Luar Biasa! Ribuan Pedagang Pasar 'Puji-puji' Jokowi: Ini yang Kita Tunggu-tunggu Sejak 10 Tahun Lalu

Oleh : Ridwan | Kamis, 04 Maret 2021 - 18:35 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan kampanye cinta produk dalam negeri, dan benci produk asing. Ia mengajak masyarakat agar lebih memilih menggunakan barang-barang produksi dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan secara virtual, Kamis (4/3/2021).

"Produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri, bukan hanya cinta tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri. Sehingga betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk Indonesia," tegas Jokowi.

Ajakan Presiden Jokowi tersebut disambut baik ratusan, bahkan ribuan pedagang yang tergabung dalam Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI). 

"Kami merespon baik pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa kita harus membangkitkan produk dalam negeri," terang Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib dalam keterangannya (4/3/2021).

Menurutnya, pernyataan itu sangat positif dan pihaknya berharap di masa pandemi ini ajakan Presiden Jokowi mendapat respon dari masyarakat untuk kembali berdiri di kaki sendiri. Dan bisa meningkatkan produk-produk dalam negeri.

"Ini yang kami tunggu, setelah 10 tahun kami menggelorakan gerakan terkait ayo kembali belanja ke pasar tradisional untuk ayo belanja ke warung rumahan cintai produk dalam negeri, dan produk-produk umkm sendiri," ujarnya.

"Kita semua tahu bahwa pandemi ini menggerus seluruh sektor ekonomi, jika kita tidak membangkitkan kembali sektor ekonomi. Maka kita tidak mungkin bertahan untuk menghadapi pandemi. krisis ekonomi akan terus terjadi selama kita sendiri tidak memutarkan produk produk kita sendiri untuk di konsumsi di dalam negeri," tambah Najib.

Dijelaskan Najib, semua pihak mengetahui konsumsi dalam negeri cukup besar, di mana Indonesia ini cukup besar penduduknya. Maka itu harus merubah strategi untuk kembali mencintai produk sendiri.

"Kita ketahui bersama bahwa bawang putih 95% konsumsi kita masih impor dari China dan beberapa komuditas lain seperti kedelai jagung dan seterusnya akan terus memgalir impor impor buah di dalam negeri. Ini adalah momentum petani kita untuk kembali bangkit dan pulih. Masyarakat kita juga harus kembali sadar bahwa produk dalam negeri jauh lebih berkualitas di banding produk luar negeri ini momentum berbenah," tandas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 21 April 2021 - 18:14 WIB

Asik...Pertamina Guyur Promo di Harkonas, Konsumen Bisa Beli BBM Dengan Harga Rp300 Per Liter

Sepanjang bulan April, masyarakat bisa menikmati pembelian Pertamax Series dan Dex Series dengan harga hemat Rp 300 per liter tanpa batas maksimal transkasi menggunakan aplikasi MyPertamina…

VIDIA Penyelenggara Sertifikat Elektronik

Rabu, 21 April 2021 - 18:00 WIB

Penyelenggara Sertifikat Elektronik Sediakan Dokumen Digital Terpercaya melalui Tanda Tangan Elektronik

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) menjadi perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik pertama di Indonesia yang terdaftar sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik yang aman dan…

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar

Rabu, 21 April 2021 - 17:15 WIB

Arcandra Tahar Sebut PGN Punya Peran Penting Ambil Peluang Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia yang Semakin Membesar

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengungkapkan, PGN memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri. Dijelaskan…

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…