Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi, Awali 2021 Catur Sentosa Adiprana Resmikan Mitra10 & Atria Kalimalang

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 10 Februari 2021 - 16:25 WIB

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)
Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) selaku induk usaha, pada 11 Februari 2021 akan meresmikan Mitra10 & Atria Kalimalang, Bekasi. Kedua toko ini ini merupakan relokasi dari Mitra10 Kalimalang lama dan kini menempati area yang lebih luas untuk menciptakan suasana berbelanja yang lebih nyaman dan aman.

CSAP merupakan perusahaan Distribusi terbesar & terkemuka untuk Bahan Bangunan, kimia dan Consumer Goods/FMCG, dan pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria. Saat ini CSAP telah memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG), 38 gerai “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement dan 12 gerai “Atria” ritel modern Home Furnishing.

Setelah relokasi, Mitra10 Kalimalang baru kini menempati area seluas 10.000 m2 dengan area penjualan (Selling Area) seluas 5.500 m2. Lokasi baru Mitra10 Kalimalang ini lebih luas 70% dibandingkan lokasi lama dan menyediakan lahan parkir yang lebih luas, sehingga mampu menampung 150 mobil.

Superstore ini nantinya akan menjual 25.000 SKU (item barang) yang terbagi dalam 13 kategori, mulai dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, instalasi pipa (plumbing), material bangunan, listrik dan lampu, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware), hingga home appliances. 80% dari SKU yang ditawarkan merupakan produk nasional buatan Indonesia dan memperkerjakan 140 karyawan dari kawasan sekitar.

Begitu pula dengan Home Furnishing Atria Kalimalang baru yang berlokasi di dalam Mitra10 ini menempati area penjualan seluas 1,900 m2 (Selling Area) dimana lebih luas 785 m2 dari area penjualan di lokasi yang lama. Bagi pengunjung yang ingin membeli furniture dan kelengkapan interior untuk mempercantik hunian baik rumah tapak, apartemen maupun café dapat memilih produk-produk unggulan Atria di dalam lokasi toko Mitra10. 

Dengan mengusung konsep belanja satu atap, ke-13 kategori barang yang ditawarkan Mitra10 dan Atria ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan mempermudah pengalaman berbelanja para pengunjung. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati santapan ringan setelah berbelanja atau sambil menunggu, Mitra10 Kalimalang baru menyediakan area F&B seluas 1.370m2.

Selain toko offline, Mitra10 juga memiliki strategi khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, apalagi pada saat pandemi Covid-19 saat ini, yaitu layanan belanja melalui toko online www.mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business di nomor +62 878-0002-1010. Atria juga berstrategi sama untuk mempermudah pelanggan berbelanja online melalui www.atria.co.id dan Whatsapp Business di nomor +62 817-9906-696.

Proses layanan pesanan via WA ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan fleksibel, yang ditangani tim yang profesional. Proses pembayarannya pun bisa dilakukan dengan cepat dan aman. Proses pemesanan barang melalui toko online, juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia yakni: Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar dan Balikpapan.

Kinerja Penjualan

Pada akhir periode 2020, CSAP membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp. 12,6 triliun tumbuh sebesar 4,8% dibandingkan pada periode 2019. (angka yang disajikan adalah angka in-house, proses audit sedang berjalan)

Pada Kuartal ke-III 2020, CSAP berhasil membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp. 9,1 triliun tumbuh 3,95%. Sedangkan laba usaha tumbuh sebesar 33,94% pada triwulan III-2020 menjadi sebesar Rp.243,21 miliar dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp.181,59 miliar. Adapun laba bersih yang dapat di atribusikan kepada pemilik induk yang tumbuh signifikan 46% menjadi Rp.61 miliar dibandingkan tahun lalu sebesar Rp.41 miliar.

Pencapaian penjualan 2020 tersebut tidak lepas dari strategi yang ditempuh antara lain, fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas selain itu juga monitoring strategi cost management. Sebagai perusahaan publik, untuk mempertahankan laju pertumbuhan yang berkesinambungan dan memberikan nilai tambah kepada pemegang saham, Perseroan tetap akan melanjutkan strategi ekspansi yang agresif pada segmen ritel modern Mitra10.

Tahun 2021, Perseroan menargetkan 1 relokasi toko dan membuka 4 superstore baru Mitra10. Strategi ekspansi tersebut memperhatikan kondisi pandemi beserta mitigasi risiko untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP telah menganggarkan dana belanja modal kurang lebih Rp. 500 Miliar dari total belanja modal 90% untuk segmen ritel modern. Adapun lainnya di alokasikan untuk segmen distribusi.

Target pertumbuhan penjualan CSAP untuk periode 2021 tidak jauh dari prediksi pertumbuhan GDP Indonesia sekitar 3,1%-4,4% (sumber dari Bank Indonesia & BPS).

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” sebesar 40m2 di Jakarta pada tahun 1966, memasuki umur ke-54 ini CSAP sudah menjadi perusahaan independen di Distribusi dan Ritel Modern Bahan Bangunan yang terbesar di Indonesia. Selain Bahan Bangunan CSAP juga mendistribusikan Bahan Kimia dan Consumer Goods (FMCG). Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi FMCG, 38 gerai Mitra10 Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 12 gerai “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia