Dahsyat, RI Banjir Investasi! Diam-diam Rusia Siapkan Uang Berkoper-koper, Kembangkan Hydropower 30 Giga Watt di Memberamo Papua

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 06 Februari 2021 - 15:18 WIB

Ilustrasi oembangkit Hydropower (ist)
Ilustrasi oembangkit Hydropower (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Rusia menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Indonesia. Rusia telah menawarkan berbagai kerja sama, salah satunya kerja sama pengembangan Hydropower di Memberamo Papua.

“Tadi kita bahas potensi investasi di Indonesia, sebagaimana kita ketahui Rusia sebagai salah satu negara besar, berpengalaman banyak soal energi,” kata Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, keinginan investasi dari Rusia tersebut disampaikan langsung oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G. Vorobyova dalam pertemuan dengan Komisi VII beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut dibahas potensi-potensi kerja sama dalam membangun berbagai investasi menyangkut energi antara Indonesia dan Rusia, utamanya menyangkut Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Rusia menawarkan mau mengembangkan Hydropower di Memberamo Papua, dengan diolah 4 stage bisa sampe potensinya 30 Giga Watt,” ujar Sugeng.

"Catat ya, kita memang membutuhkan Foreign Direct Investment, investasi dari luar negeri bagaimana nanti untuk kita bangkit dari Covid ini," tukasnya lagi.

Selain itu, dikatakan politisi Fraksi Partai NasDem ini, hasil pertemuan tersebut nantinya juga akan menjadi salah satu masukan dalam rangka menyusun Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan yang ditargetkan akan selesai pada Oktober 2021 mendatang. 

Perlu diketahui, dilansir dari data Kementerian ESDM, realisasi investasi sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) pada tahun 2020 sebesar US$ 1,36 miliar atau setara dengan Rp 19,04 triliun (kurs Rp 14.000). 

Investasi tersebut terdiri dari investasi panas bumi US$ 0,72 miliar, aneka EBT US$ 0,54 miliar, bio energi US$ 0,10 miliar, dan konservasi energi US$ 0,008 miliar.

Selain itu, adapun untuk tahun 2021, Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo telah menetapkan total target investasi sebesar Rp 900 triliun.

Hingga saat ini, perusahaan dari sejumlah negara dikabarkan telah menjalin kerjasama investasi dengan pemerintah.

Seperti perusahaan asal China Tsingshan, China’s Contemporary Amperex Technology (CATL), Lg Chemical asal Korea hingga Tesla dari Amerika Serikat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…