Menperin Agus Bawa Kabar Baik dari Jepang, Tiga Pabrik Sepatu ASICS Bakal Segera Relokasi dari China ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 11 Maret 2021 - 08:30 WIB

Produsen sepatu asal Jepang, ASICS
Produsen sepatu asal Jepang, ASICS

INDUSTRY co.id - Jakarta - Produsen sepatu asal Jepang, ASICS akan segera merelokasi tiga pabriknya dari China ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan ASICS di hari pertama kunjungan kerjanya ke Jepang (10/3/2021).

"Ada tiga pabrik baru sepatu ASICS relokasi dari China ke Indonesia yang sedang dalam tahap pembangunan," katanya.

Dijelaskan Menperin, produsen sepatu asal Jepang tersebut menyatakan komitmennya untuk mengembangkan produksi di Indonesia, antara lain di Cirebon, Jawa Barat dan Tegal, Jawa Tengah yang akan mulai produksi pada Januari 2022.

Kemudian di Pemalang, Jawa Tengah yang akan mulai produksi pada Maret 2023. Perusahaan tersebut berencana merelokasi fasilitasnya dari China ke Indonesia.

"Menarik karena ASICS mengekspor hampir 90% produk yang dihasilkan di Indonesia ke negara-negara besar seperti Amerika Serikat," ungkapnya.

Pada hari yang sama, Menperin Agus juga melakukan pertemuan dengan asosiasi bisnis Jepang KEIDANREN, Japan External Trade Organization (JETRO), dan perusahaan otomotif Mitsubishi Motor Corporations.

pada hari kedua di Jepang, Menperin direncanakan bertemu dengan prinsipal otomotif lainnya seperti Toyota Motor Corporation, Honda Motor Company.Ltd, Suzuki Motor Corporation, Mazda Motor Corporation

Pertemuan yang dilakukan Menperin di Jepang diatur dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan peserta delegasi yang terbatas.

Kunjungan Menperin kali ini merupakan kunjungan kerja menteri pertama di dunia yang diterima secara resmi oleh pemerintah Jepang semenjak negara Sakura tersebut menetapkan status State of Emergency. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan mitra bilateral yang sangat penting bagi Jepang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tyna Kanna Mirdad di Acara Kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale secara daring, Kamis (17/6/2021).

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:00 WIB

Quality Time ala Tyna Kanna Mirdad Selama Pandemi Bersama Keluarga

Sudah setahun lamanya pandemi menyerang dunia, semua kegiatan yang biasa dilakukan di luar ruangan kini beralih dilakukan di dalam rumah. Tentu ini sangat membuat orang merasa jenuh. Namun,…

Indonesia Financial Group IFG

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:00 WIB

IFG Tujuk Rivan Achmad Purwantono Sebagai Direktur Utama PT Jasa Raharja

Segenap jajaran Manajemen PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG) BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan mengucapkan terima…

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto bersama Dirjen IKFT Kemenperin Muhammad Khayam (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:40 WIB

Asaki 'Acungi Jempol' Langkah Menperin Agus Perpanjang Safeguard Keramik

Asosiasi aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi langkah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memperpanjang safeguard ubin keramik yang akan berakhir pada Oktober 2021.

Ketua Hipmi Mardani H.Maming

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:30 WIB

Maming: HIPMI Dorong Investor Besar Gandeng UMKM

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) dijadwalkan akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Percepatan Investasi dengan Kementerian Investasi/BKPM…

Mobile Legend (dok)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:10 WIB

Ini Aplikasi Game Penghasil Uang Tercepat dan Terbukti Memberi Bayaran

Keberadaan mobile game saat ini terus mengalami perkembangan. Hal ini membuat fungsi dari smartphone tidak hanya untuk keperluan hubungi orang lain saja namun juga bisa digunakan untuk kebutuhan…