Polda NTT Ungkap Jaringan Narkoba Antar Provinsi, Satu Karyawan BUMN dan Dua Lagi Swasta

Oleh : Kormen Barus | Senin, 22 Maret 2021 - 11:55 WIB

Tersangka kasus narkoba (Foto Dok Industry.co.id)
Tersangka kasus narkoba (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Kupang-Aparat keamanan dari Reserse Narkoba Polda NTT kembali mengungkap peredaran narkoba antar kota dalam Provinsi NTT dan juga antar provinsi. Kali ini, polisi dari Subdit 1 Direktorat Narkoba NTT mengamankan tiga pemakai dan pengedar narkorba di lokasi berbeda yakni Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao NTT, dan Kota Malang, Jawa Timur.

Melansir pemberitaan resmi Polri, Tribratanews.polri.go.id, Senin (22/3/2021),ketiga pria ini diamankan pada waktu yang berbeda. Dua pria merupakan karyawan swasta dan satu orang merupakan karyawan BUMN.

Direktur Narkoba Polda NTT, Kombes Pol AF Indra Napitupulu, melalui Kasubdit 1 Direktorat Narkoba Polda NTT, Kompol I Gd Ngurah Jony Mahardika, mengakui awalnya pihaknya mengamankan JF alias Fox, 45, warga Kelurahan Naikoten, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT. Dari JF, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 paket narkoba jenis shabu yang disembunyikan dalam kamar di rumahnya.

“Kita amankan satu paket shabu di dalam kamar JF yang dibungkus dalam plastik,” ujar Kompol I Gd Ngurah Jony Mahardika, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/3). JF sendiri pernah berurusan dengan polisi di Polres Kupang Kota beberapa tahun lalu karena kepemilikan dan peredaran narkoba namun bebas setelah menjalani hukuman. Dari pengakuan JF, polisi berhasil meringkus tersangka AM yang berpofesi sebagai ASN disebuah BUMN. JF mengaku mendapatkan shabu dari AM alias Aris, 38, warga Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, NTT, "ujarnya.

Kombes Pol AF Indra Napitupulu, menjelaskan, JF dan AM sudah saling kenal. JF mengaku baru dua kali memesan barang (shabu) dari AM. Satu paket shabu dibeli JF dari AM seharga Rp 2 juta. Polisi lalu ke Kabupaten Rote Ndao memeriksa dan menggeledah AM. Polisi juga mengamankan alat hisap dan bong serta dari hasil tes urine menunjukan, AM positif memakai narkoba. Tidak sampai disitu, polisi memeriksa tersangka AM dan kepada polisi yang diakui mendapatkan pasokan narkoba dari Kota Malang, Jawa Timur.

“AM mengaku selalu memesan narkoba dari ES, 31, seharga Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Kami dari Subdit 1 Dit Narkoba Polda NTT menjemput ES ke Kota Malang, Jawa Timur,” katanya.

Dari ES, polisi tidak mendapatkan barang bukti namun ES terbukti sebagai pemasok shabu untuk AM. AM kemudian mengedarkan lagi ke JF. ES dan AM mengaku sudah lama menjalin hubungan pertemanan dan mengedarkan narkoba. “ES mengaku baru dua kali mengirim ke AM. Sementara JF mengaku sudah dua kali membeli shabu di AM,” sebutnya.

Ditambahkan, saat ini polisi menahan JF, AM dan ES di sel Mapolda NTT untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai ketentuan dan undang-undang yang berlaku. “Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka dan kita sudah tahan,” tambahnya. Kepada ketiga tersangka, polisi menjerat dengan pasal 114 dan pasal 112 KUHP undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Para tersangka dikategorikan sebagai pengedar dan pengguna narkotika jenis shabu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.