Jokowi Kepingin Jutaan UMKM RI Bisa Jadi Bagian Dari Rantai Pasok Global

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 27 Februari 2021 - 06:35 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa transformasi digital harus mampu menyasar sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sehingga dapat menjadi bagian rantai pasok global.

“Kita juga ingin transformasi digital bisa menyasar jutaan UMKM di negara kita, Indonesia. Transformasi digital adalah pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari rantai pasok nasional maupun global,” ujarnya saat membuka Microsoft Developer Conference 2021 bertema “Accelerating Indonesia’s Digital Economy” secara virtual, seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman Setkab pada Sabtu pagi (27/2/2021).

Jokowi juga menyampaikan bahwa transformasi digital adalah kunci untuk bertahan di masa pandemi COVID-19. 

Menurutnya, momentum pandemi ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, baik pemerintahan digital, ekonomi digital, sampai komunitas hingga infrastruktur digital.

Pasalnya, terdapat peningkatan transaksi penjualan berbasis daring di kisaran 10-15%. Hal ini memperkuat kampanye nasional untuk membeli produk-produk UMKM dalam e-commerce.

Untuk itu, dirinya menekankan agar pelatihan mengenai penggunaan teknologi digital untuk pelaku UMKM harus terus diperbanyak. 

Pemerintah, imbuhnya, sudah mengimplementasikan pelatihan daring melalui program Kartu Prakerja. 

Program serupa juga bisa dilakukan oleh kementerian/lembaga (K/L) lainnya bekerja sama dengan komunitas digital.

Selain itu, kunci lainnya terletak di kolaborasi dengan seluruh komunitas digital. Hal ini menurutnya sangat dibutuhkan dalam percepatan transformasi digital di Indonesia, baik melalui investasi pembangunan pusat data,  mempercepat program literasi digital, maupun pengembangan talenta digital secara masif.

“Saya yakin dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital Indonesia, termasuk Microsoft, kekuatan kita akan semakin berlipat ganda," imbuhnya.

"Kekuatan kita akan semakin besar untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang kita lakukan,” pungkas Presiden Jokowi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…