Siap Beroperasi, Blok Migas Sijunjung Sumbar Tinggal Tunggu 'Potential Buyer'

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 13 Februari 2021 - 17:47 WIB

Blok Migas (Foto Dok Industry.co.id)
Blok Migas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Upaya peningkatan lifting minyak dan gas bumi perlu ditingkatkan guna mendukung pasokan dan jaminan ketahanan energi nasional. 

Hal tersebut mengemuka saat Komisi VII menggelar kunjungan kerja reses ke Blok South West Bukit Barisan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis lalu (12/2).

Anggota Komisi VII Abdul Wahid bahkan menilai kegiataan ekspolasi migas pada wilayah yang dioperasikan PT Rizki Bukit Barisan (RBB) tersebut, telah memiliki kesiapan yang cukup matang baik dari sisi sarana dan prasarana kegiatan produksi.

“Saya lihat ini sebenarnya sudah ready semua ya, artinya sumurnya sudah ada dan tinggal gasnya dikeluarkan. Tentu untuk mengeluarkan gas harus ada demand. Sekarang ini demand-nya belum ada sehingga belum produksi. Jadi, kita harap SKK Migas bersama PT RBB bisa bersinergi dan kita (Komisi VII) bisa bantu mengalokasikan. Nantinya hasil produksi bisa dijual ke PLN, atau untuk kebutuhan jargas, atau dalam bentuk kargo yang bisa dijual,” kata Wahid disela-sela kunjungan lapangan ke Sumur Sinamar-2, Sijunjung, Sumbar. 

Perlu diketahui, kegiatan eksplorasi migas di wilayah tersebut telah dimulai sejak tahun 1981 oleh PT Caltex dengan wilayah kerja Blok Singkarak. Per 2015 lalu, PT RBB mengambil alih kegiatan eksplorasi blok tersebut. 

Pada 2018, PT RBB telah melakukan eksplorasi pada Sumur Sinamar-1 dengan potensi gas yang dihasilkan mencapai 35 mmscfd atau setara dengan 210 Mega Watt (MV) listrik. 

Jika sesuai target, Blok Migas Sijunjung akan mulai beroperasi pada 2023 mendatang. 

“Besarnya potensi gas yang dihasilkan, kalau 35 mmscfd yang dihasilkan, bisa dialokasikan dalam bentuk kargo sebesar 16 mmscfd untuk 2 kargo, dengan perkiraan sebesar 8 mmscfd per kargo, sehingga sisanya bisa untuk dikonsumsi bagi daerah setempat,” lanjut Politisi Fraksi PKB itu.

Meski masih dihadapkan dengan sejumlah kendala dalam tahap negosiasi dengan potential buyer, Komisi VII mengaku optimis hal tersebut dapat diatasi dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait agar potensi-potensi energi tersebut dapat terealisasi. 

Bahkan, Anggota Komisi VII DPR RI Willy Midel Yoseph mengaku optimis dalam 2-3 tahun mendatang saat situasi pandemi sudah selesai, permintaan migas secara global sudah cukup baik sehingga produksi yang dilakukan tentu akan dapat momentum yang cukup tepat.

“Kita tahu bahwa sekarang ini potential buyer tentu banyak, tetapi karena kondisi demand-nya lagi sulit untuk menjualnya, menurut hemat kami produksi harus dilakukan pada saat yang tepat. Walau sudah direncanakan pada 2023 mendatang, saya rasa PT RBB ini tentu akan membawa prospek bagus bagi sumber gas kita di Sumbar dan menunjang sumber gas lainnya di Indonesia. Kami dari Komisi VII akan sangat mendukung pihak manajemen yang daat ini sedang mengelola, termasuk rencana pemda setempat untuk memgembangkan sumur ini,” kata Willy.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno juga mendukung segera dioperasikannya Sumur Sinamar-2 yang memiliki kapasitas lebih dari 5 mmscfd. Sebab sampai saat ini, kondisinya sudah siap untuk beroperasi tinggal menunggu hasil negosiasi yang dilakukan PT RBB dengan sejumlah pihak. 

Untuk itu, Komisi VII mendorong agar negosiasi dengan calon-calon potential buyer, dari pihak sektor pengembangan energi seperti PLN dan Pertamina, bisa lebih dipercepat sehingga sumber daya migas yang sudah tersedia bisa segera dimanfaatkan. 

“Ujung-ujungnya selain menambah kekuatan dari kedaulatan dan kemandirian energi kita, ini akan menjadi PAD yang sangat mendukung membantu Kabupaten Sijunjung. Jadi dari berbagai aspek dampaknya sangat positif. Sehingga memang layak didukung dan kita melihat ini bahwa sudah siap dimanfaatkan, siap eksploitasi, sehingga yang perlu dilaksanakan adalah pembicaraan B to B (Business to Business-red) yang memang harus segera diakselerasi,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samsung Galaxy A32

Selasa, 13 April 2021 - 15:20 WIB

Andalkan Desain Kamera Kekinian, Ini Kelebihan Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32 hadir dengan desain kamera contour cut yang clean dan casing glossy yang mencuri hati dan pandangan saat pertama kali melihatnya.

Anggota Komisi II DPR RI Hugua

Selasa, 13 April 2021 - 15:20 WIB

Terkendala Usia jadi PNS, Pemerintah Perlu Segera Cari Solusi Bagi Honorer K2

Sementara Pasal 99 ayat 2 UU ASN menyebutkan, Untuk diangkat menjadi calon PNS, PPPK harus mengikuti semua proses seleksi yang dilaksanakan bagi calon PNS dan sesuai dengan ketentuan peraturan…

Gempa Bumi di Jawa Timur

Selasa, 13 April 2021 - 15:02 WIB

Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Jawa Timur, Ini yang Dilakukan Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut membantu penanganan darurat bencana gempa bumi yang mengguncang sejumlah kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Mendag Lutfi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Selasa, 13 April 2021 - 14:57 WIB

Kabar dari Mendag Lutfi Ini Bikin Masyarakat Tenang! Pasokan Bahan Pokok Cukup dan Harga Stabil

Mendag Lutfi mengatakan, beberapa komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu adanya penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan stok, iklim ekstrem, kenaikan harga internasional,…

CDM Raya Cadbury

Selasa, 13 April 2021 - 14:51 WIB

Bagikan 10.000 Paket Makanan dan Cokelat, Cadbury Ajak Masyarakat Berbagi dari Hati

Melalui pembelian Cadbury kemasan spesial “Hari Raya” di Alfamart, konsumen dapat ikut berpartisipasi untuk memberikan donasi 10.000 paket makanan dan cokelat ke 4 Rumah Sakit rujukan Covid-19…