Saat Konglomerat RI Bertanya ke Luhut: Maaf, Kenapa Ada Anggapan Luhut Lagi Luhut Lagi!

Oleh : Candra Mata | Jumat, 26 Februari 2021 - 14:47 WIB

Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Founder dan Chairman CT Corp Chairul Tanjung dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021 menanyakan beberapa isu santer terkait investasi dan perekonomian kepada Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, termasuk munculnya anggapan semua proyek di RI terkait dengan "4 L" hingga kedekatan Jendral bintang empat ini dengan China.

"Mohon maaf ada pertanyaan sensitif. Pak Luhut pasti sudah dengar empat (4) L. Luhut lagi Luhut Lagi. Mohon dijelaskan ke masyarakat kenapa sebutan itu ada," tanya Chairul Tanjung dalam acara CNBC Ecomomic Outlook 2021 yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Jumat (26/2/2021).

Mendengar itu, Luhut tersenyum dan mengatakan keterlibatannya tersebut merupakan bentuk tanggung jawabnya terhadap tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sebenarnya tidak Luhut Lagi, Luhut Lagi. Yang ada, saya itu kalau mengerjakan sesuatu tidak mau tidak holistik (menyeluruh) dan terintegrasi. Karena kalau tidak pasti tak akan tuntas," jawab Luhut.

Adapun terkait kedekatannya dengan China, Luhutpun menjelaskan bahwa tidak hanya dengan Tiongkok namun dengan semua negara ia mengaku berhubungan baik dan dekat.

"Kita dekat sama China iya, kita dekat dengan Abu Dhabi juga super iya. Kita dapat 19 miliar US dollar dari Abu Dhabi untuk proyek Indonesia. Kita dekat dengan Amerika juga," jelas Luhut.

Khusus China, Luhut memastikan semua investasi harus sesuai kriteria pemerintah RI.

"Semua harus first class technology, ada laih teknologi lalu kita mau B-to-B tidak G-to-G sehingga debt trap kita bisa hindari. Jadi kenapa tidak?" Jelasnya.

Tak hanya itu, Luhut juga berjanji bahwa kerjasama yang terjalin dengan China tak akan merugikan Indonesia.

"Pak Presiden bilang go ahead, kita hajar saja. Tidak ada utang kita bertumpuk, nggak akan bisa dibodohi. I promise you," tandas Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…