Walikota Singkawang Terima Penghargaan Budaya HPN 2021

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Februari 2021 - 07:43 WIB

Walikota Singkawang Kalimantan Barat Tjhai Chui Mie
Walikota Singkawang Kalimantan Barat Tjhai Chui Mie

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Walikota Singkawang Kalimantan Barat Tjhai Chui Mie menjadi salah satu penerima Anugerah Kebudayaan PWI saat puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, hari ini, di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Walikota perempuan Tionghoa pertama di Indonesia itu bersama sembilan bupati/walikota lain hadir saat penyerahan anugerah disaksikan Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Usai acara, Tjhai Chui Mie menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional sekaligus harapannya.

"Semoga pers makin maju dan berbudaya, memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia menjadi cerdas dan kita membuktikan Indonesia maju, Indonesia hebat," kata Tjhai yang tampil dalam balutan gaun Cheongsam warna merah cerah.

Menurut dia, peran pers sangat penting agar program-program pemerintah tersampaikan ke masyarakat, juga dalam proses pembangunan suatu daerah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang.

"Maka dari itu kemajuan suatu daerah dan promosinya tentu melalui pers, apalagi pers yang sudah dikenal, legal itu akan menjadi suatu kepercayaan masyarakat kita," ucapnya.

Tjhai mengatakan, selama ini komunikasi dirinya dengan pers selalu berjalan dengan baik.

Berkaitan anugerah PWI 2021 ini, menurut dia kebudayaan sejatinya tetap dijaga baik karena merupakan salah satu pemersatu bangsa. Khusus di Singkawang, kata dia, ada perayaan yang dilakukan pasca hari raya Imlek. Atraksi yang diberi nama pawai tatung ini mengikuti tradisi Tionghoa yang berbaur dengan budaya Dayak dan hanya bisa disaksikan di Singkawang. "Perayaan tatung di daerah lain mungkin tidak ada seperti itu, yangpaling ramai ya perayaan tatung dilakukan 15 hari setelah Imlek ini yang menjadi satu prestasi mungkin yang dinilai PWI," tutur Tjhai Chu Mie.

Kemudian, lanjut dia, Singkawang juga mendapatkan predikat kota paling toleran pada tahun 2018 dengan 17 payuguban tersebut.

Tentunya dengan penghargaan Anugerah Kebudayaan ini akan sangat memacu semangat dirinya memajukan kota Singkawang melalui kebudayaan, bersama jajaran di kota setempat.

"Kebudayaan yang sudah ada kita kemas dengan baik sehingga menjadi satu daya tarik yang bisa dijadikan akses atau untuk mempromosikan wisata. Jadi dengan kebudayaan-kebudayaan ini menjadi destinasi wisata bagi pemerintahan kami di kota Singkawang," pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…