Dahsyat! Gegara Program Ini, Nadiem Berhasil Bikin Guru-guru se-Indonesia Senang Bukan Kepalang...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Maret 2021 - 21:23 WIB

Mendikbud Nadiem Makarim (foto Antara)
Mendikbud Nadiem Makarim (foto Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menuai pujian dari para guru usai meluncurkan program Guru Belajar dan Guru Berbagi.

Pasalnya, menurut guru-guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini, program Guru Belajar dan Guru Berbagi bentukan Nadiem tersebut telah membantu mereka dalam memperbarui pengetahuan baik dari sisi pembelajaran maupun pelatihan-pelatihan.

“Saya sangat senang. Berdasarkan pengalaman saya, saya jadi lebih terbantu dengan program Guru Belajar dan Guru Berbagi. Program ini berisi lebih banyak modul dan kisi-kisi,” tutur Septin Puji Kurniawati seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Kemendikbud pada Jumat (5/3/2021).

Guru SDN Cebongan 02 Jawa Tengah ini berharap program Guru Belajar dan Guru Berbagi dapat tersedia juga Seri Guru Pembelajar untuk Inklusi. 

“Saya banyak mencari pelatihan dan short course untuk pendidikan inklusi. Saya senang dengan semua program ini karena lebih cepat update informasinya,” tuturnya.

Dijelaskan Septin lebih lanjut, pekerjaan sebagai guru telah mengajarkannya nilai kehidupan, khususnya ketika ia mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK). 

“Kebetulan sekolah saya inklusi, ada anak-anak yang sulit belajar, itu membuat saya semakin berusaha, makin belajar tentang pendidikan luar biasa. Ternyata, saya harus belajar psikologi tumbuh kembang anak, sistem informasi, saya juga jadi belajar jadi YouTuber, ini membuat saya ingin lebih baik dan makin baik lagi,” tandas Septin.

Selain Septin, guru SLB Anak Brilian, Sutarya Aryaningsih turut mengisahkan tentang profesi yang dilakoninya sehari-hari. 

Ia juga mengaku dengan program ini, semangat belajar dan mengajarnya semakin bertambah. 

“Saya menemukan aktvitas baru, tingkah laku menggemaskan, dan topik belajar yang berbeda-beda. Ketika saya mengajar, mau tidak mau saya menguasainya. Tidak mungkin saya mengajarkan sesuatu yang tidak saya pahami,” kata Sutarya.

Menyambut ucapan Septin dan Sutarya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril, mengatakan akan menambah modul-modul agar para guru semakin keren dalam melayani para murid. 

Iwan berharap, seluruh guru di Indonesia memiliki semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri. 

“Belajar bukanlah masalah kesempatan, melainkan lebih kepada masalah kemauan. Di mana ada kemauan, insyaallah disitu akan ada jalan,” ucapnya.

Iwan juga mengatakan bahwa pada Program Guru Belajar dan Guru Berbagi terdapat kolaborasi antara pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak Pendidikan. 

“Program Guru Belajar dan Guru Berbagi hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi agar anak-anak di Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari guru-gurunya yang gemar belajar,” imbuhnya.

Iwan juga mengajak agar para guru berbagi tugas dan berkontribusikan dalam ekosistem pendidikan. 

Sebab, program Guru Belajar dan Berbagi menitikberatkan tujuannya pada kemampuan seorang pendidik untuk sukses bersama guru lainnya.

 “Ini menurut saya poin yang luar biasa penting, yaitu berbagi. Ketika kita dapat materi atau keterampilan, itu tidak hanya untuk kita sendiri, tapi kita bertanggung jawab untuk berbagi dengan yang lain,” pungkas Iwan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…