Cetak Sejarah! Kawasan Industri Kendal Sukses Antar Dua Tenant-nya Nikmati Manisnya Tax Holiday

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 April 2021 - 19:50 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri Kendal yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berhasil membantu dua tenant-nya mendapatkan insentif libur pajak atau tax holiday dari pemerintah. 

Adapun kedua perusahaan tersebut yaitu PT Master Kidz Indonesia yang berasal dari Hongkong dan PT Sinar Harapan Plastik yang berasal dari Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memproduksi mainan anak. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memberikan banyak fasilitas dan insentif kepada investor yang mau menanamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus, salah satunya insentif libur pajak. 

Insentif libur pajak (tax holiday) sendiri diberikan mulai dari 10 sampai 20 tahun tergantung dari besarnya nilai investasi.

Head of Sales and Marketing Kawasan Industri Kendal Juliani Kusumaningrum mengatakan, upaya tersebut menjadi bukti nyata bahwa pengelola Kawasan Industri Kendal telah menjalankan fungsinya dengan baik. 

"Dengan berhasilnya dua tenant mendapatkan tax holiday ini, menjadi bukti komitmen Kawasan Industri Kendal yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan berusaha bagi investor yang ada," terangnya di Menara Batavia, Selasa (6/4/2021)

"Dari 15 KEK di Indonesia dari barat sampai ke timur, Kawasan Industri Kendal termasuk pionir yang membantu tenant mengajukan mendapatkan tax holiday," tambah Juliani.

Ke depan, terangnya, akan lebih banyak lagi perusahaan di Kawasan Industri Kendal yang mengajukan insentif fiskal setelah beberapa syarat terpenuhi.

"Mereka sekarang masih ada yang dalam tahap konstruksi, dan menang ada regulasinya mengajukan tax holiday, mereka ajukan sebelum beroperasi secara komersil. Jadi nanti akan diikuti tenant lainnya," papar Juliani. 

Lebih lanjut, Juliani menegaskan selain dapat mengajukan tax holiday, perusahaan yang berinvestasi di KEK Kendal juga mendapatkan keuntungam lainnya seperti upah minimum regional (UMR) yang kompetitif, serta banyaknya tenaga kerja produktif. 

"Artinya, KEK Kendal merupakan tempat yang layak dipertimbangkan untuk lokasi investasi. Kami juga sudah kompak dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan kemudahan perizinan investasi dan kenyamanan wilayah baagi investor," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…