Genjot Daya Saing Produk Lokal, Avana Indonesia Gandeng Wiranesia Inkubator Laksanakan Inkubasi Kewirausahaan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 20:06 WIB

Penandatanganan kerjasama Avana Indonesia dan Wiranesia Inkubator
Penandatanganan kerjasama Avana Indonesia dan Wiranesia Inkubator

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform social commerce pengembangan bisnis tanah air, Avana Indonesia melakukan kerjasama dengan PT. Wira Teknologi Indonesia sebagai pengembang aplikasi Wiranesia Inkubator, dalam mengembangkan kemampuan para pengusaha lokal, khususnya para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan aktivitas bisnis mereka secara maksimal.

Country Manager Avana Indonesia, Queenseca menilai eksistensi sejumlah produk lokal Indonesia semakin tergerus akibat perkembangan teknologi yang semakin cepat. Melihat fenomena tersebut, bersama Wiranesia Inkubator, Avana berencana melaksanakan sejumlah program pengembangan dan pengayaan UMKM di Indonesia.

"Belakangan ini, kami melihat eksistensi brand lokal semakin tergerus seiring dengan perkembangan internet dan teknologi. Bekerjasama dengan Wiranesia, Avana mengadakan program Pengembangan dan Pengayaan UMKM yang bertujuan untuk memberikan perspektif baru bagi brand-brand lokal," kata Queenseca usai penandatanganan kerjasama dengan Wiranesia Inkubator di Roemah Djatinegara, Jakarta Timur, Rabu, (24/2/2021).

Sementara itu, Founder Wiranesia Inkubator, Faransyah Agung Jaya melihat potensi produk lokal Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Sayangnya, kurangnya kesadaran sejumlah pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital, membuat bisnis UMKM di Indonesia tidak berkembang secara maksimal.

"Pebisnis lokal sebenarnya memiliki produk yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar. Namun karena adanya gap dengan teknologi yang berkembang sangat pesat, akhirnya tidak bisa mengembangkan bisnis mereka secara maksimal," ujar Faransyah.

Untuk itu, Avana Indonesia bersama Wiranesia menyelenggarakan Program Inkubasi Kewirausahaan Digital dengan tujuan utama untuk mengembangkan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital serta menambah daya saing produk lokal tanah air.

"Kali ini, kami bekerjasama dengan Avana untuk mengadakan program Inkubasi Kewirausahaan Digital yang diharapkan bisa mempersempit gap teknologi tersebut dan meningkatkan daya saing dari produk-produk lokal, terlebih di era teknologi ini," lanjutnya.

Lebih jauh, Avana Indonesia berharap melalui kerjasama ini, nantinya para pelaku UMKM di Indonesia dapat mengembangkan maupun memasarkan produk lokal secara lebih maksimal dengan memanfaatkan penjualan melalui platform digital.

Sehingga produk lokal yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM bisa bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri serta mengalami peningkatan omzet yang nantinya juga memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

"Melalui program ini, diharapkan brand-brand lokal dapat memanfaatkan platform penjualan digital secara maksimal, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk luar. Dengan penjualan produk lokal yang makin meningkat, pastinya juga akan berdampak positif pada pergerakan roda ekonomi nasional," imbuh Queenseca.

Sebagai informasi, Avana Indonesia merupakan platform Social Commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui Website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, LINE, hingga Telegram.

Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, Avana telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan brand dan mengotomatisasikan kemampuan bisnis secara online.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…