Laris Manis! Dilirik Puluhan 'Big Investor', Subang Smartpolitan Kebanjiran Investasi

Oleh : Ridwan | Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:02 WIB

Subang Smartpolitan
Subang Smartpolitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan industri terpadu, Subang Smartpolitan yang dikembangkan oleh PT Surya Semesta Internusa Tbk melalui anak uusahanya, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) menjadi daya tarik baru bagi para investor asing.

Hal ini terlihat dari banyaknya pernyataan minat atas lahan industri dari puluhan pemilik modal dari luar negeri.

"Hingga Januari 2021, kami telah menerima pernyataan minat dari setidaknya hampir 60 investor atas lahan Subang Smartpolitan," kata Sales Mannager Suryacipta Binawati Dewi dalam keterangan resminya di Jakarta (26/2/2021).

"Adapun puluhan invstor asing tersebut didominasi oleh perusahaan-perusahaan asal Jepang, China, Korea, Eropa dan termasuk Indonesia," tambahnya.

Dewi mengungkapkan bahwa tingginya pernyataan minat atas lahan industri di Subang Smartpolitan tidak lepas dari potensi dan nilai strategis kawasan industri tersebut.

Saat ini, terang Dewi, total lahan Subang Smartpolitan yang diminati oleh para investor tersebut sudah mencapai lebih dari 200 hektar. Investor tersebut banyak berasal dari sektor otomotif, manufaktur, logistik, consumer goods, pharma & medical equipment, high precision industries, IT, dan building material.

Bahkan, November 2020 sudah ada dua perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan logistik telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) terkait dengan lahan industri di Subang Smartpolitan.

Menurut Dewi, animo terhadap lahan setelah groundbreaking sangat tinggi, meski kondisi hari ini masih dilanda pandemi Covid-19.

Berdasarkan catatan perusahaan, sudah ada belasan perusahaan Indonesia dan asing telah melakukan kunjungan langsung ke Subang Smartpolitan. 

"Beberapa perusahaan lainnya pun dijadwalkan untuk melakukan kunjungan dalam waktu dekat. Sampai saat ini, proses negosiasi berjalan positif," papar Dewi.

Tidak hanya minat pada lahan industri, kata dia, banyak inquiry juga datang untuk lahan komersial. Menurut Dewi, saat ini perusahaan sedang dalam tahap finalisasi pembicaraan dengan rumah sakit yang cukup ternama di Jakarta. 

"Secara simultan, kami juga sedang berkomunikasi dengan customer yang berniat membangun hotel," terangnya.

Dijelaskan Dewi, area smart core memang diperuntukkan untuk hotel, rumah sakit, komersial, sarana pendidikan, dan hiburan. 

"Salah satu investor kami, pertimbangan memilih Subang Smartpolitan adalah karena lokasinya yang sangat strategis," tambah Dewi.

Subang Smartpolitan sendiri berada di jantung Rebana Metropolitan, hanya berjarak kurang lebih 70 km ke Bandara Kertajati dan sekitar 40 km ke Pelabuhan Patimban yang baru saja melakukan soft launching pada Desember 2020.

Tidak hanya itu, nantinya akan ada akses masuk kawasan langsung dari pintu tol di kilometer 89+2. Didukung oleh infrastruktur tol layang Jakarta – Cikampek, akses dari Jakarta menuju Subang kini hanya sekitar 1 jam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…