JPKM Tuntaskan Bedah Rumah untuk Warga Serpong

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 28 Februari 2021 - 00:00 WIB

Ketua JPKM Irwen Azhari mengatakan, program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan JPKM pada 2021. Pada 2020, JPKM melakukan kegiatan sosialisasi cara meningkatkan imunitas tubuh di Depok, Jawa Barat
Ketua JPKM Irwen Azhari mengatakan, program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan JPKM pada 2021. Pada 2020, JPKM melakukan kegiatan sosialisasi cara meningkatkan imunitas tubuh di Depok, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id, Serpong - Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) berhasil menuntaskan program bedah rumah. Hal itu ditandai secara simbolis dengan menyerahkan kunci rumah untuk Bapak Midan dan Ibu Tinah, warga Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/2/2021).

Ketua JPKM Irwen Azhari mengatakan, program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan JPKM pada 2021. Pada 2020, JPKM melakukan kegiatan sosialisasi cara meningkatkan imunitas tubuh di Depok, Jawa Barat.

"Kali ini, JPKM bergerak untuk melakukan bedah rumah milik Bapak Midan dan Ibu Tinah. Mereka yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni, tanpa sirkulasi, ventilasi, dan sanitasi baik. Kini, dalam waktu tiga pekan, JPKM telah membangun ulang sebuah rumah dengan ukuran bangunan 33 meter persegi di atas tanah seluas 53 meter persegi," kata Irwen di Serpong.

Desain rumah, kata Irwen, dibantu oleh PT Intiland Development Tbk. Desain dibuat memperhatikan aspek psikologis penghuni rumah. Rumah yang dibangun berdasarkan arahan PT Intiland Development Tbk itu memiliki dua kamar tidur, ruang keluarga, satu kamar mandi, dapur, ruang service, ruang tamu dan teras. 

Theresia Rustandi, sekretaris perusahaan PT Intiland Development Tbk, mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa bersinergi dengan JPKM dalam program bedah rumah. 

"Ini sebuah inisiatif dan aksi nyata yang bagus sekali dan semoga makin banyak yang berkolaborasi dalam program ini sehingga makin banyak pula masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya," kata Theresia. 

Program ini, kata Theresia, selaras dengan program Intiland Teduh yang telah dijalankan selama ini.

"Ini merupakan gagasan dan ide mulia yang tujuannya membantu masyarakat kurang mampu memiliki rumah yang layak dan sehat sehingga kualitas hidupnya meningkat," tutur Theresia.

Pola Hidup Sehat

Sementara itu, Zahmilia Akbar, corporate secretary PT Phapros Tbk, mengatakan, 

pola hidup sehat saat ini merupakan hal penting yang harus diterapkan selama pandemi Covid 19.

"Saat ini, masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah, baik bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ataupun menghabiskan waktu libur dengan di rumah saja. Rumah menjadi tempat paling penting, dan harus memenuhi syarat sehat, antara lain ventilasi yang baik, sirkulasi udara yang baik dan sanitasi yg memadai," kata Zahmilia seusai acara serah terima kunci rumah.

JPKM, kata Zahmilia, bahu-membahu bersama Phapros dan beberapa korporasi melalui kegiatan charity melakukan aksi sosial berupa bedah rumah dari keluarga Bapak Midan, termasuk memberikan bantuan berupa multivitamin, hand sanitizer dan kelengkapan protokol kesehatan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah (Plt) Kelurahan Serpong, Moh Soleh mendukung kegiatan bedah rumah yang dilakukan JPKM di Kelurahan Serpong. 

"Terima kasih kepada JPKM dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya bedah rumah Bapak Midan, warga Serpong. Semua ini bisa terwujud berkat dukungan pihak Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT," jelas Moh Soleh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memacu realisasi penyaluran kredit dengan menggelar akad massal. Terlampir siaran pers dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Minggu, 18 April 2021 - 21:20 WIB

Gokil...Pacu Realisasi Kredit, 1 Cabang Bank BUMN Ini Gelar Akad Massal Untuk 600 Rumah

Jakarta-Realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional terus didorong oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.