Menyedihkan, Bikin Miris! Bos HIPPI Jakarta Beberkan Anjloknya Omzet Sektor Perdagangan, Logistik dan Transportasi Akibat Banjir...

Oleh : Ridwan | Minggu, 21 Februari 2021 - 16:30 WIB

Ilustrasi banjir di DKI Jakarta
Ilustrasi banjir di DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banjir yang melanda Ibukota pada hari Sabtu (20/2) dan minggu (21/2) dibeberapa lokasi sangat berdampak terhadap aktivitas bisnis dan usaha di DKI Jakarta.

Ditengah pandemi Covid-19, datangnya banjir tentu semakin membuat pelaku usaha semakin terpuruk khsususnya disektor perdagangan seperti pusat perdagangan, mall, restoran, Cafe, pasar tradisional, hotel serta logistic dan transportasi.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, libur weekend atau akhir pekan menjadi paluang para pengusaha memperbaiki omzet yang terpuruk selama pandemi, namun kesempatan tersebut sirna dengan adanya musibah banjir.

"Banjir hari Sabtu yang merupakan libur akhir pekan biasanya menjadi ajang warga Jakarta dan sekitarnya keluar rumah untuk berbelanja baik kepasar tradisional, mall ataupun menikmati kuliner bersama keluarga, dengan kejadian banjir ini masyarakat sebagai konsumen enggan keluar rumah karena takut terjebak macet," kata Sarman melalui keterangan resminya yang diterima redaksi Industry.co.id di Jakarta, Minggu (21/2/2021).

"Saya sempat berkunjung ke salah satu mall pada sabtu malam di daerah Jakarta Selatan,info dari petugasnya pengunjung mall sangat sepi hannya sekitar 30-40%," tambahnya.

Menurutnya, ditengah pandemi masyarakat Jakarta masih berhati hati keluar rumah, terlebih adanya banjir tentu semakin takut keluar rumah.

"Kondisi ini memang menjadi tantangan dan beban berat bagi pelaku usaha yang sudah hampir setahun tertekan dan terpuruk akibat pandemic covid 19," terang Sarman.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta ini mengatakan kalau bicara kerugian memang agak sulit memprediksi karena kondisi yang tidak normal, karena selama pandemi ini sudah banyak restoran, toko dan pedagang yang tutup.

"Namun bagi pelaku usaha banjir ditengah pandemi Covid-19, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, sudah berat semakin berat menghadapi tantangan ini. Banjir ini membawa kerugian material, kerugian omzet dan kerugian waktu bagi pelaku usaha dan masyarakat," tegas Sarman.

Ia berharap pemerintah DKI Jakarta dapat mengantisipasi banjir sejak dini dengan perbaikan drainase, revitalisasi sungai dan setu sepanjang tahun serta koordinasi yang terpadu dengan pemerintah daerah penyangga ibukota yang mengirimkan air dari hulu.

"Pelaku usaha sangat berharap agar masalah banjir ini dapat semakin dikendalikan sehingga tidak mengganggu berbagai aktivitas perekonomian dan masyarakat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.