Fitur Director's View Galaxy S21 Ultra 5G Bantu Pembuatan Film Epic

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 05 April 2021 - 18:06 WIB

Angga Dwimas Sasongko, sutradara ternama Indonesia, merasakan kecanggihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dibekali fitur Director’s View ketika membuat film epic. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)
Angga Dwimas Sasongko, sutradara ternama Indonesia, merasakan kecanggihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dibekali fitur Director’s View ketika membuat film epic. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era digital saat ini, video merupakan konten yang banyak digemari social expressor, pecinta film ataupun para profesional. Karena itu, hal tersebut mendorong minat para pengguna smartphone untuk terus membuat konten video. Belum lagi, semakin bertambahnya platform yang menayangkan berbagai hasil konten video tersebut secara online.

Kemunculan gejala sosial masyarakat dalam hal penggunaan smartphone seperti di atas mendorong Samsung berinovasi dengan menciptakan fitur terbaru, yaitu Director's View. Fitur ini ditempatkan Samsung pada smartphone teranyar Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Dengan fitur baru ini, Samsung ingin menghadirkan pengalaman menggunakan kamera smarphone untuk memperoleh hasil video yang profesional. Fitur Director's View tersebut menjadi jendea baru untuk melihat angle yang ada.

Miranda Warokka, IT & Mobile Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), mengemukakan, seluruh masyarakat baik social expresor, movie creator, penikmat film, hingga sineas Indonesia, melalui inovasi tersebut dapat memperoleh pengalaman yang epic dari film pendek “The Epic Movie” persembahan Samsung Electronics Indonesia melalui Galaxy Movie Studio 2021.

“Kami semakin optimistis, semua orang mampu membuat film pendek yang epic berkat dukungan smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang ada di genggaman mereka,” tutur Miranda.

Miranda mengungkapkan, fitur Director's View pada Galaxy S21 Ultra 5G memungkinkan para penggunanya dapat memilih lensa yang tepat untuk digunakan merekam video. Smartphone ini dibekali empat jenis kamera utama, yaitu Wide Camera berkapasitas 108 megapixel (MP), Ultra Wide Camera 12 MP, Telephoto 10 MP dan Periscope Telephoto 10 MP.

“Fitur Director's View akan menyajikan tampilan kamera tersebut sekaligus tanpa jeda penggantian lensa, sehingga pengambilan gambar akan semakin mudah. Tampilan video akan berganti ke berbagai angle berbeda dalam satu momen yang sama,” jelas Miranda.

Lebih lanjut Miranda mengungkapkan, ketika mengambil video, maka ada Live Thumbnails yang menampilkan footage atau rekaman setiap lensa. Live Thumbnails ini terletak di kanan atas Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Karena itu, posisi Live Thumbnails tidak mengganggu pengguna ketika merekam video dengan menggunakan fitur Director's View.

Bahkan, bagaikan seorang sutradara profesional, pengguna dapat memilih hasil rekaman video tersebut melalui lensa yang dianggapnya tepat dan terbaik, dengan hanya menyentuh Live Thumbnails.

Jika ternyata lensa yang dimaksud kurang tepat, maka pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dapat dengan mudah mengalihkan hasil rekaman yang berasal dari lensa berikutnya. Sementara itu, pengguna dapat dengan mudah memunculkan dan menghilangkan Live Thumbnails hanya dengan mengetuk layar smartphone.

Ketika pertama kali diajak bergabung di Samsung Galaxy Movie Studio (GMS), sutradara Angga Dwimas Sasongko tertantang untuk menghasilkan suatu karya film pendek dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang terdapat di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Angga ingin mengetahui lebih jauh bagaimana fitur kamera berkapasitas 108 MP dan fitur Director’s View yang dimiliki Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dapat menjadi jendela baru untuk melihat angle yang ada.

“Ternyata, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki kecanggihan yang membantu saya lebih jauh untuk mengeksplorasi film epic, seperti yang dapat dinikmati kita semua,” kata Angga ketika itu.

Ketika mengaktifkan fitur Director’s View, pengguna juga dapat mengaktifkan Vlogger Mode. Pengguna dapat semakin merasakan kecanggihan smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ketika mengambil gambar untuk kebutuhan vlogging dengan fitur Vlogger Mode tersebut.

Dalam pembuatan film epic di Samsung Galaxy Movie Studio 2021, kecanggihan fitur Director’s View  berpadu dengan fitur kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Pada proses tersebut, perpaduan kamera belakang Samsung Galaxy S21 Ultra menghasikan gambar berkualitas tinggi hingga dapat merekam video beresolusi 8K.

Perpaduan fitur Director’s View dengan fitur kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G akan semakin optimal karena didukung oleh kinerja processor Exynos 2100, yaitu chipset pertama Samsung yang sudah terintegrasi secara 5G. Processor ini memiliki kecepatan 30 persen lebih besar dibanding Exynor generasi pendahulunya dan 10 persen lebih hemat daya.

Karena pemrosesan video dari setiap lensa kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G membutuhkan daya yang cukup besar, maka Samsung mengantisipasi hal ini dengan membekali smarphone tersebut dengan baterai berkapasitas 5.000 miliAmperhour (mAh) agar fitur Director’s View dapat berfungsi dengan bebas.

Sementara itu, Galaxy Movie Studio 2021 telah mengumumkan Kenza Luthfia sebagai pemenang yang turut serta dalam proses pembuatan film pendek oleh Angga Dwimas Sasongko.

Kenza mengatakan,” Kesempatan bekerja sama dengan sutradara profesional seperti Angga Dwimas Sasongko adalah sebuah pengalaman yang kelak dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun lebih serius lagi ke dalam industri film Indonesia.”

Kenza mengungkapkan, dirinya dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya dan memperoleh pengalaman terbaik bersama Angga Dwimas Sasongko di film pendek “The Epic Movie” yang diproduksi dengan menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan memanfaatkan fitur Director's View.

“Saya senang bisa memperoleh kesempatan seperti ini. Semoga teman-teman yang ingin membuat video layaknya film, terus berusaha dan tidak berhenti menggali informasi dan memanfaatkan teknologi yang ada,” imbuh Kenza.

Film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “The Epic Movie” merupakan wujud apresiasi Samsung terhadap industri perfilman Indonesia dan juga sineas muda berbakat Indonesia. Miranda menegaskan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Perfiman Musik dan Media Baru yang mendukung segala upaya Samsung di Galaxy Movie Studio 2021 tersebut.

“Semoga dukungan kepada film pendek kami dapat menjadi sarana untuk memberikan inspirasi dan menumbuhkan semangat yangn tinggi bagi para sineas muda dan para pelaku industri film Indonesia,” pungkas Miranda.

Karena itu, guna mengetahui perkembangan film pendek “The Epic Movie” dan merasakan the epic movement together with Samsung, para pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G diharapkan untuk terus memantau berbagai kegiatan dan perkembangan di Galaxy Movie Studio 2021 ini.

Agar tidak ketinggalan momen epic pada proses pembuatan film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “The Epic Movie” ini, maka para pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G diminta untuk terus meng-update proses tersebut melalui media sosial Samsung Indonesia di @SamsungIndonesia #GalaxyMovieStudio2021. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…