Holding Ultra Mikro Terobosan Distribusi Kredit ke Usaha Kecil

Oleh : Wiyanto | Rabu, 24 Februari 2021 - 15:47 WIB

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)
Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Jakarta-Gap pembiayaan kepada masyarakat kecil masih menganga lebar. Sebanyak 65% dari 54 juta pelaku usaha atau pekerja segmen Ultra Mikro (UMi) masih belum terlayani oleh Lembaga Keuangan formal. Diperlukan keseriusan lembaga yang menangani kredit UMi, guna membangun ekonomi bawah.

H. Nasril Bahar, Anggota Komisi VI DPR mengungkapkan dengan adanya kredit UMi distribusi kredit sampai ke level masyarakat kecil yang selama ini dimangsa renternir.

"Selama ini kredit belum terdistribusikan untuk kalangan kecil dan ultra mikro," kata dia di Jakarta, Rabu (24/21/2021).

Lembaga keuangan kata dia, masih nyaman menyasar pengusaha kakap. Kredit yang dikucurkan begitu fantastis, maklum mereka bankable. Sedangkan untuk kalangan UMi belum maksimal tergarap karena terganjal Bankable.

Menurut dia agar kredit sampai ke kalangan usaha kecil, terobosannya perlu lembaga yang berani mengambil peran membantu usaha mikro. Nah, dengan adanya rencana Holding, BRI, PMN dan Pegadaian sinergi, maka distribusi kredit semakin merakyat. Karakteristik Pelaku Usaha Mikro umumnya memiliki vulnerabilitas tinggi, literasi keuangan rendah, aksesterbatas, dan tidak memiliki aset kolateral.

"Kalau mau tahu enterpreneurship kita 3,5 persen jauh dari Asean, sedangkan pertumbuhannya 1,9 persen sampai 2,1 persen. Ini yang harus disahuti perbankan dan tepat adanya Holding Ultra Mikro," katanya.

Dengan terbentuknya Holding Ultra Mikro, beber dia, masyarakat kecil yang punya usaha dan tinggal di kepulaan akan mudah mengakses kredit lembaga keuangan.

"Mereka belum dapat fasilitas kredit, jika disupport akan recovery," katanya.

Oleh sebab itu, percepatan Holding Ultra Mikro lanjut dia jangan sampai terlambat karena integrasi tersebut akan menciptakan kesejahteraan usaha mikro.

"Model begini harus ditiru oleh perbankan swasta. Di luar negeri sudah berjalan, maka saya apresiasi rencana Holding Ultra Mikro," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang

Senin, 12 April 2021 - 13:30 WIB

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang Berkolaborasi dengan Ayang Cempaka

Thermos, produsen global dan pelopor produk wadah insulasi vakum inovatif dan berteknologi tinggi, kembali memperkenalkan botol minuman terbarunya dengan tema tokoh Legenda Wayang Indonesia…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Manfaat Pameran Hannover Messe 2021

Senin, 12 April 2021 - 12:21 WIB

Goks! Menperin Agus Bocorkan Sederet Manfaat Indonesia Jadi Official Partner Country di Hannover Messe 2021

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menungkapkan sederet manfaat bagi industri dan perekonomian nasional dari partispasi Indonesia dalam official partner country Hannover…

Centara Resort

Senin, 12 April 2021 - 12:00 WIB

Berlibur ke Vietnam, Bisa Kunjungi Centara Mirage Resort Mui Ne

Centara Hotels & Resorts, operator hotel terkemuka di Thailand, memperluas merek resor bertema keluarga yang populer dengan Centara Mirage kedua di dunia, terletak di pantai Vietnam selatan…

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

Senin, 12 April 2021 - 11:43 WIB

Duh, GAPMMI Beberkan Penyebab Utama Pelaku Industri Mamin Belum Bisa Terapkan Praktik Industri 4.0

Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menghadapi era Industri 4.0 sejak diluncurkannya inisiatif “Making Indonesia 4.0” oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang mana industri…

Ketua Umum DDII, Dr. Adian Husaini mengatakan, program Ramadhan merupakan upaya Dewan Da'wah untuk memasifkan dakwah lewat berbagai platform digital dengan menghadirkan para ustad yang mumpuni

Senin, 12 April 2021 - 11:41 WIB

DDII Luncurkan Program Ramadhan 24 Jam Meraih Berkah Bersama

Menyambut Ramadan 1442 Hijriah, Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) meluncurkan program '24 Jam Meraih Berkah Bersama Dewan Da'wah". Tujuannya, agar umat Islam Indonesia semakin mudah dalam…