Waduh RI Kecolongan! Ternyata Tesla Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Negara Bagian Ini....

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 Februari 2021 - 19:01 WIB

Tesla
Tesla

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendiri Tesla, Elon Musk dikabarkan berencana untuk mendirikan unit manufaktur mobil listrik di negara bagian Karnataka, India selatan.

Kepastian tersebut juga ditegaskan oleh Pemerintah setempat, seraya menguraikan sorotan anggaran India untuk rakyatnya.

"Perusahaan AS, Tesla, akan membuka unit manufaktur mobil listrik di Karnataka," kata pemerintah negara bagian itu dikutip dari Reuters (16/2/2021).

Rencana itu, keluar setelah bulan lalu, Tesla, berhasil menggabungkan Tesla Motors India dan Energy Private Limited dengan kantor terdaftarnya di kota Bengaluru di Karnataka, sebagai pusat perusahaan teknologi global.

Menurut Kepala Menteri Negara B.S. Yeddyurappa di akun resmi Twitternya, Tesla akan memulai operasi di India dengan unit R&D di Bengaluru.

Namun demikian, belum jelas apakah pernyataan pemerintah dan pejabat itu merujuk pada unit yang sama atau tidak. Hingga kini, Tesla dan menteri utama negara bagian Karnataka juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Jauh sebelumnya, Musk memang beberapa kali telah mengisyaratkan akan membuka lini baru di India melalui akun resminya. Bahkan, pada Desember lalu, ia juga mengkonfirmasi bahwa Tesla akan diluncurkan di negara itu pada tahun 2021.

India, memang sangat ingin mengurangi ketergantungan minyaknya dan mengurangi polusi. Tetapi, upayanya untuk mempromosikan kendaraan listrik terhalang oleh kurangnya investasi di bidang manufaktur dan infrastruktur seperti stasiun pengisian daya.

Dalam laporan Reuters tahun lalu, untuk meningkatkan investasi, India berencana menawarkan USD 4,6 miliar insentif kepada perusahaan yang mendirikan fasilitas manufaktur baterai canggih. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cap 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…

 Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation

Selasa, 13 April 2021 - 05:00 WIB

Aksi Keji, KKB Teror Satu Helikopter di Puncak Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter…