Luar Biasa! Laboraturium Karantina Pertanian Kembali Raih Pengakuan Internasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Februari 2021 - 22:40 WIB

Laboraturium karantina pertanian
Laboraturium karantina pertanian

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian untuk kedua kalinya berhasil meraih pengakuan atas pengujian deteksi virus pada benih tomat dengan nilai A atau sesuai dari International Seed Testing Association (ISTA).

ISTA, asosiasi perbenihan internasional yang berkantor di Swiss ini merupakan lembaga yang independen dan bebas dari tekanan dengan misi untuk mengembangkan, mengadopsi dan menerbitkan prosedur standar untuk pengambilan contoh, pengujian benih serta untuk mempromosikan penerapan prosedurnya.

"Pengakuan ini sangat penting sebagai dasar evaluasi benih tidak saja dalam lalu lintas perdagangan dalam negeri namun juga di  internasional," kata Sriyanto dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Sriyanto menjelaskan, virus yang diuji adalah infectious tobacco mosaic virus dan tomato mosaic virus pada benih tomat (Solanum lycopersicum) dengan menggunakan metode indexing pada tanaman tembakau (Nicotiana tabacum). Sebanyak 20 kantong benih yang masing-masing berisi 250 benih diuji untuk mendeteksi keberadaan virus tersebut. 

Berdasarkan hasil uji yang dilakukan diperoleh 11 hasil uji positif atau masuk dalam rentang keberterimaan hasil uji positif pada rentang 9-12, sehingga diberikan nilai A atau sesuai, paparnya. 

"Pengakuan akan dimasukan dalam pengakuan akreditasi dan menjadi modal yang berharga untuk pengakuan kompetensi laboratorium kami telah sejajar dengan laboratorium bertaraf internasional," jelas Sriyanto.

Sebagai informasi, BBUSKP resmi menjadi anggota ISTA sejak tangal 1 Januari 2019 dengan kode keanggotaan IDML040. Secara rutin anggota ISTA dapat berpartisipasi dalam uji profesiensi secara tahunan. 

Uji ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja laboratorium dan keberterimaan hasil uji laboratorium, agar dapat mengevaluasi unjuk kerja laboratorium dengan cara uji banding antar laboratorium.

Keanggotaan ISTA merupakan kolaborasi antara ahli benih yang berasal dari perguruan tinggi, lembaga penelitian, instansi pemerintah, swasta dan laboratorium industri dan pengujian  benih dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 226 laboratorium dari 82 negara  di seluruh dunia.  

Penguatan Sistem Perkarantinaan

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengapresiasi pencapaian pengakuan internasional yang diraih oleh pelaksana unit teknisnya.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahru Yasin Limpo yakni melakukan penguatan sistem perkarantinaan. 

Perlindungan sumber daya alam hayati tanah air ini untuk mendukung ketahanan pangan dan daya saing guna mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi yang masih berlangsung.

"Laboratorium karantina harus berkualitas, sehingga mampu memberikan jaminan mutu yang berbasis ilmiah dan berstandar internasional. Selain untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pengguna jasa sekaligus menjamin keberterimaan produk pertanian tanah air di pasar ekspor," tukas Jamil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Foto Ilustrasi dari https://uici.ac.id/bmkg-rilis-potensi-cuaca-ekstrem

Selasa, 16 April 2024 - 07:16 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.