Pamer Borong Sambel Andaliman! Sri Mulyani: Ayo Beli Produk Asli Indonesia! Publik: Kerennn Bu! UMKM Mendunia....

Oleh : Candra Mata | Minggu, 21 Februari 2021 - 12:48 WIB

Menkeu Sri Mulyani Beli Sambel Andaliman secara Online
Menkeu Sri Mulyani Beli Sambel Andaliman secara Online

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah sebuah potret dirinya membeli secara online dua buah sambal Andaliman, sebuah produk UMKM asal Sumatera Utara.

"Dari Jakarta saya bisa membeli sambal andaliman asli Sumatera Utara yang enak. Ini salah satu hasil produksi pelaku UMKM yang dapat saya beli secara online!," kata Sri Mulyani seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman facebooknya pada Minggu siang (21/2/2021).

Dalam unggahan tersebut, ia mengungkapkan bahwa pemerintah sangat serius mengupayakan  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mampu bangkit dari krisis akibat pandemi COVID-19. 

Dimana menurutnya, pada tahun 2020, APBN melalui program PEN telah menyalurkan anggaran sebesar Rp173,17 T untuk mendukung UMKM dan korporasi. 

"Hal ini berlanjut di 2021 dengan alokasi untuk dukungan UMKM dan pembiayaan korporasi senilai Rp187,17 triliun," ungkap Sri Mulyani.

Selain itu, terang Sri, usaha membangkitkan UMKM juga dilakukan melalui kegiatan ekonomi kreatif, yakni memadukannya dengan pengembangan destinasi wisata seperti Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI).

"Seperti “Beli Kreatif Danau Toba” yang diusung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujarnya.

Menurut Sri Mulyani, inovasi ini akan membuka akses pasar seluas-luasnya kepada para pelaku UMKM, yaitu dengan menyediakan pasar bagi produsen (UMKM) dan akses bagi pembeli (masyarakat).  ⁣

Lebih lanjut Sri menjelaskan, sebelumnya   ketersediaan fasilitas infrastruktur jaringan internet juga didapatkan lewat APBN, dimana hal itu turut membuka pasar UMKM menjadi semakin luas dan tak terbatas.

Selain itu, sinergi dalam sistem pembayaran QRIS dari Bank Indonesia, juga turut memfasilitasi masyarakat dalam bertransaksi atau membeli produk-produk UMKM tersebut.

"Dengan berbagai fasilitas ini, saya  berharap Pemerintah daerah juga giat mendorong para pelaku usaha di daerahnya agar bergerak aktif, memanfaatkan momentum, dan kreatif dalam memasarkan produk-produknya," ujar Sri Mulyani.

"Ayo bersama kita dorong UMKM pulih dan bangkit  dengan belanja produk asli Indonesia!," tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mulyani tersebut telah menuai beragam komentar dari masyarakat yang umumnya memuji unggahan tersebut.

"Semoga sambal andaliman makin menDunia....semangat terus Bu Sri mengembangkan Usaha Mikro agar pelaku usaha mikro berkembang pesat di Indonesia.," ujar Lisbeth Boru.

"Terima kasih Ibu bantuan KUR BRInya sangat membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid," ucap Anita Putri.

"Kerennnn.. kreativ pesan2nya buu," kata Budi Hartono Sinaga.

Namun tak sedikit pula komentar harapan serta kritikan yang dilontarkan oleh para warganet.

"Sayang 1000 sayang banyak yg ngaku2 UMKM supaya dpt bantuan, sedangkan kami yg asli UMKM tdk dpt apa2.," kata Syam Supard.

"GIMANA UMKM mau Maju Buk ??? Di marketplace banyak Barang IMPOR yg harganya lebih Murah. Sehingga kami yg akan menuju ekpor aja susah. Mohon pemerintah buk di evaluasi Hal ini.. Insha allah kalau UMKM maju kita bayar pajak juga untuk negara tercinta," ungkap Koko Puji.

"Tolong awasin market place yg terlalu bebas menjual barang import murah terutama dari cina itu sangat mengancam keberadaan UMKM Bu.," papar Tartila Abdullah.

"Semoga penjual online tidak dipungut pajak oleh negara..Karna akan berdampak pada penjualan," imbuh Joedha Djaja.

"Mhn dcek kembali data penerima bantuan umkm dan blt covid...krn ada laporan tdk tepat sasaran bu. Mks," tulis Gokils Abiz.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…