Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Blibli Hadirkan Festival Belanja dan Pengiriman 2 Jam

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 April 2021 - 19:23 WIB

Virtual conference Blibli
Virtual conference Blibli

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadhan, Blibli menghadirkan layanan dan festival belanja #HikmahRamadhan yang dilakukan bersama para seller, termasuk UMKM. Selain itu, Blibli juga menghadirkan pengiriman cepat dalam 2 jam. 

Berbagai riset menunjukkan bahwa tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat memasuki tahun 2021. Optimisme ini diharapkan akan ikut berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat merayakan bulan Ramadhan dan Idul Fitri. 

“Tingkat konsumsi pelanggan untuk bermacam-macam produk, mulai dari sembako hingga pakaian, meningkat signifikan selama Ramadhan. Sebab itu, dengan semangat #HikmahRamadhan, Blibli meluncurkan layanan pengiriman 2 jam agar pelanggan bisa dengan cepat menerima belanjaan mereka”, ujar Cindy Kalensang, Vice President Business Development Blibli, Rabu (7/4/2021).

Permintaan pelanggan di Blibli konsisten meningkat saat Ramadhan. Rata-rata volume order harian di Blibli meningkat dua kali lipat selama Ramadhan 2020 jika dibanding hari biasa, di mana pelanggan paling banyak membeli produk berupa Makanan & Minuman, Handphone, Suplemen Kesehatan, dan Fashion Muslim. 

Pelanggan yang berbelanja online berasal dari berbagai kota, di mana Blibli melihat lonjakan order yang sangat signifikan dari pelanggan di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar selama Ramadhan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadhan 2019.

Tahun ini, selama bulan Ramadhan, Blibli menghadirkan penambahan layanan dan festival belanja berupa pengiriman lebih cepat dengan layanan 2-hours delivery. Pelanggan juga bisa terus menghemat biaya pengiriman dengan menggunakan layanan gratis ongkos kirim dari Blibli.

Blibli juga menghadirkan promo dalam program #HikmahRamadhan yang bisa dinikmati selama 32 hari nonstop, mulai dari 12 April hingga 14 Mei 2021, diantaranya Cashback hingga Rp 1 juta rupiah, Exclusive deals dengan brand-brand ternama, dengan diskon hingga 85%, dan Flash Sale dan games  tiga kali sehari saat ngabuburit dan sahur.

“Bulan Ramadhan menjadi momen penuh berkah, bukan hanya bagi pelanggan, tetapi juga bagi seller UMKM. Kami berharap festival belanja #HikmahRamadhan ini dapat menjadi cara bagi para seller besar maupun UMKM untuk meningkatkan penjualan dan merangkul pasar yang lebih luas melalui platform Blibli,” tutup Cindy.

Pentingnya momen Ramadhan bagi ritel dan konsumsi baik di pihak pelanggan dan seller diamini oleh riset iPrice. iPrice secara konsisten melakukan riset mengenai perubahan perilaku berbelanja Muslim di Indonesia pada saat Ramadhan. 

Trafik berbelanja online meningkat hingga 345% pada jam 5 pagi jika dibandingkan dengan bulan biasanya di Indonesia karena adanya perubahan waktu jam makan yaitu sahur. 

Dikarenakan perayaan Ramadhan tahun ini akan juga berbeda, pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak juga pada daya dan habit berbelanja. 

“Tahun 2018, kategori seperti tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel masih menjadi keyword paling populer di bulan Ramadhan. Namun berkaca dari 2020 kemarin, riset iPrice menemukan kategori fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kue lebaran menjadi kategori paling banyak dibeli pada saat berbelanja kebutuhan ramadhan dan hari raya," kata Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan