Jalan Tol Serang-Panimbang Rampung, Bos Tanjung Lesung: Akan Tumbuh 1 Juta Lapangan Kerja

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:49 WIB

Dirut PT Banten West Java Pengelola Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo
Dirut PT Banten West Java Pengelola Tanjung Lesung Poernomo Siswoprasetijo

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jababeka Group melalui anak usahanya PT Banten West Java (BWJ) Tanjung Lesung menyambut baik perhatian yang diberikan oleh Pemerintah dalam hal ini yang disampaikan oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan terkait percepatan pembangunan tol Serang-Panimbang di Banten.

Menurut Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Utama pengembang Tanjung Lesung yang sudah berkiprah sejak tahun 1991 ini, dengan dioperasikannya askes jalan tol tersebut maka manfaat keberadaan KEK Tanjung Lesung akan semakin cepat dirasakan oleh masyarakat sekitar khususnya dalam hal penyerapan tenaga kerja.

"Kalau jalan tol selesai minimum 1 juta lapangan kerja akan tumbuh sebagai multi player effect dari pembangunan Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata kelas dunia," kata Poernomo Siswoprasetijo saat dihubungi redaksi Industry.co.id pada Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, lanjut Poernomo, aksesibilitas jalan tersebut akan semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Tanjung Lesung, dimana waktu tempuh dari Jakarta menuju kawasan akan semakin singkat yakni sekitar 2,5 jam perjalanan.

Selain itu, Poernomo juga menyambut baik rencana Pemerintah sebelumnya terkait pembangunan bandar udara di sekitar kawasan di Pandeglang, Banten, guna mendukung Tanjung Lesung menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Nantinya wisatawan asing hanya membutuhkan waktu 1,5 jam penerbangan dari Bandara Changi di Singapura," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Banten bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian menegaskan bahwa pemerintah akan secepatnya merampungkan pembangunan Tol Serang-Panimbang.

Menurutnya, pembangunan Tol Serang-Panimbang akan sangat berperan meningkatkan aksesibilitas Banten Selatan khususnya dalam hal mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. 

“KEK Tanjung Lesung ini tidak akan berjalan kalau kita tidak perbaiki fasilitas dan aksesibilitas menuju ke sana, kita akan prioritaskan dulu tol serang-panimbang," tegas Luhut secara virtual Jumat (19/2/2021).

Untuk itu, ia meminta pihak terkait agar fokus menyelesaikan pembangunan tol serang-panimbang secepat mungkin.

Sementara menurut Gubernur Banten Wahidin Halim, progres pembangunan tol serang-panimbang yang berada di koridor tengah telh mencapai 98,23%.

“Sejauh ini, pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang sudah mencapai 89,23 persen dan fisik 29,45 persen,” jelas Wahidin.

Wahidin optimis, kehadiran tol ini juga akan mampu menggerakkan sektor industri manufaktur, perdagangan, logistik, pemukiman, dan jasa diwilayah sekitar.

Adapun Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengungkapkan bahwa pembangunan tol serang-panimbang akan selesai pada tahun 2023. Saat ini pembangunan tol itu sendiri dibagi menjadi tiga seksi. 

"Seksi pertama diharapkan selesai pada tahun 2021 dengan panjang jalan 26,5 kilometer, sedangkan seksi 2 dan 3 ditargetkan rampung pada tahun 2023," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 KRI Teluk Hading 538

Senin, 19 April 2021 - 04:30 WIB

KRI Teluk Hading 538 Angkut 450 Prajurit Yonif 100 Raider Menuju Pelabuhan Belawan Medan

KRI Teluk Hading 538 salah satu unsur Kolinlamil melaksanakan operasi angkutan laut militer yang mengangkut pasukan Batalion Infanteri (Yonif) 100 Prajurit Setia Raider setelah selesai melaksanakan…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…