Cetak Sejarah! Kawasan Industri Kendal Sukses Antar Dua Tenant-nya Nikmati Manisnya Tax Holiday

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 April 2021 - 19:50 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri Kendal yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berhasil membantu dua tenant-nya mendapatkan insentif libur pajak atau tax holiday dari pemerintah. 

Adapun kedua perusahaan tersebut yaitu PT Master Kidz Indonesia yang berasal dari Hongkong dan PT Sinar Harapan Plastik yang berasal dari Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memproduksi mainan anak. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memberikan banyak fasilitas dan insentif kepada investor yang mau menanamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus, salah satunya insentif libur pajak. 

Insentif libur pajak (tax holiday) sendiri diberikan mulai dari 10 sampai 20 tahun tergantung dari besarnya nilai investasi.

Head of Sales and Marketing Kawasan Industri Kendal Juliani Kusumaningrum mengatakan, upaya tersebut menjadi bukti nyata bahwa pengelola Kawasan Industri Kendal telah menjalankan fungsinya dengan baik. 

"Dengan berhasilnya dua tenant mendapatkan tax holiday ini, menjadi bukti komitmen Kawasan Industri Kendal yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan berusaha bagi investor yang ada," terangnya di Menara Batavia, Selasa (6/4/2021)

"Dari 15 KEK di Indonesia dari barat sampai ke timur, Kawasan Industri Kendal termasuk pionir yang membantu tenant mengajukan mendapatkan tax holiday," tambah Juliani.

Ke depan, terangnya, akan lebih banyak lagi perusahaan di Kawasan Industri Kendal yang mengajukan insentif fiskal setelah beberapa syarat terpenuhi.

"Mereka sekarang masih ada yang dalam tahap konstruksi, dan menang ada regulasinya mengajukan tax holiday, mereka ajukan sebelum beroperasi secara komersil. Jadi nanti akan diikuti tenant lainnya," papar Juliani. 

Lebih lanjut, Juliani menegaskan selain dapat mengajukan tax holiday, perusahaan yang berinvestasi di KEK Kendal juga mendapatkan keuntungam lainnya seperti upah minimum regional (UMR) yang kompetitif, serta banyaknya tenaga kerja produktif. 

"Artinya, KEK Kendal merupakan tempat yang layak dipertimbangkan untuk lokasi investasi. Kami juga sudah kompak dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan kemudahan perizinan investasi dan kenyamanan wilayah baagi investor," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…