Luar Biasa Menginspirasi! Gara-gara Bisnis Ini, Suparno Seorang Supir Bajaj Kini Miliki Penghasilan Sangat Menggiurkan, Bikin Iri Pegawai Swasta dan PNS

Oleh : Ridwan | Selasa, 02 Maret 2021 - 10:02 WIB

Suparno, supir bajaj yang sukses miliki penghasilan menggiurkan
Suparno, supir bajaj yang sukses miliki penghasilan menggiurkan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan di dunia telah merontokkan ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang tumbang dan terpaksa melakukan pemutusan hubugan kerja (PHK) terhadap ratusan ahkan ribuan tenaga kerja.

Berbagai negara berupaya menemukan formula untuk memulihkan perekonomian negaranya masing-masing, Indonesia berupaya dengan formula memberlakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga PPKM Bersakala Mikro. Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan agar perekonomian Indonesia tetap stabil dan kembali bangkit. 

Disisi lain, pandemi Covid-19 justru membawa berkah bagi sebagian sektor industri di Tanah Air salah satunya industri penjualan langsung atau yang sering disebut Multilevel Marketing (MLM)/Dirrect Selling (DS). 

Selain berkontribusi dengan memberi sumbangsih ekonomi kepada negara per tahun hingga Rp 14 triliun, industri ini juga banyak menampung ratusan bahkan ribuan karyawan yang terkena PHK di masa Pandemi Covid-19 dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik untuk memperbaiki dari segi finansial. 

Hal tersebut dirasakan oleh Suparno, pria asal Jember, Jawa Timur yang sehari-hari berkerja sebagai supir bajaj. Sejak memutuskan bergabung dengan CDJW Network atau yang dikenal dengan Air Oxy pada November 2020, Suparno kini telah merasakan perbaikan dari segi finasial. 

"Satu tahun berjalan, saya merasakan ada perbaikan dari segi finasial yang sangat signifikan," kata Suparno saat ditemui INDUSRTY.co.id di kawasan Jakarta Timur, bebrapa waktu lalu. 

Meski tidak didukung oleh seluruh pihak keluarga, namun ia memiliki tekad untuk tetap terus berjuang dalam menekuni bisnis yang hingga kini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Hingga kini, Suparno telah berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang terbilang cukup menggiurkan.

"Alhamdulillah, saya bisa menyekolahkan anak di kampung dan membuat perekonomian keluarga saya jauh lebih baik," terangnya.

Menurutnya, bisnis ini menjadi pintu untuk menciptakan para jutaan bahkan miliarder baru di Indonesia. Pasalnya, banyak orang yang mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis MLM/DS. 

Senada dengan Suparno, Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Kany V. Soemantoro. Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi peluang tersendiri bagi industri penjualan langsung (MLM/DS). Pasalnya, hampir 60% perusahaan penjualan langsung di sektor produk suplemen.

"Ini menjadi suatu komoditas yang sangat dibutuhkan saat ini. Mengingat saat pandemi, produk suplemen banyak digunakan untuk konsumsi guna menambah daya tahan imun tubuh," terang Kany.

Ia pun optimis industri penjulan langsung di tahun 2021 akan tetap growing dengan prediksi pertumbuhannya mencapai 10 hingga 20 persen , tatkala perusahaan konvensional bertumbangan di tengah pandemi Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…