Kabar Gembira! Pemerintah Arab Saudi Izinkan Jemaah Indonesia Melaksanakan Ibadah Umrah Mulai 1 Ramadan 1442 H

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 08 April 2021 - 10:25 WIB

Ilustrasi Jemaah Umroh Indonesia (ist)
Ilustrasi Jemaah Umroh Indonesia (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Belum lama ini Pemerintah Arab Saudi memberikan izin Umrah pada awal Ramadan untuk jemaah yang sudah menerima vaksin Covid-19.

Jemaah yang dimaksud yakni jemaah yang mendapat dua dosis vaksin Covid-19, jemaah yang setelah 14 hari menerima dosis pertama vaksin Covid-19 serta yang sembuh dari infeksi.

Berkenaan dengan hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin menyambut baik sikap Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, bahkan juga izin kunjungan ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Informasi awal yang kami terima sudah ada pemberian izin Umrah dan shalat di Masjidil Haram serta berkunjung ke Masjid Nabawi mulai tanggal 1 Ramadan 1442 Hijriah," paparnya.

"Ini khusus bagi jemaah yang sudah divaksinasi sesuai dengan ketentuan di aplikasi (Tawakkalna). Harapanya informasi ini ditindaklanjuti Kemenag," terang Azis dikutip INDUSTRY.co.id pada, Kamis (8/4/2021).

Tawakkalna merupakan aplikasi yang diluncurkan Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi (SDAIA) pada tahun 2020 lalu yang berfungsi untuk memantau pergerakan warga di sektor publik dan swasta selama pemberlakuan jam malam yang diberlakukan di tengah pandemi virus Covid-19.

Azis pun meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk segera berkoordinasi dan mengklarifikasi informasi yang disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sehingga kesimpangsiuran data dan aturan bagi jemaah yang tengah menunggu dapat dihindari.

“Mungkin calon jemaah umroh ada yang belum memahami informasi ini. Bagaimana Izin pemesanan untuk menunaikan ibadah Umrah, shalat dan kunjungan tersebut didapat. Apakah harus melalui aplikasi (Eatmarna) dan (Tawakkalna). Tata cara ini perlu disosialisasikan," imbuh Azis.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, selain adanya izin, apakah perlu adanya langkah verifikasi terkait keabsahannya melalui aplikasi (Tawakkalna).

Metode-metode ini menurutnya penting pula disampaikan pada pada agen-agen Umrah agar tidak menimbulkan hambatan bagi calon jemaah dalam proses keberangkatannya.

“Saya meyakini banyak calon jemaah Umrah yang belum memahami ini. Termasuk prosedur lainnya, kami berharap Kemenag dapat membantu memberikan penjelasan detail," pinta politisi dapil Lampung II itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLTS

Kamis, 22 April 2021 - 20:25 WIB

Bukti Komitmen PLN Genjot Energi Bersih, Sebanyak 13 Kampung di Raja Ampat Kini Nikmati Listrik EBT

Sebelumnya, pada tahun 2020 PLN telah melistriki beberapa kampung lainnya di Kabupaten Raja Ampat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Total keseluruhan kampung berlistrik di…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat menandatangani MoU akselerasi industri 4.0 di BUMN

Kamis, 22 April 2021 - 20:10 WIB

Menperin Agus Gandeng Erick Thohir Akselerasi Transformasi Industri 4.0 di BUMN

Memorandum of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian…

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kamis, 22 April 2021 - 20:07 WIB

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kenertec dan UPC Renewables menyatakan kesiapan untuk membangun puluhan menara kincir angin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk mendukung kebijakan…

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Mustika Ratu dan YPI kirim Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2021

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

MMKSI gelar program Kartini Campaign

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Manjakan Wanit di Seluruh Indonesia, MMKSI Hadirkan Kartini Campaign

Dalam rangka menyambut hari peringatan emansipasi wanita di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan program Kartini Campaign khusus bagi konsumen wanita…