Pak Wapres, Biar Publik Percaya Pesantren Ini Usul Semua Nazhir Ikut Nimbrung Wakaf Uang

Oleh : Wiyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 14:19 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Utama PPPA Daarul Quran Abdul Ghofur mengapresiasi Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digulirkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Ghofur menyebut, GNWU bakal menjadi gerakan yang positif sebab mengampanyekan salah satu gerakan filantropi Islam yang sejatinya sudah berjalan di masyarakat.

Ghofur mengungkapkan, reaksi publik saat ini terhadap GNWU bisa diselesaikan dengan meraih kepercayaan publik. Salah satu kuncinya, papar dia, adalah pelibatan seluruh nazhir wakaf yang selama ini memang sudah mendapat kepercayaan publik.

"Pelibatan seluruh nazhir wakaf dengan bimbingan aktif dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) akan mampu menguatkan kepercayaan publik bagi suksesnya GNWU. Nazhir wakaf yang saat ini ada sudah terbukti mendapatkan kepercayaan publik dengan penghimpunan wakaf," papar Ghofur dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Pengurus Forum Wakaf Produktif (FWP) ini mengungkapkan, proses meraih kepercayaan publik bisa diawali dengan perbaikan komunikasi wakaf uang. Pelibatan seluruh nazhir dalam GNWU guna mendorong keterlibatan publik yang lebih luas.

"Setelah pelibatan seluruh nazhir kemudian konten komunikasi wakaf uang juga harus clear. Sebagai bagian dari ibadah, tentu pengelolaan wakaf termasuk penggunaan dana wakaf harus sesuai dengan kaidah syariah. Pesan ini harus sampai secara utuh ke publik," ujar dia.

Sehingga, papar Ghofur, publik menjadi yakin jika pemanfaatan dana wakaf uang akan kembali kepada publik. "Pesan yang jelas dan tuntas ini akan menambah kepercayaan bukan hanya publik sebagai calon muwakif tapi juga penerima program wakaf nantinya," sebut Ghofur.

Edukasi dan Sosialisasi tentang wakaf uang juga harus kembali digalakkan. Ghofur menyebut, semua instrumen terkait wakaf uang di Indonesia sejatinya sudah siap.

"Kita punya Fatwa MUI tentang kebolehan wakaf uang, lalu punya UU No 41 Tahun 2004 tentang Wakaf sebagai landasan hukum. Sosialisasi dan edukasi semua instrumen ini juga harus digalakkan kembali sebagai bagian dari sosialisasi GNWU secara luas," ujar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Saleh Partaonan Daulay , Komisi IX DPR

Minggu, 11 April 2021 - 20:45 WIB

Saleh DPR: Masjid BUMN dan Pemerintah Harus Tetap Moderat, Tak Boleh Bermazhab

Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyerukan masjid-masjid harus tetap menjaga sikap moderatnya di tengah masyarakat. Masjid tidak boleh berafiliasi pada mazhab dan aliran tertentu, apalagi…

Ilmuwan BATAN (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 20:33 WIB

Agar Maju, Pemerintah Diminta DPR Kembangkan Tenaga Nuklir, Sugeng: Skala Kecil Saja Dulu, Kami Dukung...

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyampaikan, tenaga nuklir saat ini sudah dikembangkan dan menjadi tren di negara-negara maju sebagai energi alternatif.  Menurutnya, Indonesia sebenarnya…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…