Komisi VII Minta Inalum Peduli Kondisi Masyarakat Sekitar Lokasi Tambang

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 03 April 2021 - 19:04 WIB

Pekerja di Pabrik INALUM
Pekerja di Pabrik INALUM

INDUSTRY co.id - nbsp;Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe menyatakan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) perlu memiliki kepedulian lebih terhadap kondisi masyarakat sekitar. 

Menurutnya, Inalum perlu menyusun secara rapih program dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan masyarakat. 

Ia menilai sebaiknya program CSR itu lebih difokuskan pada sektor pendidikan, lingkungan hidup dan sosial yang benar-benar langsung berdampak pada masyarakat.

  "Kami meminta Inalum peduli kepada kabupaten atau penduduk sekitarnya by CSR atau by apa, supaya difokuskan ke bidang pendidikan, bidang social, sehingga masyarakat merasakan Inalum ini punya potensi yang besar di Indonesia,” kata legislator dapil Sumatera Utara I saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke PT Inalum Kuala Tanjung, di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Kamis lalu.

  Harapan akan kebermanfaatan progam CSR oleh PT Inalum pun turut diutarakan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno. Sektor pendidikanpun menjadi fokus yang ditekankan olehnya. 

"CSR itu harus menghadirkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, terutama pendidikan yang mampu memberikan manfaat untuk Inalum, dalam artian bahwa putra-putri terbaik yang ada di kawasan ini, di Batubara, di daerah Asahan, dan lainnya itu bisa dididik bahkan mendapatkan kesempatan pendidikan tinggi universitas di luar negeri dengan CSR,” tuturnya.

  Politisi PAN itu menambahkan, beasiswa itu tentunya akan memberi dampak positif bagi masa depan PT Inalum, dimana putra putri terbaik yang memperoleh beasiswa akan berkontribusi kembali bagi pengembangan dari perusahaan alumunium pelat merah tersebut. 

Komisi VII DPR RI akan melakukan pengawasan lebih lanjut terhadap program itu. 

"Nanti kita juga akan melihat lebih lanjut lagi, supaya tidak ada masyarakat yang merasa ditinggalkan atau tertinggal dan tidak bisa menikmati kehadiran positif dari Inalum,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:00 WIB

Perlunya Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gender Online Agar Mencegah Meningkatknya Kasus Baru

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Ilustrasi penelitian vaksin (rino/industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 12:49 WIB

Fakultas Kedokteran Ini Lakukan Riset Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19, Temuannya Mengerikan...!

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini mengeluarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balai Penelitian dan…

Gubernur Anies Bersepeda atau Bike To Work

Senin, 21 Juni 2021 - 12:23 WIB

Gubernur Anies Bersepeda ke Balai Kota (Bike To Work), Netizen: Luar Biasa! Jawaban Cerdas...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pagi ini mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang bersepeda menuju Kantor Balai Kota Jakarta. Dalam unggahan di jejaring media sosialnya…

Jepang Hadirkan Masker Terbuat dari Roti Melon yang bisa dimakan (Dok: Soranews24)

Senin, 21 Juni 2021 - 12:15 WIB

Ada-Ada Saja, Jepang Hadirkan Masker Roti Melon yang Dapat dimakan

Di masa pandemi ini menggunakan masker sudah menjadi kebutuhan sehari-hari jika berpergian ke luar rumah. Seperti yang diketahui, umumnya orang-orang menggunakan masker medis ataupun terbuat…

Doge listing di Zipmex

Senin, 21 Juni 2021 - 12:02 WIB

Per 17 Juni 2021, Aset Kripto DOGE Hadir di Platform Zipmex

Peluncuran DOGE ke dalam platform Zipmex Indonesia dilakukan bersamaan dengan tiga aset kripto ternama lainnya, yakni Stellar Lumen (XLM), Cardano (ADA), dan Binance Coin (BNB).