Sukses Bertahan di Tengah Gempuran Pandemi! Ini Optimisme Industri Kosmetik di Tahun Kerbau Logam

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 03 Maret 2021 - 09:37 WIB

Webinar “Menyambut Optimisme Tahun Kerbau Bersama PPAK dalam Memperkuat dan Memajukan Industri Kosmetika Nasional,” pada Jumat, 26 Februari 2021
Webinar “Menyambut Optimisme Tahun Kerbau Bersama PPAK dalam Memperkuat dan Memajukan Industri Kosmetika Nasional,” pada Jumat, 26 Februari 2021

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi yang melanda Indonesia dan dunia. Berbagai sektor usaha dan industri banyak yang mengalami kesulitan bahkan tidak dapat  bertahan ditengah gempuran pandemi covid-19.  

Industri kosmetik menjadi salah satu industri yang mampu bertahan di tengah gempuran wabah Covid 19. Bisnis offline industri ini memang ikut terdampak oleh wabah Covid 19. Tapi permintaan produk kosmetik beralih ke daring seiring dengan pergeseran pola belanja masyarakat di masa pandemi yang cenderung memilih belanja daring. 

Perhimpunan Pengusaha dan Asosiasi Kosmetika (PPAK) Indonesia menjadikan Tahun Baru Imlek 2021 sebagai momentum untuk kebangkitan, optimisme, harapan baru dan juga keberuntungan baru bagi dunia usaha dan industri, khususnya industri kosmetik untuk mendulang cuan yang berlimpah.

Dengan semangat dan optimisme tahun Kerbau Logam yang memberikan harapan, semangat dan kerja keras, PPA Kosmetik Indonesia menyelanggarakan web seminar (webinar) yang berjudul “Menyambut Optimisme Tahun Kerbau Bersama PPAK dalam Memperkuat dan Memajukan Industri Kosmetika Nasional,” hari Jumat, tanggal 26 Februari 2021. 

Acara webinar ini dibuka oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), sekaligus penasehat dan pendiri PPAK, Putri Kus Wisnu Wardani.  Dalam sambutannya, Putri menyampaikan bahwa “Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, selama masa pandemi pemerintah telah mengeluarkan Undang Undang Cipta Kerja dan program vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.  Program ini sudah berjalan dari awal tahun 2021 dan diharapkan akan selesai pada bulan Maret 2022 yang akan datang, dengan tujuan bangsa Indonesia dapat segera terlepas dari pandemi Covid-19 dan masyarakat dapat beraktivitas kembali dengan lebih percaya diri, meskipun masih harus mengikuti prokes yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk percepatan pertumbuhan ekonomi, pemerintah memerlukan peran serta para pelaku usaha untuk bekerjasama, khususnya melalui PPAK yang dapat menggerakan anggotanya untuk tumbuh dan berkembang guna membantu percepatan ekonomi khususnya di bidang kosmetika. “

Dukungan dari pemerintah juga disampaikan oleh Ketua Badan POM RI, Penny Kusumastuti  Lukito. Dalam sambutannya, Penny mengatakan bahwa “Pemerintah akan mendukung UMKM dan industri kosmetik dengan memberikan banyak kemudahan, simplisikasi dan percepatan perizinan kepada Industri kosmetika berupa pada Trust Record, perluasan pembinaan (coaching clinic), keringanan pembayaran PNBP untuk industri UMKM Kosmetika di masa pandemi Covid-19 ini. 

Untuk itu melalui PPAK, pemerintah juga berharap agar para anggotanya dapat tumbuh dan bergerak dengan cepat.  Khususnya ditahun Kerbau Logam ini, kerja keras dan optimisme menjadi semangat untuk kita semua khususnya pelaku usaha untuk bangkit guna mempercepat roda perekenomian bangsa yang harus dilakukan secara gotong royong atau bersama sama.”

Ketua Umum PPAK, Solihin Sofian menjelaskan bahwa “Berdasarkan data BPS tanggal 30 November 2020 penduduk miskin Indonesia telah mencapai 26,42 jt jiwa, naik 5 % dari tahun 2019 sebesar 25,14%, tentu hal ini akan menurunkan daya beli masyarakat. Kreativitas, inovasi produk baru, beradaptasi pada kondisi pasar menjadi point penting dalam bertahan dan mengembangkan usaha di masa pademi ini.”

Selama ini industri kosmetik memberikan kontribusi yang penting bagi industri manufaktur Indonesia. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan I tahun 2020, kinerja industri kimia, farmasi dan obat tradisional (termasuk sektor kosmetik) mengalami pertumbuhan yang gemilang sebesar 5,59%. Bahkan, di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19, kelompok manufaktur ini mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa melalui capaian nilai ekspornya yang menembus US$ 317 juta atau sekitar Rp4,44 triliun pada semester I-2020. Angka itu baik sebesar 15,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK Indonesia) yang didirikan di Jakarta tanggal 10 Juni 2010 telah memiliki lebih dari 150 anggota seluruh Indonesia dimana 80% anggota merupakan UMKM Kosmetika merupakan bagian dari Organisasi pelaku usaha yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa dan pemerataan penyerapan tenaga kerja.

Ketua Pelaksana Harian PPAK, Kusuma Ida Anjani menjelaskan bahwa “PPAK memiliki tujuan untuk memajukan bidang kosmetika dan juga brand local hasil karya anak bangsa dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia, tentunya ini akan memberikan kemudahan bagi anggota PPAK sebagai pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan (sustainable) untuk maju secara bersama sama, khususnya brand local dan membangkitkan perekonomian bangsa.  Untuk itu PPAK mengajak seluruh pelaku usaha secara bersama sama untuk bergabung pada PPAK baik sebagai pengurusan maupun sebagai anggota.

Direktur Marketing Kantar, Fanny Murhayati dalam pemaparannya yang berjudul “Economic Outlook and The Future of Cosmetic Industry in 2021” menyampaikan bahwa “Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi para pelaku Industri. Market FMCG masih menunjukkan pertumbuhan sebesar 9% di Tahun 2020. Beberapa category yang menawarkan manfaat kesehatan dan kebersihan masih dapat berkembang, tetapi beberapa category lainnya mengalami tantangan yang cukup besar. 

Menurutnya, dibalik tantangan yang terjadi di dunia kosmetik, dengan kebiasaan baru konsumen yang lebih banyak beraktifitas di rumah, masih terlihat pertumbuhan di beberapa kategori dan produk. Terlihat indikasi dari konsumen Indonesia yang menjadi lebih sering melakukan perawatan tubuh, rambut dan wajah di rumah. Hal ini terlihat dari jumlah orang yang membeli masker wajah, serum, dan krim rambut meningkat dibandingkan tahun lalu. 

Dari hasil riset Kantar, pihaknya melihat adanya beberapa trend yang dapat diperhatikan oleh para pelaku bisnis kecantikan. Seperti terus berinovasi, menyesuaikan cara dan gaya berkomunikasi dengan konsumen di dunia digital, dan mengikuti perkembangan pasar. Dan para pelaku bisnis juga harus tetap mengikuti perubahan kebiasaan dan perilaku yang terjadi di masa yang akan datang, agar dapat terus selaras dengan kebutuhan konsumen.” 

Selanjutnya pada sesi kedua diisi dengan talkshow “Membangun Bisnis Kosmetik yang Cuan dan Inovatif saat masa pandemi.”  Hadir sebagai narasumber 2 anggota PPK yaitu Owner CV Organic Lombok Indonesia, yang merupakan pemenang BBI awards 2020 lalu, Septia Erianty dan Founder MS Glow dan Owner PT Urban Indo Manufactur, Kadek Maharani Kemala Dewi. Serta turut memeriahkan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 yang juga merupakan Duta Kosmetik Aman, Putu Ayu Saraswati dan moderator Puteri Indonesia Intelegensia 2019, Anastasia Praditha.

Melalui acara webinar ini, diharapkan terjalin tali silahturahmi yang kuat antara sesama pelaku Industri Kosmetika, terutama anggota dan pengurus PPAK dengan tujuan terciptanya Industri kosmetika local brand nasional yang kuat, produk yang berkualitas, aman, bermanfaat, bersaing secara ekonomis dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sesuai dengan visi dan misi PPAK, dengan semangat kerbau logam, mari secara bersama sama kita membangun perekonomian Indonesia melalui sektor kosmetika. 

Pemerintah juga berharap agar seluruh anggota PPAK dapat tumbuh dan bergerak dengan cepat. Kerja keras untuk bangkit guna mempercepat roda perekenomian bangsa yang harus dilakukan secara gotong royong atau bersama sama.

Direktur Marketing Kantar, Fanny Murhayati dalam pemaparannya yang berjudul “Economic Outlook and The Future of Cosmetic Industry in 2021” menyampaikan bahwa “Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi para pelaku Industri. Market FMCG masih menunjukkan pertumbuhan sebesar 9% di Tahun 2020. Beberapa category yang menawarkan manfaat kesehatan dan kebersihan masih dapat berkembang, tetapi beberapa category lainnya mengalami tantangan yang cukup besar. 

Dibalik tantangan yang terjadi di dunia kosmetik, dengan kebiasaan baru konsumen yang lebih banyak beraktifitas di rumah, masih terlihat pertumbuhan di beberapa kategori dan produk. Terlihat indikasi dari konsumen Indonesia yang menjadi lebih sering melakukan perawatan tubuh, rambut dan wajah di rumah. Hal ini terlihat dari jumlah orang yang membeli masker wajah, serum, dan krim rambut meningkat dibandingkan tahun lalu. 

Dari hasil riset Kantar, kami melihat adanya beberapa trend yang dapat diperhatikan oleh para pelaku bisnis kecantikan. Seperti terus berinovasi, menyesuaikan cara dan gaya berkomunikasi dengan konsumen di dunia digital, dan mengikuti perkembangan pasar. Dan para pelaku bisnis juga harus tetap mengikuti perubahan kebiasaan dan perilaku yang terjadi di masa yang akan datang, agar dapat terus selaras dengan kebutuhan konsumen

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…