Sukses Pertahankan Posisi Pasar di Dalam Negeri, MMKSI Optimis Penjualan Mobil Meroket Tajam di 2021

Oleh : Ridwan | Rabu, 07 April 2021 - 13:30 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Facelift
Mitsubishi Pajero Sport Facelift

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sukses menjaga posisi pasar yang baik pada segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan, meski kondisi penjualan mobil di Indonesia mengalami kontraksi yang cukup tajam akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 44,59% akibat pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura mengatakan, keberhasilan MMKSI menjaga posisi pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menyediakan lini produk dan model kendaraan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia.

"Model Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV," katanya di Jakarta (6/4).

Dijelaskan Naoya, pihaknya semakin semangat dan optimis untuk berkompetisi dalam memberikan produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen.

Hal tersebut sejalan dengan proyeksi dan target Gaikindo untuk penjualan kendaraan tahun 2021 yang dipatok mencapai 750.000 unit.

"Berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan," terangnya.

"Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas," tambah Naoya.

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun kalender 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54,768 unit pada periode Januari 2020 - Desember 2020, yang terdiri dari penjualan kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV). Angka tersebut terkoreksi 57,2% dari tahun sebelumnya, dikarenakan daya beli dan situasi pasar.

Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) terkoreksi 47% dibandingkan tahun 2019.

Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4%.

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen antara lain, Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1% di segmen small-MPV.

L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6%. Sedangkan, Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,6%.

Sementara itu, Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.

Kementan pantau penjualan daging di Pasar Jelang Lebaran Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:29 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal…

Migrasi Bank Syariah Indonesia di Aceh Tim PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sedang bersiap melakukan migrasi ATM ke sistem BSI.

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:06 WIB

Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk. Faisal Ali mengemukakan bahwa, Aceh perlu bersyukur bahwa lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan, telah beralih ke system Syariah.…