Kabar dari Pemerintah Ini Bikin Pengusaha Hary Tanoe dan Donald Trump 'Tidur Nyenyak': Lido dan JIIPE Resmi Jadi KEK

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 13 Februari 2021 - 13:45 WIB

Donald Trump dan Hary Tanoe (dok Sindonews)
Donald Trump dan Hary Tanoe (dok Sindonews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyampaikan bahwa pemerintah telah menyetujui pembentukan KEK Lido di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Airlangga, usulan KEK tersebut juga telah disetujui Presiden Jokowi.

Dengan status baru sebagai KEK tersebut, maka kawasan Lido akan mendapat berbagai insentif dan fasilitas dari pemerintah.

Oleh karena itu, pemerintah berharap, KEK Lido dapat mendatangkan investasi dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan.  

“KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia. Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium," ucap Airlangga dalam keterangan resminya yang dikutip redaksi Industry.co.id pada Sabtu (13/2/2021).

Asal tau saja, Kawasan Lido sendiri merupakan proyek yang dikembangkan oleh perusahaan milik grup usaha Hary Tanoesoedibjo bersama  perusahaan milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Kawasan pariwisata yang digadang-gadang seluas 3000 hektare ini akan disi berbagai fasilitas, mulai dari theme park, lapangan golf hingga hotel berbintang.

KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun. 

Selain itu, inflow devisa dari wisman serta penghematan outflow devisa dari wisnus dapat mencapai US$4,1 miliar selama 20 tahun.

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan Hary Tanoe menyatakan diatas area seluas 3.000 hektar (ha) itu akan berdiri sebuah kawasan wisata terintegrasi berkelas dunia.

"Kami akan menghadirkan kawasan wisata baru yang menjanjikan fasilitas dan layanan terbaik untuk keluarga Indonesia," ungkap Hary Tanoe.

Selain resor dan lapangan golf, di dalam kawasan seluas 3.000 ha itu akan juga dibangun Theme Park, alias taman bermain pertama di Indonesia berstandar internasional

Adapun terkait nilai investasi proyeknya bersama Trump, Hary Tanoe memperkirakan mencapai Rp 6 triliun.

Sementara itu, selain Lido, pemerintah juga menetapkan JIIPE di Jawa Timur masuk menjadi KEK.

Kawasan JIIPE sendiri direncanakan akan menjadi kawasan pengembangan bisnis industri metal, elektronik, kimia, energi, dan logistik terintegrasi di Jawa Timur.

Hasil produksi pelaku usaha di dalamnya diproyeksikan akan mampu memberikan kontribusi ekspor sebesar US$10,1 miliar per tahun ketika beroperasi penuh, serta substitusi impor pada produk industri metal dan kimia. 

Menurut Airlangga, pengusul KEK JIIPE telah menyatakan kesiapannya melalui ketersediaan infrastruktur wilayah dan kawasan, serta telah adanya komitmen dari anchor investor untuk mengembangkan smelter tembaga di dalam lokasi KEK.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah memastikan kesiapan aksesibilitas Gresik khususnya pengoperasian tol Krian Legundi Bunder Manyar guna meningkatkan kelayakan industri yang ada di KEK yang diusulkan.

"Dengan disetujuinya usulan KEK Lido dan JIIPE, diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi Indonesia terhadap trade off yang diberikan berupa fasilitas dan kemudahan. Lebih lanjut, anggota Dewan Nasional KEK memberikan catatan tersendiri, bahwa dalam pengembangannya nanti, kedua KEK itu diharapkan mendukung ekosistem usaha di sekitar kawasan dan tidak sebaliknya," tandas Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.