Cetak Sejarah! Kawasan Industri Kendal Sukses Antar Dua Tenant-nya Nikmati Manisnya Tax Holiday

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 April 2021 - 19:50 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri Kendal yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berhasil membantu dua tenant-nya mendapatkan insentif libur pajak atau tax holiday dari pemerintah. 

Adapun kedua perusahaan tersebut yaitu PT Master Kidz Indonesia yang berasal dari Hongkong dan PT Sinar Harapan Plastik yang berasal dari Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memproduksi mainan anak. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memberikan banyak fasilitas dan insentif kepada investor yang mau menanamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus, salah satunya insentif libur pajak. 

Insentif libur pajak (tax holiday) sendiri diberikan mulai dari 10 sampai 20 tahun tergantung dari besarnya nilai investasi.

Head of Sales and Marketing Kawasan Industri Kendal Juliani Kusumaningrum mengatakan, upaya tersebut menjadi bukti nyata bahwa pengelola Kawasan Industri Kendal telah menjalankan fungsinya dengan baik. 

"Dengan berhasilnya dua tenant mendapatkan tax holiday ini, menjadi bukti komitmen Kawasan Industri Kendal yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan berusaha bagi investor yang ada," terangnya di Menara Batavia, Selasa (6/4/2021)

"Dari 15 KEK di Indonesia dari barat sampai ke timur, Kawasan Industri Kendal termasuk pionir yang membantu tenant mengajukan mendapatkan tax holiday," tambah Juliani.

Ke depan, terangnya, akan lebih banyak lagi perusahaan di Kawasan Industri Kendal yang mengajukan insentif fiskal setelah beberapa syarat terpenuhi.

"Mereka sekarang masih ada yang dalam tahap konstruksi, dan menang ada regulasinya mengajukan tax holiday, mereka ajukan sebelum beroperasi secara komersil. Jadi nanti akan diikuti tenant lainnya," papar Juliani. 

Lebih lanjut, Juliani menegaskan selain dapat mengajukan tax holiday, perusahaan yang berinvestasi di KEK Kendal juga mendapatkan keuntungam lainnya seperti upah minimum regional (UMR) yang kompetitif, serta banyaknya tenaga kerja produktif. 

"Artinya, KEK Kendal merupakan tempat yang layak dipertimbangkan untuk lokasi investasi. Kami juga sudah kompak dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan kemudahan perizinan investasi dan kenyamanan wilayah baagi investor," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…