Menyedihkan, Bikin Miris! Bos HIPPI Jakarta Beberkan Anjloknya Omzet Sektor Perdagangan, Logistik dan Transportasi Akibat Banjir...

Oleh : Ridwan | Minggu, 21 Februari 2021 - 16:30 WIB

Ilustrasi banjir di DKI Jakarta
Ilustrasi banjir di DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banjir yang melanda Ibukota pada hari Sabtu (20/2) dan minggu (21/2) dibeberapa lokasi sangat berdampak terhadap aktivitas bisnis dan usaha di DKI Jakarta.

Ditengah pandemi Covid-19, datangnya banjir tentu semakin membuat pelaku usaha semakin terpuruk khsususnya disektor perdagangan seperti pusat perdagangan, mall, restoran, Cafe, pasar tradisional, hotel serta logistic dan transportasi.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, libur weekend atau akhir pekan menjadi paluang para pengusaha memperbaiki omzet yang terpuruk selama pandemi, namun kesempatan tersebut sirna dengan adanya musibah banjir.

"Banjir hari Sabtu yang merupakan libur akhir pekan biasanya menjadi ajang warga Jakarta dan sekitarnya keluar rumah untuk berbelanja baik kepasar tradisional, mall ataupun menikmati kuliner bersama keluarga, dengan kejadian banjir ini masyarakat sebagai konsumen enggan keluar rumah karena takut terjebak macet," kata Sarman melalui keterangan resminya yang diterima redaksi Industry.co.id di Jakarta, Minggu (21/2/2021).

"Saya sempat berkunjung ke salah satu mall pada sabtu malam di daerah Jakarta Selatan,info dari petugasnya pengunjung mall sangat sepi hannya sekitar 30-40%," tambahnya.

Menurutnya, ditengah pandemi masyarakat Jakarta masih berhati hati keluar rumah, terlebih adanya banjir tentu semakin takut keluar rumah.

"Kondisi ini memang menjadi tantangan dan beban berat bagi pelaku usaha yang sudah hampir setahun tertekan dan terpuruk akibat pandemic covid 19," terang Sarman.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta ini mengatakan kalau bicara kerugian memang agak sulit memprediksi karena kondisi yang tidak normal, karena selama pandemi ini sudah banyak restoran, toko dan pedagang yang tutup.

"Namun bagi pelaku usaha banjir ditengah pandemi Covid-19, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, sudah berat semakin berat menghadapi tantangan ini. Banjir ini membawa kerugian material, kerugian omzet dan kerugian waktu bagi pelaku usaha dan masyarakat," tegas Sarman.

Ia berharap pemerintah DKI Jakarta dapat mengantisipasi banjir sejak dini dengan perbaikan drainase, revitalisasi sungai dan setu sepanjang tahun serta koordinasi yang terpadu dengan pemerintah daerah penyangga ibukota yang mengirimkan air dari hulu.

"Pelaku usaha sangat berharap agar masalah banjir ini dapat semakin dikendalikan sehingga tidak mengganggu berbagai aktivitas perekonomian dan masyarakat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cap 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…

 Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation

Selasa, 13 April 2021 - 05:00 WIB

Aksi Keji, KKB Teror Satu Helikopter di Puncak Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter…