Jufi dan YBM PLN Gelar Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 30 Maret 2021 - 14:07 WIB

Jurnalistik (Foto Pelajaran.co.id)
Jurnalistik (Foto Pelajaran.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Ketua Bidang 1 YBM PLN Kantor Pusat, Hadi Suharto, mengatakan, YBM PLN sebagai lembaga zakat yang tersebar di beberapa daerah, diamanahi melalui berbagai program untuk membahagiakan kaum dhuafa dan para asnaf.

“Terlebih saat memasuki bulan suci Ramadhan, kami punya banyak program untuk dijalankan, sekaligus publikasi kepada masyarakat luas, sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban kami,” kata Hadi di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Melalui Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi), diharapkan, para amil zakat yang terlibat di YBM PLN, khususnya yang bertugas dalam bidang publikasi, dapat mensyiarkan kegiatan Ramadhan nanti melalui konten Web YBM PLN dan media sosial.

“Materi yang bersifat teoritis dan praktek, juga diharapkan selaras dengan harapan YBM PLN Pusat dengan unit lainnya dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan kami. Untuk menjaga nama baik YBM PLN, kami harapkan dapat menghindari konten-konten yang mengundang polemik di masyarakat. Semoga pelatihan ini memberi manfaat bagi kami, sehingga terjalin komunikasi antara muzakki, pihak pengelola dan masyarakat umum. Saya ucapkan terima kasih kepada Jufi yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan pelatihan ini,” ungkap Hadi.

Acara dibuka oleh Ketua Bidang 1 YBM PLN Kantor Pusat, Hadi Suharto. Dihadiri pula Pengurus Bidang 1 YBM PLN Kantor Pusat, Aditya Yudanto dan Iriyanto Resi serta para Pengurus YBM PLN Unit lainnya.

Acara dimulai pada pukul 09.00. Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan diisi oleh pemateri dari Jufi. Materi I bertema “Urgensi Dakwah Menulis Berita”, disampaikan oleh wartawan Voa-Isalam.com, Ibnu Syafaat. Dilanjutkan Materi II tentang “Jurnalistik Kemanusiaan” disampaikan oleh Muhyiddin yang juga merupakan wartawan senior Republika. Bakda Ashar dilanjutkan dengan Materi III tentang “Teknik Wawancara dan Menulis Berita”, disampaikan oleh Adhes Satria yang juga jurnalis Maslahatumat.com. Pada hari kedua, Rabu, 31 Maret 2021, pelatihan dilanjutkan dengan Materi IV bertema “Jurnalis Sosial Media” , disampaikan oleh Ilham Anugrah.

Menutup pelatihan , akan disampaikan Presentasi Hasil Praktek Lapangan, yang dibimbing oleh Koordinator Jufi, Adhes Satria.

Sementara itu, Koordinator Jufi, Adhes Satria, dalam sambutannya, berharap, sinergi Jufi dengan YBM PLN terus berlanjut.

“Kerjasama ini diharapkan memberi manfaat dan masalahat untuk umat. Untuk membangun sinergi tersebut, perlu berjamaah, tak bisa berjalan sendiri,” ujar Adhes.

Perlu diketahui, Jufi singkatan dari Jurnalis Filantropi Indonesia, sebuah perkumpulan jurnalis (media cetak, onlnine, dan elektronik), atau mereka yang terlibat dengan dunia literasi, informasi dan digitalisasi. Mereka adalah para influencer, vloger, bloger, youtubers, citizen journalism, film maker dan pekerja kreatif lainnya.

Perkumpulan ini tergerak dari rasa kepedulian kami terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan (humanity) di negeri ini khususnya, dan belahan dunia lain pada umumnya.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap bencana. Karena itu Jufi bukan hanya concern terhadap peristiwa kebencanaan, tapi juga kemiskinan dan dampak yang ditimbulkannya. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengguna Sepeda

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:11 WIB

Allianz Berikan Perlindungan Bagi Pengguna Sepeda dan Motor

Aktivitas olahraga outdoor menjadi pilihan yang makin digemari berbagai kalangan, khususnya didorong oleh situasi pandemi yang membuat masyarakat harus menjaga kebugaran tubuh sembari selalu…

Diskusi perbenihan jagung

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:02 WIB

Perketat Mutu Jagung Hibrida, Kementan Tingkatkan Penggunaan Benih Unggul

Kebutuhan jagung sebagai bahan pangan dan pakan secara nasional sangat tinggi dengan sasaran produksi tahun 2021 mencapai 23 juta ton. Hal ini perlu di dukung penyediaan benih jagung varietas…

Dialog Nasional bertema Kiprah 17 Tahun Obat Modern Asli Indonesia Fitofarmaka

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:50 WIB

Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Kemenkes dan BPOM Ajak Seluruh Masyarakat Konsumsi Obat Modern Asli Indonesia

Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya mengatakan, di tengah meningkatnya kasus Covid-19 semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengonsumsi imunomodulator…

Ninja Express (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:43 WIB

Ninja Xpress Catatkan Kota Jakarta dan Sekitarnya Sumbang 26% Pengiriman Nasional Selama Ramadan 2021

Di tengah momentum Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ninja Xpress apresiasi warga Jakarta dan sekitarnya atas kontribusi nyata dalam membantu memperbaiki roda perekonomian Indonesia dengan melakukan…

Produk Daypack Leuser (Dok: Leuser Adventure Shop)

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:15 WIB

Berburu Perlengkapan Outdoor di Leuser Adventure Shop, Ada Diskon Menarik, Lho!

Pemerintah Indonesia telah memberikan pelonggaran terhadap wisatwan untuk berwisata ke berbagai daerah Indonesia sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Akan tetapi,…