pelabuhan Belawan Medan

KRI Teluk Hading 538 salah satu unsur Kolinlamil melaksanakan operasi angkutan laut militer yang mengangkut pasukan Batalion Infanteri (Yonif) 100 Prajurit Setia Raider setelah selesai melaksanakan…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…