Pengusaha Pribumi 'Acungi Jempol' Keberanian & Ketegasan Jokowi Cabut Perpres 10/2021

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Maret 2021 - 09:05 WIB

Presiden Jokowi (ist)
Presiden Jokowi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Jokowi resmi mencabut Peraturan Presiden (Perpres) No.10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Dalam salinan Perpres yang ditetapkan pada 2 Februari 2021 oleh Jokowi ini juga mengatur soal penanaman modal untuk minuman beralkohol atau miras yang dibolehkan investasinya di Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Papua.

Presiden Jokowi mengaku mencabut Perpres ini setelah menerima masukan dari ulama, organisasi keagamaan, dan sejumlah pemerintah provinsi.

Keputusan Presiden Jokowi tersebut diapresiasi sejumlah kalangan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI).

"Kita apresiasi atas sikap pemerintah yang cepat merespon berbagai masukan dan aspirasi masyarakat. Dari pada berpolemik dan pro kontra yang tidak produktif lebih baik di cabut," kata Ketua DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang saat dihubungi INDUSTRY.co.id di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, langkah Presiden Jokowi mencabut Perpres Nomor 10 Tahun 2021 merupakan langkah yang tepat untuk menghindari pro kontra dikalangan masyarakat.

Dikatakan Sarman, seharusnya pemerintah lebih memberdayakan industri minuman beralkohol yang selama ini sudah berinvestasi lama di Indonesia.

"Karena keberadaan mereka juga sudah cukup memenuhi kebutuhan wisatawan dan ekspatriat yang ada di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa dimasa pandemi Covid-19, industri minuman beralkohol di Indonesia sangat tertekan karena turunnya permintaan akibat pelarangan masuknya wisatawan asing, tutup nya tempat hiburan malam, sepi nya pengunjung hotel, restoran dan cafe sehingga omzet mengalami penurunan hampir 60%.

"Tetapi saat ini tetap mencoba untuk bertahan dengan harapan badai Covid-19 ini cepat berlalu. Sementara ini berbagao kebijakan, stimulus dan relaksasi sudah sangat membantu pelaku industri minuman beralkohol," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…