Pupuk Indonesia Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pencegahan Korupsi Dengan KPK

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 02 Maret 2021 - 17:45 WIB

PT Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mencegah korupsi, PT Pupuk Indonesia (Persero) turut menandatangani perjanjian kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai Implementasi Whistleblowing System (WBS) Terintegrasi bersama dengan 26 Perusahaan BUMN lainnya di Gedung KPK di Jakarta.

Penandatanganan perjanjian ini sesuai dengan arahan Kementerian BUMN mengenai penanganan pengaduan dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menandatangani perjanjian kerjasama dengan Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Mochamad Hadiyana di hadapan Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua KPK Firli Bahuri, serta Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Hasto Atmojo Suroyo.

“Penandatanganan perjanjian ini adalah bentuk komitmen kami untuk selalu menjalankan aktivitas bisnis yang  didukung oleh tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Bakir melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (2/3/2021).

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN berupaya untuk menindak kasus-kasus korupsi yang ada di dalam lingkungan BUMN, yang menurutnya adalah isu yang penting semenjak awal masa jabatannya. Erick juga menginginkan BUMN dapat menjadi lebih transparan sehingga dapat memperbaiki keuangan perusahaan BUMN.

Langkah ini juga diapresiasi oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Menurutnya, pemberantasan korupsi tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja dan hanya dapat diselesaikan melalui sinergi antar lembaga.

“Berbicara sinergi, maka pagi hari ini kami terima kasih kepada pak Menteri BUMN yang telah bersedia mengajak menghadirkan 27 anak perusahaan BUMN, dan 2 di antaranya pada 20 Desember 2020 lalu telah tanda tangan kesepakatan kerja sama terkait dengan whistleblowing system,” ujar Firli dalam acara tersebut.

Kerjasama ini sendiri bertujuan untuk menciptakan efektivitas pelaporan tindak pidana korupsi melalui integrasi sistem pelaporan. Berdasarkan perjanjian tersebut, pihak KPK dan Perusahaan BUMN dapat berkoordinasi untuk melakukan penindakan pengaduan tindak pidana korupsi, salah satunya dengan adanya pertukaran data dan informasi terkait korupsi.

Perusahaan BUMN juga diharuskan memperkuat peraturan internal mengenai penanganan pengaduan korupsi. Selain itu, sistem pelaporan juga dipermudah dengan adanya aplikasi khusus. Dengan implementasi sistem ini, diharapkan proses pelaporan dan penindakan tindak pidana korupsi di lingkungan BUMN dapat menjadi lebih optimal.

Sebelumnya, Pupuk Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam mencegah korupsi dengan perolehan Sertifikat Manajemen Anti Penyuapan berbasis ISO 37001. Pada 19 Januari 2021, Pupuk Indonesia telah melakukan internalisasi LHKPN, dan pada 17 Desember 2020 lalu Pupuk Indonesia juga telah menandatangani komitmen pengendalian gratifikasi bersama KPK.

KPK juga telah mengapresiasi langkah-langkah pencegahan korupsi Pupuk Indonesia, dengan menetapkan Pupuk Indonesia sebagai instansi dengan pengelolaan LHKPN terbaik tahun 2020 serta memasukkan Pupuk Indonesia dalam 5 besar perusahaan dengan Unit Pengendalian Gratifikasi terbaik kategori BUMN/BUMD tahun 2020 dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 pada 16 Desember 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.