Dahsyat, RI Banjir Investasi! Diam-diam Rusia Siapkan Uang Berkoper-koper, Kembangkan Hydropower 30 Giga Watt di Memberamo Papua

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 06 Februari 2021 - 15:18 WIB

Ilustrasi oembangkit Hydropower (ist)
Ilustrasi oembangkit Hydropower (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Rusia menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Indonesia. Rusia telah menawarkan berbagai kerja sama, salah satunya kerja sama pengembangan Hydropower di Memberamo Papua.

“Tadi kita bahas potensi investasi di Indonesia, sebagaimana kita ketahui Rusia sebagai salah satu negara besar, berpengalaman banyak soal energi,” kata Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, keinginan investasi dari Rusia tersebut disampaikan langsung oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G. Vorobyova dalam pertemuan dengan Komisi VII beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut dibahas potensi-potensi kerja sama dalam membangun berbagai investasi menyangkut energi antara Indonesia dan Rusia, utamanya menyangkut Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Rusia menawarkan mau mengembangkan Hydropower di Memberamo Papua, dengan diolah 4 stage bisa sampe potensinya 30 Giga Watt,” ujar Sugeng.

"Catat ya, kita memang membutuhkan Foreign Direct Investment, investasi dari luar negeri bagaimana nanti untuk kita bangkit dari Covid ini," tukasnya lagi.

Selain itu, dikatakan politisi Fraksi Partai NasDem ini, hasil pertemuan tersebut nantinya juga akan menjadi salah satu masukan dalam rangka menyusun Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan yang ditargetkan akan selesai pada Oktober 2021 mendatang. 

Perlu diketahui, dilansir dari data Kementerian ESDM, realisasi investasi sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) pada tahun 2020 sebesar US$ 1,36 miliar atau setara dengan Rp 19,04 triliun (kurs Rp 14.000). 

Investasi tersebut terdiri dari investasi panas bumi US$ 0,72 miliar, aneka EBT US$ 0,54 miliar, bio energi US$ 0,10 miliar, dan konservasi energi US$ 0,008 miliar.

Selain itu, adapun untuk tahun 2021, Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo telah menetapkan total target investasi sebesar Rp 900 triliun.

Hingga saat ini, perusahaan dari sejumlah negara dikabarkan telah menjalin kerjasama investasi dengan pemerintah.

Seperti perusahaan asal China Tsingshan, China’s Contemporary Amperex Technology (CATL), Lg Chemical asal Korea hingga Tesla dari Amerika Serikat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…

Dahlan Iskan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid-19 adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun. Beliau guru besar ilmu fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif…

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.

Roman Forum, Roma, Italia (Foto: www.kolbehotelrome.com)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:30 WIB

Italia Hadirkan Video Game untuk Promosi Pariwisata dan Kebudayaan

Sebagai upaya untuk mempromosikan pariwsata, Kementerian Luar Negeri Italia (MFA Italia) telah memperkenalkan video game super menarik yang disebut, ITALY, Land of Wonders (ITALIA, Tanah Keajaiban).…

Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:00 WIB

Transaksi Cashless QRIS Meningkat Tinggi, Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Transaksi keuangan digital terus bertumbuh seiring peningkatan aktivitas belanja online, perluasan pembayaran digital, dan pertumbuhan penggunaan digital banking. Bank Mandiri, yang berpengalaman…