Akhirnya, Pemerintah Bawa Kabar Gembira yang Ditunggu-tunggu Jutaan Pelaku UMKM: Plafon KUR Tanpa Jaminan Naik Menjadi Rp100 Juta, Bunga 6%!

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 06 April 2021 - 16:25 WIB

Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Usai menggelar rapat terbatas kabinet bersama Presiden RI kemarin (5/4), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen pemerintah mendukung UMKM di masa pandemi Covid-19 terus berlanjut dan semakin meningkat.

Pasalnya, sesuai arahan Presiden Jokowi, tahun ini Pemerintah akan memberikan besaran plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan menjadi Rp100 juta atau meningkat dari tahun sebelumnya yakni Rp50 juta.

Penyesuaian besaran KUR ini, menurut Airlangga dilakukan sesuai arahan Presiden, dimana Ia meminta porsi pembiayaan UMKM mampu mencapai level lebih dari 30% di tahun 2024 mendatang.

Adapun untuk saat ini, porsi pembiayaan kredit UMKM berada di level 18% - 20%.

“Sejauh ini realisasi KUR tahun 2020 sudah mencapai Rp198,53 triliun atau lebih besar 104% dari target,” kata Airlangga, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (6/4/2021).

Sementara itu, pelaku usaha juga bisa bernafas lega pasalnya Presuden Jokowi juga meminta tingkat suku bunga untuk kredit UMKM dapat bersaing.

"Presiden Jokowi meminta tingkat suku bunga bersaing di angka kisaran 6%," tegasnya.

“Untuk itu perlu dibuatkan program, bisa dengan program penjaminan melalui Askrindo/Jamkrindo diperbesar, bisa juga dengan pemberian subsidi bunga KUR yang reguler, yang normal, di luar PEN, yang besarnya biasanya Rp10 triliun,” tandas Airlangga.

Sedangkan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki menegaskan rasa optimistisnya dengan hadirnya kebijakan baru tersebut, UMKM indonesia dapat bertahan dan naik kelas.

"Kebijakan UMKM tersebut akan membuat UMKM Indonesia naik level," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 KRI Teluk Hading 538

Senin, 19 April 2021 - 04:30 WIB

KRI Teluk Hading 538 Angkut 450 Prajurit Yonif 100 Raider Menuju Pelabuhan Belawan Medan

KRI Teluk Hading 538 salah satu unsur Kolinlamil melaksanakan operasi angkutan laut militer yang mengangkut pasukan Batalion Infanteri (Yonif) 100 Prajurit Setia Raider setelah selesai melaksanakan…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…