Dies Natalis 33 Tahun Universitas BSI, Kembangkan Inovasi Pendidikan Jarak Jauh

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 03 Maret 2021 - 16:30 WIB

33 Tahun Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)
33 Tahun Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sudah 33 tahun Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) hadir mewarnai pendidikan di Indonesia. Sepanjang itu pula, UBSI telah melahirkan lulusan  terbaik yang mampu berkompetisi  dan berdaya saing tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan upaya UBSI dalam meningkatkan  kualitas pembelajaran, salah satunya dengan  sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Menurut Co-Founder BSI Naba Aji Notoseputro, jauh sebelum pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, UBSI telah mengembangkan inovasi mengikuti perkembangan teknologi dalam melaksanakan PJJ atau sistem daring.

"Sudah 5 tahun yang lalu, UBSI menerapkan beberapa mata kuliah berbasis daring. Oleh karenanya, ketika pandemi Covid-19 terjadi, kami tidak kaget lagi dalam menerapkan sistem daring sepenuhnya," jelasnya.

Ditambah  dengan adanya pandemi Covid-19 menuntut  semua proses pendidikan termasuk juga perguruan tinggi untuk bisa melakukan penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satunya mengubah metode pembelajaran tatap muka (luring) menjadi daring saat pandemi.

Awalnya hanya beberapa matakuliah di UBSI yang dijadikan e-learning, tapi semenjak adanya himbauan dari Kemendikbud, maka UBSI mengubah semua proses perkuliahan di UBSI menjadi e-learning atau daring diseluruh mata kuliah.

"Hal ini dilakukan agar proses perkuliahan baik untuk mahasiswa dan dosen dapat berjalan dengan baik walau tidak melakukan tatap muka secara langsung. Bahkan, apabila masa pandemi Covid 19 telah berakhir, maka sebagian sistem pembelajaran daring ini tetap dilaksanakan," papar Naba melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (3/3/2021).

UBSI pun membentuk Tim PJJ yang bertugas menyiapkan bahan-bahan ajar yang berkaitan dengan pelajaran, kesiapan dosen dalam mengajar,  dan kesiapan dalam sisi infrakstuktur sarananya.

Pada sistem E-Learning UBSI saat ini sudah tersedia modul pembelajaran, forum diskusi, chat, video tutorial atapun intraksional serta latihan soal/quis untuk semua matakuliah yang bisa dimanfaatkan baik oleh mahasiswa maupun dosen.

Di masa pandemi seperti saat ini, BSI tak hanya fokus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi BSI juga turut berpartisipasi melakukan edukasi dan sosialisasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui  gerakan PMS (Pakai Masker Sekarang).

Sosialisasi dilakukan, baik secara langsung dengan membagi-bagikan masker dan handsanitizer  kepada masyarakat disekitar kampus, juga melalui kampanye dengan memberikan materi melalui daring mengenai Gaya Hidup Bersih  sebagai pencegahan virus Covid-19.

Melalui Program BSI Peduli yang berkantor pusat di Jl. Proklamasi, Depok II Tengah,  BSI  memberikan bantuan berupa  Alat Perlindungan Diri (APD) dan makanan yang telah disalurkan ke beberapa rumah sakit (RS) di Jakarta.

“Rumah sakit di Jakarta yang telah menerima bantuan makanan dari program BSI Peduli di antaranya RS Fatmawati, RS Cipto Mangunkusumo dan RS. Angkatan Laut,” kata Naba.

Menurut Naba, Gerakan BSI Peduli sendiri tidak hanya fokus pada pandemi Covid-19 saja, tetapi juga peduli kepada sesama yang mengalami berbagai bencana, seperti bencana alam tanah longsor, banjir, gempa bumi, kebakaran dan sebagainya.

"Begitu ada bencana alam, BSI Peduli sigap segera menggalang dana dan bantuan untuk disalurkan. Karena BSI Peduli sudah berbentuk lembaga, maka kami sudah memiliki stok-stok yang akan dibagikan," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…