Fitur Director's View Galaxy S21 Ultra 5G Bantu Pembuatan Film Epic

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 05 April 2021 - 18:06 WIB

Angga Dwimas Sasongko, sutradara ternama Indonesia, merasakan kecanggihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dibekali fitur Director’s View ketika membuat film epic. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)
Angga Dwimas Sasongko, sutradara ternama Indonesia, merasakan kecanggihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dibekali fitur Director’s View ketika membuat film epic. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era digital saat ini, video merupakan konten yang banyak digemari social expressor, pecinta film ataupun para profesional. Karena itu, hal tersebut mendorong minat para pengguna smartphone untuk terus membuat konten video. Belum lagi, semakin bertambahnya platform yang menayangkan berbagai hasil konten video tersebut secara online.

Kemunculan gejala sosial masyarakat dalam hal penggunaan smartphone seperti di atas mendorong Samsung berinovasi dengan menciptakan fitur terbaru, yaitu Director's View. Fitur ini ditempatkan Samsung pada smartphone teranyar Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Dengan fitur baru ini, Samsung ingin menghadirkan pengalaman menggunakan kamera smarphone untuk memperoleh hasil video yang profesional. Fitur Director's View tersebut menjadi jendea baru untuk melihat angle yang ada.

Miranda Warokka, IT & Mobile Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), mengemukakan, seluruh masyarakat baik social expresor, movie creator, penikmat film, hingga sineas Indonesia, melalui inovasi tersebut dapat memperoleh pengalaman yang epic dari film pendek “The Epic Movie” persembahan Samsung Electronics Indonesia melalui Galaxy Movie Studio 2021.

“Kami semakin optimistis, semua orang mampu membuat film pendek yang epic berkat dukungan smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang ada di genggaman mereka,” tutur Miranda.

Miranda mengungkapkan, fitur Director's View pada Galaxy S21 Ultra 5G memungkinkan para penggunanya dapat memilih lensa yang tepat untuk digunakan merekam video. Smartphone ini dibekali empat jenis kamera utama, yaitu Wide Camera berkapasitas 108 megapixel (MP), Ultra Wide Camera 12 MP, Telephoto 10 MP dan Periscope Telephoto 10 MP.

“Fitur Director's View akan menyajikan tampilan kamera tersebut sekaligus tanpa jeda penggantian lensa, sehingga pengambilan gambar akan semakin mudah. Tampilan video akan berganti ke berbagai angle berbeda dalam satu momen yang sama,” jelas Miranda.

Lebih lanjut Miranda mengungkapkan, ketika mengambil video, maka ada Live Thumbnails yang menampilkan footage atau rekaman setiap lensa. Live Thumbnails ini terletak di kanan atas Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Karena itu, posisi Live Thumbnails tidak mengganggu pengguna ketika merekam video dengan menggunakan fitur Director's View.

Bahkan, bagaikan seorang sutradara profesional, pengguna dapat memilih hasil rekaman video tersebut melalui lensa yang dianggapnya tepat dan terbaik, dengan hanya menyentuh Live Thumbnails.

Jika ternyata lensa yang dimaksud kurang tepat, maka pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dapat dengan mudah mengalihkan hasil rekaman yang berasal dari lensa berikutnya. Sementara itu, pengguna dapat dengan mudah memunculkan dan menghilangkan Live Thumbnails hanya dengan mengetuk layar smartphone.

Ketika pertama kali diajak bergabung di Samsung Galaxy Movie Studio (GMS), sutradara Angga Dwimas Sasongko tertantang untuk menghasilkan suatu karya film pendek dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang terdapat di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Angga ingin mengetahui lebih jauh bagaimana fitur kamera berkapasitas 108 MP dan fitur Director’s View yang dimiliki Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dapat menjadi jendela baru untuk melihat angle yang ada.

“Ternyata, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki kecanggihan yang membantu saya lebih jauh untuk mengeksplorasi film epic, seperti yang dapat dinikmati kita semua,” kata Angga ketika itu.

Ketika mengaktifkan fitur Director’s View, pengguna juga dapat mengaktifkan Vlogger Mode. Pengguna dapat semakin merasakan kecanggihan smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ketika mengambil gambar untuk kebutuhan vlogging dengan fitur Vlogger Mode tersebut.

Dalam pembuatan film epic di Samsung Galaxy Movie Studio 2021, kecanggihan fitur Director’s View  berpadu dengan fitur kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Pada proses tersebut, perpaduan kamera belakang Samsung Galaxy S21 Ultra menghasikan gambar berkualitas tinggi hingga dapat merekam video beresolusi 8K.

Perpaduan fitur Director’s View dengan fitur kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G akan semakin optimal karena didukung oleh kinerja processor Exynos 2100, yaitu chipset pertama Samsung yang sudah terintegrasi secara 5G. Processor ini memiliki kecepatan 30 persen lebih besar dibanding Exynor generasi pendahulunya dan 10 persen lebih hemat daya.

Karena pemrosesan video dari setiap lensa kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G membutuhkan daya yang cukup besar, maka Samsung mengantisipasi hal ini dengan membekali smarphone tersebut dengan baterai berkapasitas 5.000 miliAmperhour (mAh) agar fitur Director’s View dapat berfungsi dengan bebas.

Sementara itu, Galaxy Movie Studio 2021 telah mengumumkan Kenza Luthfia sebagai pemenang yang turut serta dalam proses pembuatan film pendek oleh Angga Dwimas Sasongko.

Kenza mengatakan,” Kesempatan bekerja sama dengan sutradara profesional seperti Angga Dwimas Sasongko adalah sebuah pengalaman yang kelak dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun lebih serius lagi ke dalam industri film Indonesia.”

Kenza mengungkapkan, dirinya dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya dan memperoleh pengalaman terbaik bersama Angga Dwimas Sasongko di film pendek “The Epic Movie” yang diproduksi dengan menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan memanfaatkan fitur Director's View.

“Saya senang bisa memperoleh kesempatan seperti ini. Semoga teman-teman yang ingin membuat video layaknya film, terus berusaha dan tidak berhenti menggali informasi dan memanfaatkan teknologi yang ada,” imbuh Kenza.

Film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “The Epic Movie” merupakan wujud apresiasi Samsung terhadap industri perfilman Indonesia dan juga sineas muda berbakat Indonesia. Miranda menegaskan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Perfiman Musik dan Media Baru yang mendukung segala upaya Samsung di Galaxy Movie Studio 2021 tersebut.

“Semoga dukungan kepada film pendek kami dapat menjadi sarana untuk memberikan inspirasi dan menumbuhkan semangat yangn tinggi bagi para sineas muda dan para pelaku industri film Indonesia,” pungkas Miranda.

Karena itu, guna mengetahui perkembangan film pendek “The Epic Movie” dan merasakan the epic movement together with Samsung, para pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G diharapkan untuk terus memantau berbagai kegiatan dan perkembangan di Galaxy Movie Studio 2021 ini.

Agar tidak ketinggalan momen epic pada proses pembuatan film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “The Epic Movie” ini, maka para pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G diminta untuk terus meng-update proses tersebut melalui media sosial Samsung Indonesia di @SamsungIndonesia #GalaxyMovieStudio2021. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Prajurit Yontaifib 2 Mar Surabaya

Minggu, 09 Mei 2021 - 06:00 WIB

Prajurit Yontaifib 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Menembak

Dalam rangka mengasah kemampuan prajurit dalam menembak dan untuk mempererat tali silaturahmi di bulan Ramadhan, Prajurit Yontaifib 2 Mar dan prajurit Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut berlatih…

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Menbanpur 1 Mar Berbuka 650 Takjil Sebagai Berkah Ramadhan

Dalam rangka berbagi kebaikan dalam Bulan Ramadhan ini, Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) membagikan takjil dan hidangan nasi kotak untuk berbuka puasa kepada Yayasan…

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…