Tekan Impor Baja, Gobel: Yang Saya Pahami Tujuan Didirikannya Krakatau Steel Ini untuk Memperkuat NKRI

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 16 Maret 2021 - 19:49 WIB

Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)
Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel didampingi Anggota Komisi V dan VI mengunjungi PT Krakatau Steel (Persero). 

Dalam Kunjungan tersebut Gobel mengungkapkan, Krakatau Steel merupakan industri strategis, industri yang bersifat jangka panjang dan juga padat modal dan padat teknologi. 

Sehingga dia pun mendorong agar perusahaan ini turut serta memperkuat NKRI dari bidang industri.

"Kita harus memikirkan industri strategis, jangka panjang, padat modal dan padat padat teknologi seperti Krakatau Steel," jelas Gobel di Cilegon, Banten, Selasa (16/3/2021). 

Menurut Rahmat Gobel, tujuan utamanya dibangunnya Krakatau Steel ini adalah untuk memperkuat NKRI. 

"Yang saya pahami tujuan didirikannya Krakatau Steel ini untuk memperkuat NKRI. Karena kalau steel kita selalu impor, baja kita impor, kita tidak akan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sementara pasar Indonesia ini sangat luar biasa," ungkapnya.

Menurut pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan ini menilai Krakatau Steel tidak hanya sekedar pabrik yang menyediakan lapangan pekerjaan.

Lebih dari pada itu, Karakatau Steel punya tanggung jawab untuk memperkuat kepentingan nasional.

Menurutnya membangun industri itu lebih komplek, ada penelitian yang serius dan dalam, ada pembangunan sumber daya manusia, lingkungan dan lain sebagainya.

"Sebagai negara besar kita harus membangun industri. Sebagai NKRI, bagaimana investasi yang kita udang ini memperkuat NKRI. Bukan cuma sekedar menyediakan lapangan kerja," ujar Gobel.

Dalam kesempatan tersebut, Gobel juga turut mengapresiasi Direktur Utama Krakatau Steel yang telah mampu membawa perubahan secara bertahap dan menata manajemen ke arah yang lebih baik. 

Namun demikian, ia berharap agar Krakatau Steel bisa mengurangi impor dalam hal memenuhi kebutuhan pelat baja untuk industri otomotif.

"Bagaimana Krakatau Steel bisa mengurangi import produk pelat untuk otomotif, karena itu masih tinggi, bagaimana Krakatau Steel bisa mengambil posisi seperti itu, pelan-pelan, di samping membenahi yang ada," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…